Cara Membuat Warna Coklat dari Campuran Berbagai Warna


Warna coklat dalam dunia desain menjadi salah satu warna yang cukup sering digunakan. Terlebih lagi bila menggambarkan unsur alam seperti pohon dan tanah. Sebenarnya, warna cokelat dapat Anda ciptakan sendiri dengan tingkatan warna primer tertentu sesuai keinginan. Lantas, bagaimana cara membuat warna coklat ini? Berikut ulasannya yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana Cara Membuat Warna Coklat?

Cara membuat warna coklat, sebenarnya bisa dilakukan dalam berbagai macam pencampuran cat tembok warna. Meski begitu, sebagian orang terkadang merasa kebingungan menentukan kombinasi warna apa saja yang perlu digunakan.

Baca Juga: Yuk, Intip Kombinasi Cat Rumah yang Bisa Menjadikan Suasana Lebih Hidup!

Secara simpel, Anda membutuhkan warna primer; merah, biru dan kuning, untuk membuat warna-warna sekunder dan komplementer seperti, oranye, merah, hijau, dan kuning. Lalu, Anda juga mungkin membutuhkan warna hitam dan putih yang dapat berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan dari warna coklat yang akan Anda hasilkan.

Jika Anda sudah memiliki warna-warna yang Anda butuhkan, berikut adalah panduan untuk menciptakan warna coklat yang dapat Anda jadikan panduan.

1. Campuran Warna Merah dan Hijau

Rumus campuran warna pertama yang dapat Anda pilih sebagai cara membuat warna cokelat adalah dengan kombinasi merah dan hijau. Kedua jenis warna ini dikenal sebagai warna utama, warna dasar dan warna kunci dalam penataan interior maupun eksterior rumah dan hal lainnya. Di sini, warna hijau dapat dijadikan sebagai warna sekunder.

Kemudian, campurkanlah dengan warna merah secukupnya. Lakukanlah sedikit demi sedikit dan perhatikan pula campuran kedua warna tersebut seimbang. Dengan kata lain takarlah sekitar 50 persen warna merah, dan juga 50 persen warna hijau dengan pisau palet. Apabila dirasa kurang, bisa menambahkannya lagi keduanya sedikit demi sedikit agar tercipta perpaduan warna cokelat seperti yang diinginkan.

Baca Juga: Ragam Rumus Campuran Warna Cat Tembok

2. Campuran Warna Kuning dan Ungu

Sebagian besar orang mengenal warna kuning sebagai warna cerah yang memberikan kesan ceria. Namun, di sisi lain warna kuning juga bisa menjadi warna yang netral. Hal tersebut bisa terjadi ketika Anda mencampurkan warna kuning ini dengan warna ungu. Dari situlah maka akan tercipta warna cokelat.

Warna ungu dapat diciptakan dengan mencampurkan warna biru dan warna merah. Sedangkan warna kuning di sini menjadi warna primer. Cara membuat warna cokelat dengan menggunakan warna kuning usahakan komposisinya tepat. Komposisi dari kombinasi dua campuran warna primer tersebut sangat berpengaruh untuk menghasilkan warna cokelat yang diinginkan nantinya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Cat di Tangan dengan Ampuh

3. Campuran warna merah, kuning dan biru

Anda bisa mendapatkan warna coklat dengan mencampur 3 warna primer; biru, kuning, dan merah. Untuk melakukan hal ini, Anda cukup memastikan kalau komposisi dari warna merah, biru dan kuning masing-masing adalah 1/3 dari total warna coklat yang ingin Anda hasilkan.

Contohnya, jika Anda ingin menghasilkan warna coklat sebanyak 3 liter, maka Anda hanya tinggal campurkan warna merah, biru dan kuning masing-masing sebanyak 1 liter.

Jika Anda menginginkan tampilan coklat yang lebih mendalam, Anda bisa menggunakan warna putih pada campuran warna yang telah ada. Yang harus diperhatikan adalah Anda harus menambahkan warna putih secara perlahan. Jika terlalu banyak atau berlebihan, Anda hanya akan mendapatkan warna coklat kusam.

4. Campuran Warna Oranye dan Warna Biru

Anda bisa menggunakan warna biru sebagai warna primer dan warna oranye sebagai warna sekunder untuk membuat warna coklat.

Tambahkan sedikit atau antara 30-40% dari total warna oranye untuk membuat warna coklat di palet Anda. Untuk merubah jenis warna coklat, Anda bisa menambahkan warna biru lebih banyak. Semakin banyak Anda menambahkan warna biru, maka warna coklat Anda akan semakin tampak ungu dan lebih pucat.

5. Membuat Cokelat Tua dan Cokelat Muda

Jika di atas adalah cara membuat warna cokelat dengan teknik kombinasi warna primer, maka Anda pun bisa membuat warna cokelat tua dan cokelat muda dengan cara yang tidak sulit. Cat untuk membuat warna cokelat tua, Anda bisa mencampur warna cokelat yang ada dengan warna hitam. Tambahkan warna dengan sedikit demi sedikit sampai tercipta campuran warna coklat tua yang diinginkan. 

Lalu, untuk membuat warna cat coklat muda Anda bisa mengkombinasikan dan mencampurkannya dengan warna putih. Bila campuran warna putihnya semakin banyak, maka warna cokelat yang dihasilkan pun akan lebih terang dan muda. Usahakan komposisinya dalam jumlah yang tepat dalam menciptakan warna tersebut.

Baca juga: Cara Mencampur Warna Cat Tembok

Apa Saja Keunggulan Warna Coklat untuk Desain Interior Rumah?

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuat warna coklat, ada baiknya Anda memahami apa saja keunggulan warna coklat, khususnya dalam hal interior rumah.

Sebenarnya, warna cokelat ini memiliki keunggulan tersendiri. Terutama bila digunakan dalam desain interior maupun eksterior rumah. Warna cokelat, baik itu cokelat tua maupun cokelat muda merupakan warna netral. Sehingga lebih memudahkan Anda dalam mengkombinasikannya bersama warna lain. Selain itu, sama halnya seperti warna hijau dan warna biru, warna cokelat juga memberikan nuansa alam atau natural tersendiri bagi rumah Anda.

Baca Juga: Apa Itu Cat Warna Kayu Natural?

Di sisi lain bila ditinjau dari segi psikologi, warna cokelat memiliki arti yang mendalam. Dominasi warna cokelat akan memberikan kesan yang nyaman, hangat dan memberikan keamanan bagi sekelilingnya. Warna cokelat juga dikenal sebagai warna yang kuat dalam memberikan kekuatan hidup.

Tak hanya itu saja, warna cokelat juga akan membuat desain interior maupun eksterior nampak modern dan mewah. Sebab, warna cokelat sangat padu bila dipadukan dengan warna emas dan dapat memberikan kesan elegan. Akan tetapi dalam mencampurkannya, sebaiknya jangan dengan warna biru atau ungu karena hal tersebut kurang menarik dan membawa kesan yang buruk.

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu Yang Sejuk

Itulah dia cara membuat warna coklat yang dapat Anda jadikan panduan. Umumnya, Anda akan membutuhkan warna primer; merah, biru, dan kuning, untuk membuat warna sekunder atau komplementer yang kemudian dapat menghasilkan warna coklat. Selain warna-warna tersebut, Anda juga membutuhkan warna hitam dan juga putih yang dapat berperan untuk mengatur seberapa gelap atau cerahnya warna coklat yang Anda hasilkan nanti.


Mudah bukan cara membuat warna cokelat sendiri di rumah dengan mencampurkan warna-warna primer? Semoga bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan warna cokelat pada desain rumah Anda. Bagi Anda yang sedang mencari bahan cat dengan harga distributor, Klopmart menyediakan berbagai macam cat yang berkualitas.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya