Bagaimana Cara Mengetahui Ukuran Pipa PVC?

“Bagaimana cara mengetahui ukuran pipa PVC?”. Pertanyaan ini muncul karena kita tidak memiliki pengetahuan mengenai ukuran pipa PVC. Bukan hanya ukuran, mungkin kita juga tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai pipa PVC itu sendiri. Oleh karena itu mari kita bahas sedikit mengenai pipa PVC, agar dapat memahami secara lebih baik mengenai hal ini. 

 

Pipa ini dinamakan PVC sesuai nama bahan baku yang digunakan, yakni PolyVinyl Chloride atau Polimer Termoplastik. Penggunaan pipa PVC sudah sangat dikenal dalam pembangunan saluran air dalam berbagai proyek pembangunan. Pipa PVC sendiri terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan ketebalannya. Terdapat tiga kelas yakni kelas AW, kelas D dan kelas C. Mengetahui ketiga kelas ini akan sangat membantu Anda dalam mengetahui setiap ukuran pipa PVC. Simak penjelasannya berikut ini. 

Bagaimana Cara Mengetahui Ukuran Pipa PVC?

Seperti sudah disebutkan, terdapat tiga kelas PVC berdasarkan ketebalannya. Kelas AW merupakan pipa PVC yang paling tebal di antara pipa yang lainnya. Oleh karena itu pipa PVC jenis AW paling sering digunakan dalam pembuatan saluran air dengan tekanan air yang tinggi. Ketebalan dari pipa PVC jenis AW mampu menahan hingga 10 kg per cm2

 

Baca Juga: 6 Keunggulan Pipa Rucika yang Layak Dipertimbangkan

 

Berada di bawah jenis AW, terdapat jenis pipa PVC kelas D yang memiliki ketebalan pipa yang sedang. Masih tergolong kuat dan bisa digunakan sebagai saluran air, jenis pipa kelas D mampu menahan tekanan air hingga 5 kg per cm2. Terakhir adalah kelas C yang memiliki ketebalan paling tipis. Dengan begitu penggunaan pipa PVC kelas C jarang digunakan sebagai saluran air, tetapi lebih digunakan sebagai pelindung atau pembungkus kabel instalasi listrik. 

 

Ukuran dari setiap kelas pipa PVC tentunya berbeda, namun terdapat daftar ukuran yang sudah umum digunakan oleh berbagai produsen pipa. Ukuran panjang pipa yang disediakan sama yakni sepanjang 4 meter per batang.  Dengan begitu Anda hanya perlu melihat daftar ukuran pipa dari setiap kelas yang ada, berikut ini adalah daftar ukurannya. 

 

Jenis dan Ketebalannya (dalam inci “)

Ukuran

Kelas AW

Kelas D

Kelas C

-

-

5/8"

17 mm

1/2"

-

1/2"

22 mm

3/4"

-

3/4"

26 mm

1”

-

1”

32 mm

1 1/4"

1 1/4"

1 1/4"

42 mm

1 1/2"

1 1/2"

1 1/2"

48 mm

2”

2”

2”

60 mm

2 1/2"

2 1/2"

2 1/2"

76 mm

3”

3”

3”

89 mm

4”

4”

4”

114 mm

5”

5”

5”

140 mm

6”

6”

-

165 mm

8”

8”

-

216 mm

10”

10”

-

267 mm

 

Itulah dia cara mengetahui ukuran pipa PVC dengan sangat mudah. Tabel daftar ukuran di atas akan memudahkan Anda untuk mengetahui ukuran yang ada di setiap kelas pipa PVC. Jika Anda ingin membeli pipa PVC, Anda hanya perlu memilih ukuran-ukuran pipa PVC pada daftar ukuran di atas dan mengatakannya pada petugas toko material. Namun saat ini Anda tidak perlu lagi pergi ke toko material, karena KlopMart menyediakan segala ukuran pipa PVC yang Anda butuhkan. 

 

Anda bisa langsung mengakses website KlopMart dari mana saja dan kapan saja. Anda juga tidak perlu mengangkat pipa PVC yang Anda beli, karena KlopMart akan segera mengantarkannya ke rumah Anda setelah pembayaran dilakukan. Anda tidak perlu mencari agen pipa lain karena KlopMart bisa menjadi agen pipa PVC Rucika untuk kebutuhan rumah Anda. 

 

Semua aksesori lainnya yang berhubungan dengan pipa air juga dapat Anda temukan di KlopMart! Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui ukuran pipa PVC, semoga artikel ini membantu Anda dalam menentukan ukuran yang tepat sesuai yang dibutuhkan.

 

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
02 Feb 2022

Related Article