5 Cara Kerja Bio Septic Tank

Bio septic tank adalah sistem pengolahan limbah domestik yang ramah lingkungan dan efisien. Cara kerja bio septic tank didasarkan pada prinsip penguraian organik oleh mikroorganisme. Bio septic tank adalah solusi yang tepat untuk pengolahan air limbah rumah tangga dan komersial. Melalui penggunaan bio septic tank, Anda dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat.

promo Klopmart

Artikel ini akan membahas tentang cara kerja bio septic tank, sebuah sistem pengolahan limbah domestik yang ramah lingkungan dan efisien. Melalui penggunaan proses biologi alami, bio septic tank mampu mengurai limbah organik dari rumah tangga menjadi air yang lebih bersih dan aman untuk dibuang kembali ke lingkungan. 

Apa Itu Bio Septic Tank?

Bio septic tank adalah sistem pengolahan limbah domestik yang menggunakan prinsip-prinsip biologi alami untuk mengurai limbah organik dari rumah tangga. Seperti halnya septic tank konvensional, bio septic tank juga bertujuan untuk mengolah limbah agar menjadi lebih aman untuk dibuang kembali ke lingkungan. Namun, yang membedakan bio septic tank adalah penggunaan bakteri-bakteri pengurai yang bekerja secara alami untuk menguraikan materi organik dalam limbah. 

Proses ini menghasilkan air yang lebih bersih dan aman, yang kemudian dapat dibuang kembali ke lingkungan tanpa menimbulkan dampak negatif. Bio septic tank merupakan solusi ramah lingkungan dan efisien untuk mengelola limbah domestik, yang semakin diminati oleh banyak rumah tangga dan masyarakat karena kemampuannya dalam menjaga kebersihan lingkungan serta kesehatan masyarakat.

Baca juga: 10 Desain Kamar Mandi Kloset Jongkok untuk Rumah Minimalis

5 Cara Kerja Bio Septic Tank

Berbeda dengan septic tank konvensional, bio septic tank memiliki kompartemen khusus yang diisi dengan media tertentu untuk menunjang pertumbuhan bakteri pengurai. Mari kita lihat proses kerjanya secara bertahap:

1. Air Kotoran Dari Kloset Masuk Ke Septic Tank 

Proses dimulai ketika air kotoran dari kloset atau saluran pembuangan rumah tangga masuk ke dalam septic tank. Septic tank adalah tangki yang terbuat dari bahan tahan air, biasanya terbuat dari beton atau plastik, yang bertugas sebagai tempat pertama untuk menyimpan limbah.

2. Proses Penguraian

Setelah limbah masuk ke dalam septic tank, proses penguraian dimulai. Di dalam tank ini, bakteri-bakteri pengurai yang alami akan mulai menguraikan materi organik dalam limbah. Bakteri ini memecah limbah menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana melalui proses fermentasi dan dekomposisi. Proses ini mengubah limbah organik menjadi air yang lebih bersih dan aman.

3. Cairan Dilakukan Filter Ulang

Setelah proses penguraian limbah, cairan yang dihasilkan akan melewati lapisan media penyaring. Media penyaring ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa partikel padat yang masih terdapat dalam cairan. Dengan cara ini, air yang keluar dari septic tank menjadi lebih jernih dan bebas dari zat-zat padat yang tidak diinginkan.

4. Penetralan Cairan 

Langkah selanjutnya adalah proses penetralan cairan. Cairan yang telah melalui proses penyaringan kemudian akan dilakukan penetralan untuk menghilangkan bau tak sedap serta mengurangi keasaman yang mungkin ada dalam limbah. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan air yang lebih netral dan ramah lingkungan.

5. Cairan Melewati Disinfektan

Tahap terakhir dalam cara kerja bio septic tank adalah melalui proses disinfeksi. Cairan yang sudah melalui proses sebelumnya akan dilewati oleh bahan disinfektan yang bertujuan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme patogen yang mungkin masih ada dalam limbah. Hal ini penting untuk memastikan bahwa air yang dibuang kembali ke lingkungan aman dan tidak menyebarkan penyakit. Dengan demikian, proses pengolahan limbah oleh bio septic tank selesai, dan air yang dihasilkan siap untuk dibuang kembali ke lingkungan tanpa menimbulkan dampak negatif.

Baca juga: 8 Cara Pasang Closet Duduk agar Nyaman Saat Digunakan

5 Kelebihan Bio Septic Tank

Bio septic tank menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan septic tank konvensional. Mari kita lihat beberapa kelebihan utamanya:

1. Efisiensi Pengolahan Limbah

Bio septic tank menggunakan proses biologi alami untuk mengurai limbah, sehingga mampu mengolah limbah secara efisien. Bakteri-bakteri pengurai yang bekerja dalam sistem ini dapat memecah materi organik menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan cepat, menghasilkan air yang lebih bersih dalam waktu relatif singkat.

2. Ramah Lingkungan 

Dibandingkan dengan sistem pengolahan limbah konvensional yang menggunakan bahan kimia berbahaya, bio septic tank lebih ramah lingkungan karena mengandalkan proses alami tanpa menggunakan bahan kimia yang merusak lingkungan. Penggunaan bakteri-bakteri pengurai juga membantu mengurangi pencemaran lingkungan karena limbah yang dihasilkan telah diuraikan menjadi senyawa-senyawa yang lebih aman.

3. Pemasangan Mudah

Bio septic tank memiliki desain yang relatif sederhana, sehingga proses pemasangannya relatif mudah dan cepat. Tangki septik biasanya tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga, dan dapat dipasang dengan mudah oleh para ahli septic tank.

4. Minim Perawatan

Salah satu kelebihan utama dari bio septic tank adalah minimnya perawatan yang dibutuhkan. Dibandingkan dengan sistem pengolahan limbah lainnya yang memerlukan perawatan yang intensif dan biaya yang tinggi, bio septic tank hanya memerlukan perawatan minimal seperti pemompaan secara berkala untuk menghilangkan endapan di dalam tangki.

5. Biaya Operasional yang Rendah 

Pengoperasian bio septic tank umumnya memerlukan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem pengolahan limbah konvensional. Hal ini disebabkan oleh minimnya pemakaian energi dan bahan kimia dalam proses pengolahan limbah. Selain itu, karena minimnya perawatan yang diperlukan, biaya operasional jangka panjang juga menjadi lebih terjangkau bagi pemiliknya. Dengan demikian, bio septic tank menawarkan solusi pengolahan limbah yang efisien, ramah lingkungan, dan ekonomis bagi rumah tangga dan masyarakat pada umumnya.

Dari penjelasan cara kerja bio septic tank di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem ini mengadopsi proses biologi alami untuk mengolah limbah domestik menjadi air yang lebih bersih dan aman untuk dibuang kembali ke lingkungan. Melalui cara kerja yang efektif dan keunggulan-keunggulannya, bio septic tank menjadi solusi yang populer untuk mengelola limbah domestik secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap

Jika Anda tertarik untuk membangun sistem pengolahan limbah di rumah Anda, jangan ragu untuk mengunjungi Klopmart. Sebagai Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan berbagai produk dan perlengkapan untuk memenuhi kebutuhan proyek konstruksi Anda. Dari pipa air hingga perlengkapan instalasi sanitasi, Klopmart menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Kunjungi Klopmart untuk menemukan beragam produk material dan perlengkapan bahan bangunan yang lengkap dan berkualitas!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya