Saniter

7 Cara Mengatasi Kloset Tersumbat dengan Mudah dan Efektif

Media
28 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ada berbagai cara mengatasi kloset tersumbat dengan mudah. Bahkan bisa Anda lakukan dengan beberapa peralatan yang dimiliki di rumah. Masalah kloset kamar mandi yang tersumbat memang menjadi hal yang menyulitkan. Apalagi penggunaan kloset pasti diperlukan sepanjang hari. Kalau sudah begini, yuk cari tahu cara mengatasi masalah ini dengan mudah bersama Klopmart.

Penyebab WC Tersumbat

WC tersumbat adalah hal yang sering terjadi di rumah atau di tempat umum. WC tersumbat bisa terjadi karena kelalaian masyarakat atau ada kesalahan di dalam saluran WC tersebut. Oleh karena itu Klopmart akan memberi penjesalan penyebab wc tersumbat berikut ini:

1. Membuang Sampah ke Dalam WC

 

Salah satu penyebab WC tersumbat adalah individu-individu yang membuang benda ke dalam WC. Karena banyaknya sampah yang dibuang ke dalam WC maka saluran pembuangan akan mengakibatkan penyumbatan dan WC tidak dapat mengalir dengan normal. Oleh karena itu, bunglah sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan.

2. Tidak Ada Ventilasi

Tidak adanya ventilasi udara di dalam saluran pembuangan adalah salah satu penyebab mengapa WC tersumbat. Oleh karena itu sebelum membeli kloset Anda sebaiknya periksa apa saja komponen yang ada di dalamnya.

3. WC yang Sudah Penuh

WC yang sudah penuh dapat mengakibatkan penyumbatan yang dikarenakan pembuangan air yang sudah menumpuk sehingga air tidak dapat mengalir ke bawah seperti normal.

Baca juga: Ukuran Kloset Jongkok yang Tepat dan Cara Memasangnya

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Cepat dan Mudah

Penyumbatan WC adalah hal yang harus segera di tuntaskan. Oleh karena itu, Klopmart akan memberi cara mengatasi wc mampet berikut ini:

Cara pertama adalah menggunakan campuran air panas dan sabun cuci piring. Cara penggunaan pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan air panas dalam jumlah 1-2 panci dan sabun cuci piring sebanyak 1-2 mangkok.

Masukkan sabun cuci piring ke dalam kloset. Diamkan selama beberapa saat atau sekitar 5 menit agar memberikan waktu kepada sabun cuci piring bekerja. Sabun cuci berfungsi untuk melicinkan pipa saluran WC yang membuat benda atau kotoran yang menyumbat WC dapat masuk ke dalam septic tank dengan lebih mudah.

Jika sudah, tuangkan air panas ke dalam kloset. Namun hati-hati, jangan tuangkan terlalu banyak karena takutnya air meluber keluar dari kloset. Kembali diamkan selama 20 menit, lalu siram dengan air biasa.

2. Campuran Baking Soda dan Cuka

 

Campuran baking soda, atau soda kue, dengan cuka menjadi dua bahan yang cukup ampuh mengatasi mampet di saluran serta untuk membersihkan toilet dengan mudah. Tidak hanya untuk saluran cuci piring saja, tetapi juga untuk kloset tersumbat.

Cara ini bisa dimulai dengan menaburkan satu cangkir baking soda ke dalam permukaan air kloset. Diamkan hingga baking soda mengendap. 

Jika sudah, tuangkan dua cangkir cuka ke dalam kloset dengan gerakan memutar. Cara ini digunakan agar cuka dapat menyebar secara merata. Anda akan melihat gelembung akibat reaksi dari kedua bahan tersebut. Tenang saja, itu merupakan hal wajar. Sekarang, tunggu selama satu jam, lalu siram dengan air biasa.

Baca juga: 4 Ukuran Kloset Duduk Toto Sesuai Jenis dan Modelnya

3. Menggunakan Gantungan Baju

 

Jika Anda merasa ada kotoran atau benda nyangkut di bagian saluran kloset, coba dorong dengan menggunakan gantungan baju. Namun, jangan sampai salah pilih gantungan baju. Anda lebih disarankan menggunakan gantungan baju kawat.

Potong gantungan baju kawat menjadi lurus, lalu bungkus ujungnya dengan kain dan diikat dengan lakban agar kuat. Setelah dipotong, masukkan ke lubang WC untuk mendorong benda yang menyumbat agar aliran air dapat kembali berjalan lancar.

Bilas kloset dengan air bersih beberapa saat sekali untuk memastikan apakah masih ada benda yang menyumbat atau tidak. Ulangi proses ini sampai WC tidak lagi mampet.

4. Menggunakan Botol Bekas

Selain menggunakan gantungan baju, Anda juga bisa memanfaatkan botol bekas yang pasti tersedia di rumah. Potong sekitar 10 cm di bagian mulut botol, lalu masukkan bagian terpotong ke dalam lubang kloset. Coba terus tekan lubang kloset agar penyebab sumbatan bisa terdorong masuk ke septic tank. Jangan lupa untuk melakukan pembilasan beberapa kali dengan air biasa agar dapat mengetahui apakah sudah tidak mampet lagi atau sebaliknya.

5. Campuran Garam dan Soda Api

 

Jika Anda yakin kalau penyebab WC mampet di rumah Anda adalah karena kotoran organik, maka campuran soda api dan garam bisa jadi solusi yang tepat untuk megnatasi WC yang mampet.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, pastikan Anda menggunakan garam batu sebagai jenis garam. Ciri garam batu adalah garam tersebut berbentuk butir kristal bening. Biasanya garam ini dijual dengan label rock salt. Jika tidak ada, Anda tetap dapat menggunakan garam dapur seperti umumnya.

Sebelum memulai metode ini, pastikan air di WC yang tersembat tidak terlalu tinggi. Jika masih menggenang, diamkan dulu sejenak sampai ketinggian airnya normal.

Tuangkan garam dapur dan soda api ke dalam WC yang tersumbat. Campuran keduanya akan sangat ampuh untuk mengatasi WC mampet. Tuangkan 1 liter air mendidih ke lubang WC tersumbat dan diamkan selama 8 jam. Jika sudah, dorong dengan air bersih untuk membuat penyebab WC mampet masuk ke dalam septic tank dengan sempurna. Jika masih mampet, gunakan penyedot WC hingga saluran air kembali lancar.

Baca juga: 8 Cara Pasang Closet Duduk yang Mudah dan Benar

6. Menggunakan Jasa Sedot WC

Bisa dibilang penggunaan jasa sedot WC menjadi yang paling mudah. Anda hanya perlu memanggil jasa ini ke rumah untuk melakukan penyedotan septic tank dengan maksimal. Mungkin saja memang masalahnya ada di bagian septic tank yang cenderung sudah penuh sehingga tidak mampu lagi menampung kotoran terbuang dari kloset.

7. Menggunakan Plunger

 

Plunger adalah alat penyedot WC yang mampu mengatasi WC mampet. Cara menggunakannya cukup mudah Anda harus pegang gagang plunger dengan 2 tangan dan pastikan mulut plunger berada di lubang WC. Lalu, pastikan ada air di lubang toilet dan gunakan teknik tekan dan tarik keatas kebawah. Lakukan teknik tersebut 2-3 kali jika belum berhasil.

Kesimpulan

Nah, sekarang Anda sudah tahu hal-hal apa saja yang dapat mengakibatkan penyumbatan terhadap WC. Semoga informasi mengenai cara mengatasi kloset tersumbat yang diberikan dapat berguna untuk Anda. Jika Anda mengalami masalah, segera kunjungi Klopmart. Di sana Anda dapat memilih keperluan plumbing yang sudah Klopmart sediakan. Tunggu apa lagi, hubungi Klopmart di sini.

Sumber artikel:

  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengatasi-wc-mampet

  • https://www.99.co/blog/indonesia/penyebab-dan-cara-mengatasi-air-wc-susah-turun/

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya