6 Cara Memasangnya Kloset Jongkok dengan Benar!

Ukuran kloset jongkok yang pas dan tepat akan membuatnya nyaman digunakan. Sehingga pada proses pemasangan, sangat penting untuk mendapatkan pengukuran yang pas. Terlebih lagi jenis kloset yang satu ini masih banyak digunakan di berbagai rumah, sehingga dengan mengetahui cara pemasangan yang tepat, Anda akan bisa memiliki kloset jongkok yang nyaman untuk digunakan. Yuk, mari kita mulai.
 

Ukuran Kloset Jongkok yang Tepat

Pemasangan kloset jongkok tidak akan jauh berbeda dengan pemasangan kloset duduk. Namun yang membedakan adalah urutan pemasangan keramik di sekitar kloset. Pemasangan keramik pada kloset jongkok akan dilakukan setelah pemasangan kloset jongkok tersebut. Sehingga sangat penting untuk mendapatkan ukuran kloset yang benar-benar akurat agar tidak boros ketika melakukan pemasangan keramik. Sedangkan itu, untuk pemasangan keramik pada kloset duduk akan dilakukan terlebih dahulu, barulah kloset duduk akan dipasang.

Jika memungkinkan, upayakan panjang dan lebar ruangan kloset jongkok setidaknya 70 cm x 70cm. Ukuran berikut ini dianggap paling nyaman, cocok untuk segala bentuk tubuh, dari kecil hingga besar. Usahakan juga memasang kloset duduk lebih tinggi dari lantai kamar mandi, sekitar 15-20 cm. Untuk ukuran kloset duduk, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, untuk anak kecil maka pilihlah ukuran yang sesuai dengan tubuh mereka. Untuk dewasa, gunakan ukuran standar, yaitu dengan panjang kira-kira 500 cm dan lebar 410 cm.


Cara Memasang Kloset Jongkok Dengan Benar

Untuk bisa memasang kloset jongkok dengan benar dan tepat, Anda bisa mengikuti langkah-langkah atau cara berikut ini.
 

1. Tentukan dimensi dan posisi kloset jongkok.

70 cm x 70 cm adalah ukuran yang paling nyaman. Baik bagi orang yang berbadan besar atau kecil. Jangan lupa untuk meletakkan kloset duduk lebih tinggi dari lantai, sekitar 15 cm. Pastikan pengukuran Anda tepat agar tidak terjadi kesalahan nantinya.

Baca juga: Harga Closet Sesuai Kebutuhan Anda
 

2. Persiapkan saluran pembuangan

Saluran pembuangan untuk kloset menggunakan pipa PVC berukuran 4”. Posisi lubang pembuangan akan bisa Anda sesuaikan dengan model kloset jongkok yang akan dipasang. Lubang pembuangan ini terhubung dengan saluran pembuangan kotoran ke septic tank. Jika lebar ruangan kloset 70 cm, posisikan lubang pembuangan dengan menjadikan dinding samping sebagai patokan dan letakan tepat berada di tengahnya, yaitu pada jarak 35 cm. Walaupun Anda memiliki ruangan kloset yang cukup besar, namun selalu usahakan terdapat jarak kurang lebih 35 cm dari tiap dinding samping dan belakang

Baca juga: cara pasang closet duduk
 

3. Pembuatan dinding penahan kloset jongkok.

Setelah lubang pembuangan sudah siap, langkah berikutnya adalah pembuatan dinding penahan kloset jongkok. Bahan yang bisa digunakan adalah bata atau batako. Dinding ini akan mengelilingi kloset dengan level ketinggian sesuai dengan yang sudah ditentukan pada pengukuran awal Anda.
 

4. Plester dinding Anda

Lapisi permukaan dinding bata dengan plesteran. Plesteran ini harus cukup kuat dan rapi sehingga dapat mencegah kebocoran air dan kotoran ke lantai kamar mandi.
 

5. Pasang kloset jongkok Anda

Pastikan kloset terpasang secara rata dan tidak ada bagian yang lebih tinggi. Uji kerataan level kloset dengan menggunakan waterpass. Anda bisa memasang kloset ketika kondisi plesteran masih basah.
 

6. Pasang keramik

Jika kondisi plesteran sudah kering, maka Anda sudah bisa melakukan pemasangan keramik. Namun pastikan jika seluruh instalasi air bersih dan instalasi pembuangan sudah selesai dikerjakan dan telah teruji. Jika masih terdapat kebocoran, tunda pemasangan keramik hingga kebocoran tersebut selesai diperbaiki.

Pengukuran yang tepat akan bisa membantu Anda memasang kloset jongkok dengan benar. Semoga informasi mengenai ukuran kloset jongkok ini bisa berguna dan dapatkan kloset jongkok Toto CE 7 di Klopmart sekarang juga!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya