5 Cara Pasang Closet Duduk agar Nyaman Saat Digunakan

Di Indonesia, ada dua jenis closet atau toilet yang umumnya digunakan, yaitu closet duduk dan jongkok. Kloset duduk biasanya lebih banyak ditemukan di kamar mandi dan rumah modern. Selain itu, loset duduk juga menawarkan kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan kloset jongkok. Perbedaanya akan semakin terasa jika Anda menggunaka merek kloset duduk ternama seperti American Standard.

Jika hendak menerapkan cara pasang closet duduk, pastikan kamar mandi Anda sudah terpasang keramik dan diisi nad.

Hal lain yang juga harus disiapkan adalah saluran air bersih berukuran ½ inci di belakang closet duduk. Tidak ketinggalan pipa berukuran 4 inci untuk saluran pembuangan. Pastikan bagian ujung pipa saluran pembuangan sudah sejajar dengan lantai keramik.
 

Cara Pasang Kloset Duduk di Rumah

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan posisi kloset yang sesuai dengan kondisi kamar mandi agar nyaman saat digunakan:
 

1. Persiapkan Alat-Alat yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pemasangan kloset duduk, Anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan agar proses pemasangan dapat berjalan dengan lancar. Apa saja alat-alat yang Anda butuhkan untuk memasang kloset duduk di rumah?

Alat-alat ini mencakup gergaji besi, bor listrik, obeng plus, obeng minus, meteran ukur, kunci inggris, tang kakak tua, lem silikon, kunci 10, kunci 12, kunci pipa, dan dua dynabolt berukuran 10 mm. Selain itu, sebelum mulai memasang kloset duduk, Anda juga harus mempersiapkan pipa suplai air bersih dan lubang pembuangan—seperti yang sudah dijelaskan di atas.
 

2. Buka Cover Toilet Seat dan Lakukan Pengukuran

Kemudian, buka cover toilet seat Anda untuk membaca petunjuk. Dari sini Anda bisa mengetahui jarak antara dinding belakang closet dan bagian tengah pipa. Setelah itu, ukur lubang pengunci bowl dan tandai dengan pensil atau pena lainnya. Bagi dua titik dengan pipa, lalu lubangi sisi kanan dan kiri dengan jarak tersebut. Masukkan c dan gunakan kunci 12 untuk mengencangkannya.
 

3.Balik Kloset dan Pasang Wax Ring

Langkah selanjutnya untuk cara memasang closet duduk adalah membaliknya agar Anda bisa memasang wax ring. Caranya, tekan sisi lubangnya untuk memastikan agar sisi lubang closet tersebut bisa lengket. Kemudian, pada bagian belakang closet duduk, Anda bisa memasang stop kran, flexible hose, kunci T, dan jet shower. Anda bisa mengencangkan bagian drat dengan menggunakan kunci inggris.

Apabila Anda memiliki closet duduk yang dilengkapi bidet, Anda juga harus memasang komponen T di bagian belakang. Kenapa Anda harus melakukannya? Karena jika Anda memasang closet-nya terlebih dulu, kemungkinan besar Anda akan kesulitan untuk memasang stop kran setelahnya.

Baca Juga : Tutuplah Closet Anda Saat Membilas
 

4. Pasang Kloset Di Atas Lubang Pipa

Masih ingat dengan lubang pipa yang telah terpasang dynabolt tadi? Nah, sekarang Anda bisa memasang closet duduk di atas lubang pipa tersebut. Secara perlahan, masukkan lubang kaki closet pada dynabolt. Jangan lupa pasang mur dan ring-nya. Gunakan kunci 12 untuk mengencangkannya.

Setelah itu, pasang rubber tank lebih dulu agar bekerja sebagai pencegah bocor dan dudukan tangki. Kemudian, barulah Anda bisa memasang tangki tersebut pada closet duduk. Jangan lupa menyambungkan flexible hose pada T dan tank trim. Putar drat untuk mengencangkannya.
 

5. Pasang Tutup Tangki dan Push Button

Pastikan semua bagian sudah terpasang dengan benar dan kencang, baru setelah itu Anda bisa memasang tutup tangki dan push button. Kemudian, pasanglah seat cover pada closet duduk Anda. Setelah closet telah terpasang dengan baik, jangan lupa lakukan sedikit pengetesan. Tekan tombol flush untuk memastikan ada atau tidaknya kebocoran maupun rembesan pada flexible hose dan tangki.

Itulah cara pasang closet duduk yang bisa Anda coba terapkan sendiri di rumah. Pastikan untuk membaca panduan atau petunjuk secara detail dan menyeluruh. Dengan begitu, risiko kesalahan pemasangan pun bisa diminimalisir. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Ukuran Kloset Jongkok yang Tepat dan Cara Memasangnya


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
16 Des 2019

Related Article