8 Cara Pasang Closet Duduk agar Nyaman Saat Digunakan

Di Indonesia, ada dua jenis closet atau toilet yang umumnya digunakan, yaitu closet duduk dan jongkok. Kloset duduk biasanya lebih banyak ditemukan di kamar mandi dan rumah modern. Selain itu, kloset duduk juga menawarkan kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan kloset jongkok. Perbedaanya akan semakin terasa jika Anda menggunakan merek kloset duduk ternama seperti American Standard.

Sebelum membahas tentang cara pasang closet duduk, ada baiknya Anda memahami jenis-jenis kloset duduk yang beredar di pasaran.

Jenis-Jenis Kloset Duduk

Berikut ini 3 jenis kloset duduk berdasarkan bentuk yang perlu Anda ketahui:

1. Kloset monoblok

Kloset ini menyatu dengan tangki air pada badan toilet sehingga terlihat simpel. Kloset monoblok mempunyai keunggulan antara lain mudah dipasang, lebih kuat dan tidak mudah pecah, serta mudah untuk dibersihkan.


2. Kloset duo-blok

Jenis kloset yang memiliki ciri khas tangki air yang terpisah dengan badan kloset ini memiliki beragam keunggulan. Salah satu keunggulan kloset duo-blok dibandingkan kloset monoblok antara lain dari segi pemasangan kloset duo-blok lebih mudah untuk pindahkan dan dimanuver untuk kemdian dipasang menjadi satu.

Selain itu kloset duo-blok lebih ringan dan tidak terlalu mahal dibandingkan kloset monoblok.

3. Kloset gantung

Jenis kloset yang terakhir adalah kloset gantung. Seperti namanya, jenis kloset ini menggantung pada dinding dan tangki airnya tertanam di dalam dinding. Jenis kloset gantung sangat sesuai untuk rumah atau apartemen yang bergaya minimalis.

Persiapan Sebelum Memasang Kloset Duduk

Untuk memperlancar pekerjaan Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memasang kloset duduk. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik tahapan-tahapan di bawah ini:

1. Tata letak septic tank

Persiapan yang pertama yang harus Anda selesaikan sebelum memasang kloset duduk yaitu pemasangan septic tank.

Bisa dikatakan ini adalah persiapan utama agar pekerjaan pemsangan kloset duduk berjalan dengan lancar. Hal ini disebabkan, Anda harus menentukan terlebih dahulu jarak sumber air, dan hingga bagaimana jalur pipa pembuangan yang berada di dalam tanah/lantai. Sehingga, Anda akan sulit melakukan perombakan ulang.

2. Saluran Pipa PVC

Hal lain yang juga harus disiapkan adalah saluran air bersih berukuran ½ inci di belakang closet duduk. Tidak ketinggalan pipa PVC berukuran 4 inci untuk saluran pembuangan. Pastikan bagian ujung pipa saluran pembuangan sudah sejajar dengan lantai keramik.

Nantinya, saluran pipa PVC berfungsi sebagai lubang pada kloset duduk Anda. Jadi, pastikan pastikan jarak antara lubang ke dinding sudah tepat dan sesuai karena akan mempengaruhi kenyamanan Anda.

3. Pemasangan keramik

Selain itu, jika hendak menerapkan cara pasang closet duduk, pastikan kamar mandi Anda sudah terpasang keramik dan diisi nad. Perhatikan untuk menyisihkan area di sekitar lubang untuk pemasangan kloset.

Cara Pasang Kloset Duduk di Rumah

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan posisi kloset yang sesuai dengan kondisi kamar mandi agar nyaman saat digunakan:

1. Persiapkan alat-alat yang diperlukan

Sebelum memulai proses pemasangan kloset duduk, Anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan agar proses pemasangan dapat berjalan dengan lancar. Apa saja alat-alat yang Anda butuhkan untuk memasang kloset duduk di rumah?

Alat-alat ini mencakup:

  • gergaji besi,
  • bor listrik,
  • obeng plus,
  • obeng minus,
  • meteran ukur,
  • kunci inggris,
  • tang kakak tua,
  • lem silikon,
  • kunci 10, kunci 12, kunci pipa, dan
  • 2 dynabolt berukuran 10 mm.

Selain itu, jangan lupa menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.

Baca juga: Fungsi Sarung Tangan Kerja Sebagai Alat Pelindung Diri

2. Buka cover toilet seat dan lakukan pengukuran

Kemudian, buka cover toilet seat Anda untuk membaca petunjuk. Dari sini Anda bisa mengetahui jarak antara dinding belakang closet dan bagian tengah pipa.

Anda juga dapat mencoba duduk pada posisi kloset tersebut untuk mengecek apakah Anda sudah merasa nyaman dan pas dalam arti tidak terlalu dekat denan dinding kamar mandi.

3. Pasang bowl

Setelah itu, ukur lubang pengunci bowl (badan kloset) dan tandai dengan pensil atau pena lainnya. Bagi dua titik dengan pipa, lalu lubangi sisi kanan dan kiri dengan diameter 10 mm dengan kedalaman sesuai dengan ukuran dynabolt menggunakan bor listrik.

4. Balik kloset dan pasang wax ring

Langkah selanjutnya untuk cara memasang closet duduk adalah membaliknya agar Anda bisa memasang wax ring. Caranya, tekan sisi lubangnya untuk memastikan agar sisi lubang closet tersebut bisa lengket. Kemudian, pada bagian belakang closet duduk, Anda bisa memasang stop kran, flexible hose, kunci T, dan jet shower. Anda bisa mengencangkan bagian drat dengan menggunakan kunci inggris.

Apabila Anda memiliki closet duduk yang dilengkapi bidet, Anda juga harus memasang komponen T di bagian belakang. Kenapa Anda harus melakukannya? Karena jika Anda memasang closet-nya terlebih dulu, kemungkinan besar Anda akan kesulitan untuk memasang stop kran setelahnya.

Baca Juga: Tutuplah Closet Anda Saat Membilas

5. Pasang kloset di atas lubang pipa

Masih ingat dengan lubang pipa yang telah terpasang dynabolt tadi? Nah, sekarang Anda bisa memasang closet duduk di atas lubang pipa tersebut. Secara perlahan, masukkan lubang kaki closet pada dynabolt. Jangan lupa pasang mur dan ring-nya. Gunakan kunci 12 untuk mengencangkannya.

Setelah itu, pasang rubber tank lebih dulu agar bekerja sebagai pencegah bocor dan dudukan tangki. Kemudian, barulah Anda bisa memasang tangki tersebut pada closet duduk. Jangan lupa menyambungkan flexible hose pada T dan tank trim. Putar drat untuk mengencangkannya. 

6. Pasang tutup tangki

Pastikan semua bagian sudah terpasang dengan benar dan kencang, baru setelah itu Anda bisa memasang tutup tangki dan push button. Kemudian, pasanglah seat cover pada closet duduk Anda.

7. Test flush button

Setelah closet telah terpasang dengan baik, jangan lupa lakukan sedikit pengetesan. Tekan tombol flush untuk memastikan ada atau tidaknya kebocoran maupun rembesan pada flexible hose dan tangki.

8. Finishing

Setelah pemasangan toilet duduk selesai, tahap akhir yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan dan menyimpan seluruh alat dan bahan yang telah Anda gunakan.

Jangan biarkan peralatan Anda berantakan, karena akan sulit ditemukan apabila Anda ingin menggunakannya lagi.


Kesimpulan

Itulah cara pasang closet duduk yang bisa Anda coba terapkan sendiri di rumah. Pastikan untuk membaca panduan atau petunjuk secara detail dan menyeluruh. Dengan begitu, risiko kesalahan pemasangan pun bisa diminimalisir. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Ukuran Kloset Jongkok yang Tepat dan Cara Memasangnya

Apabila Anda mencari peralatan sanitasi lengkap untuk rumah Anda, belanja di Klopmart adalah pilihan yang tepat. Di sini, tersedia beragam pilihan peralatan sanitasi berkualitas tinggi untuk rumah Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya