7 Cara Basmi Hama Bekicot yang Efektif Agar Tidak Menimbulkan Kerugian

Table Of Contents

    Saat musim penghujan, biasanya kita sering melihat bekicot sedang merambati daun dan batang tanaman di kebun atau taman rumah kita. Bagi beberapa orang, bekicot dikatakan sebagai binatang yang lucu mungkin karena sering digunakan sebagai tokoh dalam cerita anak.

    Namun tahukah Anda, bahwa  jika sudah dalam jumlah banyak, bekicot juga dapat memakan habis daun-daun dari tanaman, sehingga tanaman tersebut pada akhirnya mati? Bayangkan jika kebun kita diserang bekicot! Kerugian yang kita terima juga tidak sedikit.  Bekicot, yang juga dikenal dengan nama lainnya yaitu siput, adalah termasuk hama tanaman.

    Bekicot yang kita kenal berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia. Mengutip laman Wikipedia, binatang yang termasuk ke dalam phylum binatang bercangkang (moluska) dan ke dalam kelas gastropoda ini sekarang disebut sebagai salah satu spesies invasif terburuk di muka bumi!

    Bekicot menyerang tanaman saat malam hari, karena suhu udara tidak terlalu panas dan tidak ada sinar matahari. Penulis pernah melihat sendiri, kawanan bekicot memakan habis daun-daun tanaman melon yang tumbuh rimbun di taman hanya dalam tiga malam. Untungnya masih sempat panen buah melon, karena tak lama setelah dihajar bekicot , tanaman melon itu pun mati! Akar-akar muda, tunas-tunas baru serta kuncup bunga adalah makanan kegemaran bekicot selain daun-daun muda. Ternyata daun muda tidak hanya digemari oleh buaya darat, ya? Bekicot juga gemar menikmatinya.

     

    Nah, ada beberapa cara membasmi bekicot dari taman kita:

    1. Telur bekicot.

    Bentuknya bulat-bulat kecil berwarna kuning pucat dan diletakkan bergerombol di tanah. Kumpulkan, pecahkan dan buanglah di tempat sampah. Jika saat Anda mengumpulkan telur-telur tersebut Anda menemukan juga anak bekicot, kumpulkan, bunuh dengan taburan garam dan buang sekalian.


     

    1. Kulit Telur Ayam.

    Setelah Anda memasak telur, janganlah terburu-buru untukmembuang kulitnya ke tempat sampah. Cuci dengan air bersih dan keringkan dengan cara dijemur. Kenapa dicuci dengan air bersih? Dicuci dengan air bersih supaya kumpulan kulit telur tadi tidak mengundang lalat dan semut yang malah akan menambah kerepotan Anda di rumah. Kulit telur tadi dapat juga dikeringkan dengan cara dipanaskan dengan suhu sekitar 40oC selama beberapa menit. Setelah kering hancurkan kulit telur hingga menjadi pecahan kecil-kecil. Kemudian taburkan pecahan-pecahan kecil kulit telur tadi di sekeliling tanaman Anda. Bekicot kurang menyukai area yang dirasanya tajam dan kasar bagi dirinya.

     

    1. Garam.

    Taburkan garam ke permukaan tubuh bekicot. Garam akan menyerap air dan tubuh bekicot akan meleleh menjadi cairan. Jangan terlalu banyak ditaburi di tanah dekat akar tanaman, karena akan merusak tanaman itu sendiri. USahakan menaburi garam langsung di atas permukaan tubuh bekicot. Ada juga yang menyarankan menggunakan garam Epsom yang kaya akan unsur magnesium yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Nama kimia garam Epsom adalah magnesium sulfat dan tidak digunakan untuk konsumsi makanan melainkan digunakan untuk berendam sehingga mengurangi nyeri otot dan kesehatan kulit. Kita bahas tentang garam Epsom ini di kesempatan mendatang ya. Nanti malah lari dari pembahasan kita tentang bekicot dan tanaman Anda sudah habis dimakannya. Baca juga MANFAAT GARAM INGGRIS.

     

    1. Ampas Kopi.

    Ampas kopi selain baik untuk kesehatan kulit, juga dapat digunakan untuk mengusir bekicot dari tanaman Anda. Ampas kopi yang dimaksud adalah ampas kopi yang didapat dari hasil pembuatan minuman kopi dengan menggunakan bubuk kopi giling. Kopi sachet atau kopi instan yang cepat larut tidak meninggalkan ampas. Jadi percuma saja. Taburkan ampas kopi yang kaya mengandung nitrogen ini di sekeliling tanaman. Bekicot tidak menyukainya dan akan menyingkir mencari tempat lain.

     

    1. Kumpulkan bekicot.

    Secara fisik, kumpulkan bekicot dengan tangan saat mereka aktif di malam hari. Dapat juga dengan menjebak bekicot untuk berkumpul di satu wadah dengan menggunakan umpan kulit pisang atau kulit melon. Besok paginya, Anda tinggal membuang kawanan bekicot yang berkumpul di dalam wadah tersebut. Jangan lupa membunuh bekicot dengan taburi garam sebelum dibuang.

     

    1. Bahan Kimia.

    Gunakan bahan kimia pengendali hama bekicot,  Moluskisida berbahan aktif fentin acetatefentin acetate atau metaldehida (metaldehyde).


    1. Lempengan logam.

    Gunakan lempengan logam tembaga atau dapat juga menggunakan lempengan aluminum untuk membuat batasan mengelilingi bagian bawah tanaman Anda.

     

    Bekicot selain dianggap sebagai hama, di beberapa tempat malah dipelihara dan diternakan untuk kemudian digunakan sebagai bahan masakan. Kata orang, sekali lagi, kata orang ya, daging bekicot itu gurih rasanya.

    Media

    Klopmart

    KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

    Inspirasi Lainnya

    Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

    Lampu & Listrik

    Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

    Selengkapnya
    6 Cara Membuat Sumur Resapan

    Tips & Trik

    6 Cara Membuat Sumur Resapan

    Selengkapnya
    6 Cara Membuat Biopori Sederhana

    Tips & Trik

    6 Cara Membuat Biopori Sederhana

    Selengkapnya