Atap Fiber vs Polycarbonate: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah Anda sedang bingung mana yang lebih baik antara jenis atap fiber vs polycarbonate? Tenang, karena dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang perbedaan atap fiber vs polycarbonate, termasuk kelebihan dan kekurangannya, serta harga atap fiber.

Promosi Klopmart

Perlu diketahui bahwa umumnya, masyarakat menggunakan atap polycarbonate dan atap fiber untuk memenuhi kebutuhan atap transparan. Keduanya menawarkan kekuatan yang tak tertandingi dengan struktur yang ringan dan tampilan yang menarik.

Kendati demikian, keduanya tetap memiliki fungsi yang berbeda sesuai kebutuhan. Selain itu, atap polycarbonate dan fiber dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari atap transparan dengan harga ekonomis.

Perbandingan Atap Fiber vs Polycarbonate

Berikut adalah 5 perbedaan antara atap fiber dan atap polycarbonate yang perlu Anda ketahui:

1. Bahan Baku

Atap fiber adalah jenis atap yang terbuat dari campuran serat alami atau serat kaca (fiberglass) yang diperkuat dengan bahan pengikat dari bahan kimia seperti resin polimer. Serat fiberglass memberikan kekuatan dan ketahanan terhadap cuaca, sementara resin polimer memberikan stabilitas dan keawetan.

Sedangkan atap polycarbonate terbuat dari bahan plastik keras yang tahan terhadap benturan. Polikarbonat adalah plastik yang kuat, transparan dan ringan, sering digunakan untuk atap yang memerlukan pencahayaan alami.

2. Permukaan

Atap fiber memiliki permukaan dengan pola bergelombang atau struktural, memberikan tampilan khas. Adanya serat kaca pada atap fiber membuat tampilan atap terlihat seperti blur, sehingga tingkat kejernihan pada varian warna clear sekalipun akan berkurang.

Sementara atap polycarbonate memiliki permukaan yang lebih halus dan transparan, sehingga memungkinkan cahaya alami untuk masuk tanpa pola gelombang yang khas.

3. Pencahayaan Alami

Atap fiber lebih cocok untuk proyek yang membutuhkan perlindungan cuaca dan memiliki penampilan yang lebih kasar. Selain itu, jenis atap ini biasanya memiliki tampilan matte atau berkilap tergantung pada jenis finishingnya.

Sedangkan atap polycarbonate umumnya digunakan di proyek-proyek yang memerlukan pencahayaan alami, seperti teras, karena memungkinkan cahaya matahari untuk masuk ke dalam ruangan di bawahnya.

4. Tingkat Ketahanan

Atap fiber biasanya tahan terhadap cuaca dan dapat memberikan perlindungan yang baik terhadap hujan dan panas, bahkan beberapa jenisnya tahan api. Namun, serat fiberglass dapat memudar atau retak seiring waktu terpapar sinar UV.

Sedangkan atap polycarbonate memiliki ketahanan terhadap benturan yang lebih baik daripada atap fiber, sehingga lebih cocok untuk proyek-proyek yang mungkin terkena hujan es atau hujan batu.

Selain itu, karena tahan sinar matahari, maka akan cenderung lebih tahan terhadap perubahan warna dan retak dibandingkan dengan atap fiber

5. Aplikasi

Atap fiber umumnya digunakan sebagai penutup untuk berbagai jenis bangunan, seperti gudang dan bangunan komersial, yang memerlukan perlindungan terhadap cuaca.

Sedangkan, atap polycarbonate sering digunakan di proyek-proyek yang membutuhkan pencahayaan alami, seperti teras, kios, atau serambi, di mana cahaya matahari diinginkan untuk menciptakan efek pencahayaan di dalam ruangan.

Baca juga: Cara Merawat Dinding Agar Tetap Awet

Harga Atap Fiber vs Polycarbonate

Harga atap fiber dan atap polycarbonate dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis atap fiber, merek, ketebalan, ukuran, dan wilayah geografis tempat Anda tinggal.

Harga juga dapat dipengaruhi oleh biaya instalasi, bahan tambahan seperti perangkat pelengkap atap, dan biaya pekerjaan tambahan yang mungkin diperlukan.

Kisaran harga atap fiber bervariasi mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000 per lembar. Sedangkan atap polycarbonate berkisar Rp 100.000 hingga Rp 400.000 per lembar.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Mortar Acian yang Tepat Agar Lebih Rapi

Tips Memilih atap untuk Konstruksi Bangunan Anda

Setelah mengetahui beberapa hal terkait perbedaan atap fiber vs polycarbonate di atas, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda jadikan referensi jika ingin memilih atap untuk konstruksi bangunan Anda.

1. Pertimbangkan Kebutuhan dan Kondisi Lingkungan

Pertimbangkan kondisi lingkungan tempat bangunan berada, termasuk iklim, intensitas sinar UV, kelembaban, dan potensi bencana alam seperti angin kencang atau hujan deras. Pilihlah atap yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan terhadap faktor-faktor lingkungan tersebut.

2. Pahami Jenis Material Atap

Pelajari berbagai jenis material atap yang tersedia, seperti genteng beton, genteng keramik, atap metal, atap fiberglass, atau polikarbonat.

Pilihlah material yang sesuai dengan kebutuhan estetika, daya tahan, dan anggaran Anda.

3. Estimasikan Biaya dan Efisiensi

Tentukan anggaran yang tersedia untuk atap dan carilah opsi yang memberikan nilai terbaik untuk uang Anda.

Perhatikan tidak hanya biaya awal pembelian, tetapi juga biaya pemeliharaan jangka panjang dan efisiensi energi yang terkait dengan jenis atap tertentu.

4. Pertimbangkan Aspek Desain dan Estetika

Pertimbangkan tampilan estetika yang diinginkan untuk bangunan Anda. Pilihlah atap yang cocok dengan gaya arsitektur bangunan dan memberikan penampilan yang menarik.

Beberapa pilihan termasuk atap berwarna, atap transparan untuk pencahayaan alami tambahan, atau atap dengan tekstur yang menarik.

5. Pastikan Kualitas dan Garansi

Pastikan untuk memilih atap dari produsen terpercaya yang menawarkan produk berkualitas tinggi dan garansi yang memadai.

Periksa ulasan pelanggan dan reputasi merek sebelum membuat keputusan. Pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan garansi yang diberikan oleh produsen.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan atap fiber vs polycarbonate beserta tips memilih atap untuk Anda.

Kini tidak perlu khawatir jika Anda ingin mencari layanan atau tempat jual kebutuhan untuk atap, dinding dan lantai untuk rumah, karena sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart hadir dan menyediakan bahan serta alat untuk kebutuhan rumah Anda dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik.

Material Bahan Bangunan

Pastikan Anda menghubungi tim dari Klopmart untuk mendapatkan keuntungan, pelayanan luar biasa, harga serta kualitas yang luar biasa. Yuk, jadikan Klopmart sebagai pilihan terbaik Anda dalam membantu memenuhi kebutuhan alat dan bahan di rumah Anda. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya