7 Cara Menggunakan Mortar Acian yang Tepat Agar Lebih Rapi

Saat sebuah dinding bangunan telah selesai diplester, maka tahap selanjutnya adalah proses pengacian dengan mortar untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi. Lalu bagaimana cara menggunakan mortar acian?

Melalui artikel ini, Klopmart akan menjabarkan kepada Anda mengenai cara penggunaan mortar acian. Selain itu, kami juga akan membantu Anda dengan panduan mengaci dinding agar hasilnya terlihat rapi.

Bagaimana Cara Menggunakan Mortar Acian dengan Tepat?

Cara Menggunakan Mortar Acian

Mortar atau semen instan memiliki keunggulan praktis dibanding semen filler karena Anda tidak perlu mencampurkan banyak bahan untuk mengaplikasikannya. Cukup tambahkan air dan Anda sudah siap menggunakan.

Selain itu, mortar acian seperti produk MU 200 memiliki keunggulan seperti mampu mencegah retak rambut, daya rekat tinggi, dan tidak perlu plamir.

Untuk memaksimalkan penggunaanya, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Hitung Takaran Bahan Acian dengan Tepat

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan menggunakan mortar acian adalah menghitung takaran bahannya terlebih dahulu.

Bahan acian terdiri dari mortar acian serta air dan Anda harus menggunakan takaran yang tepat untuk menghasilkan campuran bahan yang berbentuk seperti pasta.

Perbandingan komposisi mortar acian dengan air biasanya sebesar 2:1. Namun, Anda perlu mencari tahu informasi yang lebih lengkap karena setiap jenis mortar acian memiliki komposisi bahan dasar yang berbeda-beda.

Baca juga: Cara Menghitung Plesteran dan Acian dengan Benar

2. Campurkan Mortar Acian dengan Air

Setelah bahan acian telah disiapkan, Anda perlu menyediakan wadah adukan yang besar untuk mencampurkan mortar acian dan air. Masukkan seluruh bahan ke dalam wadah tersebut dan aduk hingga semuanya tercampur dengan rata.

3. Keringkan Dinding yang Sudah Diplester

Sebelum dinding diaci, Anda harus memberikan waktu sekitar 2 minggu untuk menunggu plesteran dinding kering total. Apabila Anda langsung mengaci dinding begitu saja, dinding akan menjadi lembap dan hasil acian tentu saja menjadi tidak maksimal.

4. Basahi Plester yang Mengering

Plesteran yang mengering perlu dibasahi kembali agar acian dapat menempel pada dinding. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa gunanya mengeringkan dinding selama 2 minggu jika pada akhirnya akan dibasahi kembali?

Proses pengeringan dinding dibutuhkan agar dinding benar-benar kering hingga ke bagian dalamnya. Anda juga perlu memahami bahwa bagian dinding yang akan dibasahi hanyalah bagian luar yang akan diaci saja.

Baca juga: 1 Sak Mortar Acian Berapa M2? Yuk Cari Tahu Di Sini

5. Mengaci Dinding dengan Cepat

Setelah dinding dibasahi dengan air, Anda harus melakukan proses pengacian dinding dengan cepat untuk mencegah air menyerap dan membuat dinding menjadi lembap.

Tips khusus yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah hal ini adalah dengan membasahi dinding secara bertahap dan bukan langsung secara keseluruhan.

6. Perhatikan Ketebalan Acian

Dalam proses pengacian, Anda harus memperhatikan ketebalan aci. Setidaknya, ketebalan aci yang direkomendasikan berkisar antara 1 hingga 3 mm. Aci yang terlalu tipis akan membuat struktur dinding rumah menjadi kurang kokoh.

Sebaliknya, aci yang terlalu tebal akan membuat permukaan dinding rumah menjadi kurang halus atau bahkan bergelombang.

7. Gunakan Roskam untuk Proses Pengaplikasian Mortar

Roskam merupakan alat yang digunakan untuk merapikan hasil proses pengacian dinding. Anda dapat menggunakan roskam besi karena memiliki presisi yang lebih baik dibandingkan dengan roskam kayu.

Baca juga: Cara Merawat Dinding Agar Tetap Awet

Tips Memilih Mortar Acian yang Sesuai Kebutuhan

Memilih mortar acian yang tepat sangat penting untuk hasil akhir yang memuaskan. Berikut adalah beberapa tips penting dalam memilihnya:

1. Perhatikan Jenis Permukaan Dinding

Pastikan untuk memilih mortar acian yang sesuai dengan jenis permukaan yang akan diacikan, seperti dinding beton, tembok bata, atau plesteran. Setiap jenis permukaan membutuhkan formulasi dan jenis mortar yang berbeda untuk hasil yang optimal.

2. Konsistensi dan Waktu Pengeringan

Pilih mortar yang memiliki konsistensi yang mudah diaplikasikan dan waktu pengeringan yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Konsistensi yang baik akan memudahkan proses aplikasi, sementara waktu pengeringan yang tepat akan memastikan hasil akhir yang kuat dan tahan lama.

3. Kualitas Bahan dan Brand Terpercaya

Pilihlah mortar acian dari brand yang terpercaya dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Pastikan produk tersebut telah teruji dan memiliki reputasi baik dalam industri konstruksi untuk memastikan kualitas dan keandalannya dalam jangka panjang.

Jadi, itulah informasi seputar cara menggunakan mortar acian yang perlu Anda pahami sebelum memulai pembangunan rumah. Apabila Anda ingin mencari mortar acian berkualitas dan silakan cek harga mortar acian yang dijual melalui website Klopmart.

Material Bahan Bangunan

Anda dapat langsung melakukan pemesanan mortar acian sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk menggunakan informasi mengenai cara menggunakan mortar acian dengan tepat sesuai dengan informasi di atas.

Sebagai Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menjual kebutuhan untuk atap, dinding dan lantai dengan kualitas yang baik untuk memastikan bangunan Anda dapat kokoh berdiri untuk waktu yang lama.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya