Konstruksi

3 Cara Menggunakan Mortar Acian dengan Tepat Agar Terlihat Rapih dan Kokoh

Media
18 Mar 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Saat dinding rumah selesai diplester, Anda harus memahami cara menggunakan mortar acian dengan tepat agar hasilnya terlihat rapi dan struktur dinding menjadi lebih kokoh. Lalu, bagaimana cara untuk menggunakan mortar acian dengan langkah yang tepat?

Melalui artikel ini, Klopmart akan mengajarkan kepada Anda mengenai cara penggunaan mortar acian. Selain itu, kami juga akan membantu Anda dengan panduan mengaci dinding agar hasilnya terlihat rapi.
 

Bagaimana Cara Menggunakan Mortar Acian dengan Tepat?

Berikut ini, ada 3 hal yang perlu Anda lakukan ketika menggunakan mortar acian, yaitu:

1. Menghitung Takaran Bahan Acian dengan Tepat

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan menggunakan mortar acian adalah menghitung takaran bahannya terlebih dahulu. Bahan acian terdiri dari mortar acian serta air dan Anda harus menggunakan takaran yang tepat untuk menghasilkan campuran bahan yang berbentuk seperti pasta.

Perbandingan komposisi mortar acian dengan air biasanya sebesar 2:1. Namun, Anda perlu mencari tahu informasi yang lebih lengkap karena setiap jenis mortar acian memiliki komposisi bahan dasar yang berbeda-beda.

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Plesteran dan Acian dengan Benar

2. Mencampurkan Mortar Acian dengan Air

Setelah bahan acian telah disiapkan, Anda perlu menyediakan wadah adukan yang besar untuk mencampurkan mortar acian dan air. Masukkan seluruh bahan ke dalam wadah tersebut dan aduk hingga semuanya tercampur dengan rata.


3. Menggunakan Roskam untuk Proses Pengaplikasian Mortar

Roskam merupakan alat yang digunakan untuk merapikan hasil proses pengacian dinding. Anda dapat menggunakan roskam besi karena memiliki presisi yang lebih baik dibandingkan dengan roskam kayu.

Baca juga: Campuran Acian Dinding yang Tepat Untuk Anda
 

Bagaimana Cara Mengaci Dinding dengan Mortar?

Setelah Anda memahami cara menggunakan mortar acian, sekarang kami akan memberikan tips penting seputar cara mengaci dinding yang benar. Simak tipsnya di bawah ini:

1. Mengeringkan Dinding yang Sudah Diplester

Sebelum dinding diaci, Anda harus memberikan waktu sekitar 2 minggu untuk menunggu plesteran dinding kering total. Apabila Anda langsung mengaci dinding begitu saja, dinding akan menjadi lembap dan hasil acian tentu saja menjadi tidak maksimal.

Baca juga: Cara Merawat Dinding Agar Tetap Awet

2. Membasahi Plester yang Mengering

Plesteran yang mengering perlu dibasahi kembali agar acian dapat menempel pada dinding. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa gunanya mengeringkan dinding selama 2 minggu jika pada akhirnya akan dibasahi kembali?

Proses pengeringan dinding dibutuhkan agar dinding benar-benar kering hingga ke bagian dalamnya. Anda juga perlu memahami bahwa bagian dinding yang akan dibasahi hanyalah bagian luar yang akan diaci saja.

Baca juga: 1 Sak Mortar Acian Berapa M2? Yuk Cari Tahu Di Sini

3. Mengaci Dinding dengan Cepat

Setelah dinding dibasahi dengan air, Anda harus melakukan proses pengacian dinding dengan cepat untuk mencegah air menyerap dan membuat dinding menjadi lembap. Tips khusus yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah hal ini adalah dengan membasahi dinding secara bertahap dan bukan langsung secara keseluruhan.


4. Memperhatikan Ketebalan Acian

Dalam proses pengacian, Anda harus memperhatikan ketebalan aci. Setidaknya, ketebalan aci yang direkomendasikan berkisar antara 1 hingga 3 mm. Aci yang terlalu tipis akan membuat struktur dinding rumah menjadi kurang kokoh. Sebaliknya, aci yang terlalu tebal akan membuat permukaan dinding rumah menjadi kurang halus atau bahkan bergelombang.

Baca juga: 5 Cara Mengaci Tembok dengan Mudah

Jadi, itulah informasi seputar mortar acian yang perlu Anda pahami sebelum memulai pembangunan rumah. Apabila Anda ingin mencari mortar acian berkualitas, silakan cek harga mortar acian yang dijual melalui website Klopmart. Anda dapat langsung melakukan pemesanan mortar acian sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk menggunakan informasi mengenai cara menggunakan mortar acian dengan tepat sesuai dengan informasi di atas.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya