MERAWAT DINDING RUMAH AGAR TETAP AWET

Dinding, sebagai salah satu bagian utama sekaligus sebagai interior penting dari sebuah rumah, perlu dirawat secara berkala. Dalam perawatan dinding, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis dinding tersebut, karena beda jenis dinding beda pula metode perawatannya. Berikut ini cara merawat dinding sesuai jenisnya:
 

Merawat Cat Dinding

Pudarnya cat dinding disebabkan karena terkena sinar matahari, hujan, lumut, kotoran, bekas tangan kotor pada dinding, dan lainnya.

Lakukan perawatan dengan pengecatan ulang setiap 6-12 bulan sekali. Pilihlah cat dinding yang berkualitas tinggi, sesuai warna yang diinginkan, dan juga memiliki keunggulan khusus seperti cat dinding yang anti kotoran, anti air, yang mudah dibersihkan atau cat yang warnanya tetap awet.
 

Merawat Wallpaper

Permukaan wallpaper ada 2 jenis yaitu bahan vinyl dan bahan kertas.

Perawatan wallpaper vinyl lebih mudah karena cukup gunakan kain basah dan jika ada noda membandel gunakan sikat berbulu halus. Perawatan wallpaper kertas bisa menggunakan kain setengah basah atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu pada permukaannya.

Jika ditemui sobekan, tempel kembali bekas sobekan tersebut pada tempat semula. Saat membeli wallpaper jangan lupa untuk membeli lebih banyak sebagai persediaan atau cadangan.

Baca juga: 4 Cara Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih dengan Mudah
 

Merawat Dinding Kayu

Dinding kayu rentan terserang rayap dan jika kondisinya lembab mudah terserang jamur, sehingga dinding kayu membutuhkan pengecekan dan perawatan khusus dan lebih intesif.

Perawatan dinding kayu: gunakan kemoceng atau lap kering untuk membersihkan dinding kayu dari debu. Pastikan dinding kayu dalam keadaan kering jika terkena percikan air segeralah dikeringkan. Hindarkan dari goresan benda tajam dan tancapan paku. Secara berkala, setiap 1-2 tahun sekali, dinding kayu perlu dipoles kembali dan diberi anti rayap agar tetap awet dan mengkilap.
 

Merawat Dinding Batu Alam

Dinding yang terbuat dari susunan batu alam sangat mudah untuk dibersihkan karena kita bisa menyemprotkan air untuk menghilangkan debu yang menempel dan jika ada kotoran yang membandel bisa dibersihkan dengan sabun cuci kemudian disikat. Secara berkala, berikan coating khusus untuk batu alam, agar dinding batu alam lebih terlihat maksimal dan tetap indah.

Rumah yang nyaman dan aman tercipta dari perawatan dinding yang baik dan benar. Bukan saja agar dinding terlihat awet dan indah, tetapi sekaligus dapat mendeteksi dini tanda-tanda kerusakan pada dinding tersebut.

Baca juga: Dinding Roster Bata Merah serta Macam-Macam Roster Lainnya

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya
2 Rekomendasi Cat untuk Mural Dinding Terbaik bagi Seniman

Cat dan Kimia

2 Rekomendasi Cat untuk Mural Dinding Terbaik bagi Seniman

Selengkapnya
Perbedaan Cat Air, Cat Akrilik dan Cat Minyak, Serupa tapi Tak Sama!

Cat dan Kimia

Perbedaan Cat Air, Cat Akrilik dan Cat Minyak, Serupa tapi Tak Sama!

Selengkapnya