WPC: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya yang Perlu Diketahui

WPC adalah salah satu bahan bangunan yang dihasilkan oleh teknologi terbaru. WPC atau Wood Plastic Composite adalah solusi dari atau alternatif pengganti kayu alami dan kayu lapis yang memiliki sifat ramah lingkungan.


Sebagai sebuah produk teknologi mutakhir, Wood Plastic Composite (WPC) memiliki berbagai kelebihan. Apa saja kelebihannya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Bahan WPC?

Wood Plastic Composite (WPC) secara harfiah berarti komposit plastik kayu. Komposit sendiri merujuk pada sebuah campuran. Jadi, WPC adalah sebuah bahan campuran antara kayu dan juga plastik.

WPC adalah solusi dari kelangkaan dan kenaikkan harga kayu setiap harinya. Kegiatan eksploitasi hutan merupakan salah satu ancaman nyata dalam kehidupan sehari-hari. Karena sudah banyak hutan yang dilindungi, hal ini membuat sumber kayu semakin sedikit yang kemudian membuat harganya semakin mahal.

Wood Plastic Composite muncul sebagai solusi. Untuk tetap dapat menggunakan kayu sebagai bahan bangunan dengan harga terjangkau, WPC muncul dengan komposisi kayu dan plastik masing-masing 50%

Hal ini membuat WPC tetap memiliki sifat dan tampilan kayu serta daya tahan yang lebih kuat dari polimer plastik pada umumnya.

Apa Saja Jenis Jenis Wood Plastic Composite?

Secara umum, ada dua jenis WPC yang dapat Anda temukan di pasaran. Berikut adalah penjelasannya.

1. Komposit Kayu Hollow

Jenis Wood Plastic Composite satu ini memiliki rongga (hollow) di bagian tubuhnya yang menyerupai besi hollow pada umumnya.

Sifat berongganya ini membuat jenis WPC ini mudah dikombinasikan dengan berbagai bahan. Bahan bangunan ini umumnya digunakan untuk membuat eksterior rumah, seperti pagar rumah, atap gazebo, lantai teras rumah, dan lain-lain.

2. Komposit Kayu Solid

Jenis Wood Plastic Composite ini memiliki bentuk solid atau tidak memiliki rongga pada tubuhnya. Jenis WPC ini umumnya dijual dalam bentuk papan, baik dalam bentuk lurus atau melengkung.

Jenis kayu plastik umumnya digunakan sebagai bahan konstruksi untuk membangun bangunan seperti pada umumnya.

Apa Saja Kelebihan WPC?

Kelebihan WPC datang dari pengolahannya yang menggunakan teknologi modern. Berikut adalah beberapa kelebihan WPC:

1. Kualitas Terjamin

Salah satu keunggulan dari WPC dibandingkan jenis material lainnya adalah kualitas. Wood Plastic Composite diolah menggunakan teknologi modern. Hal ini membuat bahan WPC memiliki rasio serat kayu-plastik yang selalu tepat pada setiap olahannya. Dengan demikian, bahan WPC selalu memiliki kualitas yang sama serta terjamin mutunya.

2. Mudah Diolah

Serupa dengan bahan kayu pada umumnya, WPC dapat relatif mudah diolah menjadi berbagai bentuk dalam berbagai ukuran yang Anda butuhkan. Hal ini membuat Wood Plastic Composite (WPC) menjadi bahan yang multifungsi dan banyak digunakan dalam berbagai konstruksi.

3. Finishing Yang Modern

Untuk menjamin dan menjaga kualitasnya, WPC umumnya dilapisi dengan finishing cat yang modern. Cat ini kemudian akan memberikan tampilan yang semakin elegan serta merawat permukaannya. Hal ini akan sangat penting ketika Anda menggunakan WPC sebagai pintu, jendela, dan furniture lainnya yang akan banyak berkontak dengan dunia luar.

4. Pengganti Kayu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WPC adalah solusi dari kelangkaan kayu serta perusakan lingkungan, khususnya hutan. Wood Plastic Composite (WPC) mungkin bukan adalah kayu asli. Tetapi, dari segi kualitas dan daya tahannya tetap sebaik kayu asli dan bahkan, dalam beberapa kasus, dapat melebihi nya.

5. Ramah Lingkungan

WPC adalah salah satu solusi atas eksploitasi hutan serta penebangan pohon yang berlebihan. Berbeda dengan limbah kayu pada umumnya, WPC yang memiliki kandungan plastik merupakan bahan yang cukup relatif mudah untuk didaur ulang.

Hasil daur ulang WPC juga umumnya memiliki kualitas yang relatif lebih baik ketimbang hasil daur ulang kayu asli.

6. Daya Tahan Yang Kuat

Selain ramah lingkungan, WPC juga memiliki resistensi terhadap serangan rayap jamur. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis kayu pada umumnya. Selain itu, WPC memiliki daya tahan yang kuat dari benturan dan abrasi.

Berbeda dengan jenis kayu pada umumnya, WPC memiliki ketahanan ekstra dari bahan kimia rumah tangga. Hal ini membuat WPC dapat digunakan di berbagai tempat atau bidang dalam konstruksi rumah.

Apa Saja Kekurangan Wood Plastic Composite (WPC)?

Sekilas WPC terlihat sebagai bahan konstruksi yang sempurna; WPC dapat menjadi pengganti kayu, ramah lingkungan, memiliki daya tahan yang kuat, serta kualitasnya terjamin.

Tetapi, WPC juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan. Berikut adalah kekurangan WPC yang harus Anda pahami sebelum memilihnya.

1. Kandungan Bahan Kimia

Dari bahan pembuatnya, sudah terlihat jelas bahwa Wood Plastic Composite (WPC) memiliki kandungan bahan kimia yang lebih besar dibandingkan jenis kayu lainnya. Hal ini tentunya harus diperhatikan, khususnya bagi Anda yang tidak ingin memiliki bahan bangunan dengan kandungan bahan kimia yang cukup besar di rumah..

2. Rawan Leleh

Kandungan plastik dalam WPC membuat bahan satu ini tidak terlalu rentan pada suhu ekstrim. Tentu, Anda dapat memberikan lapisan cat yang dapat melindunginya dari serangan matahari atau sumber suhu ekstrim lainnya.

Tetapi, jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, WPC merupakan salah satu yang paling tidak toleran pada panas ekstrim dan rawan leleh.

3. Harga Yang Relatif Mahal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WPC memang adalah pengganti kayu. Tetapi, untuk harga sendiri, WPC dapat dikatakan relatif jauh lebih mahal dibandingkan jenis kayu asli lainnya.

Tetapi, tentu saja bandrol mahal WPC datang dengan berbagai kelebihan, seperti ramah lingkungan, mudah diolah, dan kualitas yang terjamin. Pastikan Anda telah menghitung rancangan biaya Anda dengan baik sebelum menggunakannya.

Itulah dia penjelasan tentang Wood Plastic Composite (WPC). WPC adalah bahan bangunan yang muncul dari perkembangan teknologi. Bahan bangunan ini muncul untuk menjawab permasalahan kelangkaan dan harga kayu yang semakin meningkat serta kerusakan alam, khususnya penebangan pohon yang berlebihan. WPC memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.


Selain WPC, Anda juga dapat menggunakan besi hollow sebagai pengganti kayu. Besi hollow adalah material yang juga menawarkan berbagai kelebihan yang ditawarkan WPC dengan kekurangan yang lebih sedikit, semisal tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tahan cuaca panas. Klopmart menyediakan berbagai jenis besi hollow yang dapat memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Kunjungi Klopmart sekarang juga

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya