Apa Itu Paku Bumi? Pahami Fungsi dan Kegunaannya dalam Konstruksi

Jika Anda bekerja di bidang konstruksi, maka Anda harus mengetahui apa itu paku bumi. Untuk membangun rumah yang kokoh, maka Anda harus memiliki fondasi rumah yang kokoh pula. Nah, paku bumi ini berfungsi sebagai fondasi tersebut.

Yuk simak penjelasan mengenai apa itu paku bumi secara lebih lengkap di bawah ini!

Apa itu Paku Bumi?

Paku bumi atau yang bisa disebut juga tiang pancang, berfungsi sebagai fondasi untuk membuat suatu bangunan atau agar bangunan dapat berdiri kokoh. Tiang pancang adalah bagian dari struktur bangunan yang biasanya ditempatkan di bawah tanah dan digunakan sebagai fondasi untuk mengurangi tekanan atau beban suatu konstruksi dan segala isinya.

Baca juga: 10 Jenis Pondasi Rumah yang Aman dan Umum Digunakan

Fungsi Paku Bumi

Paku bumi atau tiang pancang ini berfungsi sebagai penahan gaya tegak lurus dari atas bangunan dengan menyalurkan tekanan melalui sumbu tiang ke lapisan tanah di bawahnya. Tidak hanya itu, tiang pancang juga digunakan untuk menahan gaya lateral pada bangunan seperti gempa bumi dan angin kencang.

Bentuk tiang pancang ini biasanya panjang dan ramping serta memiliki ujung yang runcing, orang sering melihatnya seperti peluru kendali. Namun, bentuk tersebut memiliki tujuannya tersendiri, yaitu agar dalam pemasangannya dapat langsung dimasukkan ke dalam tanah, seperti menancapkan paku dengan sebuah palu.

Fondasi tiang pancang pada bangunan sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu fondasi dangkal dan fondasi dalam. Bangunan yang berat dan memiliki tingkat yang tinggi dituntut untuk memiliki fondasi yang sangat dalam agar kekuatan struktur bangunan menjadi kuat dan dapat menahan guncangan yang besar sekalipun.

Fondasi tiang pancang umumnya digunakan ketika struktur tanah yang akan dibangun memiliki kemungkinan untuk bergeser atau menjadi tidak stabil. Selain itu, jenis fondasi ini biasa digunakan bila ada drainase bawah tanah di area konstruksinya.

Baca juga: 5 Cara Membangun Pondasi Rumah yang Kuat dan Murah

Jenis-jenis Paku Bumi

Paku bumi atau tiang pancang pada umumnya memiliki bentuk yang hampir sama yaitu segi empat atau silindris. Namun, ada beberapa jenis tiang pancang yang bisa Anda gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis tiang pancang yang bisa Anda temukan di dunia konstruksi:

1. Paku Bumi Baja

Salah satu paku bumi atau tiang pancang yang paling sering digunakan pada bangunan kecil hingga besar adalah tiang pancang yang berjenis baja. Material baja yang digunakan dapat membuat bangunan menjadi lebih kuat sekaligus dapat menyerap goncangan dari dalam tanah. Jadi, bangunan dapat berdiri lebih kokoh.

2. Paku Bumi Beton

Paku bumi atau tiang pancang jenis ini merupakan salah satu yang paling umum dan sering digunakan. Tiang pancang beton memiliki bahan dasar utama beton yang dicor di satu tempat. Umumnya tiang-tiang ini juga dibuat langsung dari pabrik dan dapat langsung digunakan dengan mudah. Tiang pancang jenis ini biasanya memiliki berbagai bentuk seperti silinder, kotak, atau persegi panjang.

Baca juga: Detail Pondasi Tapak Untuk Membangun Rumah Impian Anda

3. Paku Bumi Kayu

Paku bumi atau tiang pancang jenis ini biasanya digunakan sebagai penyangga rumah adat di Indonesia. Kayu yang digunakan sebagai tiang pancang harus lah yang keras dan tahan terhadap pelapukan. Keawetan kayu tidak boleh diremehkan karena harus dapat tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem di Indonesia serta harus tahan akan perubahan struktur dalam waktu yang sangat lama.

4. Paku Bumi Komposit

Paku bumi atau tiang pancang dengan tipe komposit umumnya memiliki daya tahan yang tinggi karena menggunakan bahan campuran yang didesain tahan terhadap perubahan suhu atau unsur kimiawi tanah. Tiang pancang yang terbuat dari komposit juga biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis tiang pancang lainnya.

‚ÄčBaca juga: Jenis Jenis Beton dan Kegunaannya

Jika Anda sedang mencari paku untuk konstruksi sebuah bangunan, Anda bisa mendapatkan paku beton putih di Klopmart dengan mudah. Semoga penjelasan mengenai apa itu paku bumi pada artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Sumber artikel:

  • https://lrtjabodebek.adhi.co.id/paku-bumi-tiang-pancang/
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/fondasi-tiang-pancang-29603

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Mar 2022

Related Article