Apa Itu Kusen? Bagian-Bagian dan Jenisnya

Berbicara mengenai kusen, Anda tidak akan asing bukan dengan kata tersebut? Bagi Anda yang tidak mengerti kusen dan menanyakan apa itu kusen? Secara umum, kusen adalah bagian dari konstruksi bangunan yang fungsinya adalah sebagai bagian untuk memasang daun jendela atau pintu pada bangunan. 

Namun, tahukah Anda bahwa kusen lebih dari sekadar itu? Apabila Anda sedang dalam misi membangun rumah dan ingin mencari tahu lebih dalam mengenai kusen, Anda datang pada tempat yang tepat! Klopmart akan mengulas lebih jauh mengenai kusen dari apa itu kusen, bagian, dan jenis kusen yang harus Anda ketahui. Simak artikel hingga akhir untuk dapatkan penjelasannya!

Apa itu Kusen?

Kusen adalah bagian pada konstruksi bangunan yang berhubungan langsung dengan pintu atau jendela. Pada umumnya, kusen yang digunakan dan dijual di pasaran akan terbuat dari material kayu. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman dan perkembangan pada alat konstruksi bangunan, kusen dapat dibuat dari bahan material seperti plastik atau alumunium.

Tidak hanya untuk tempat memasang pintu atau jendela, kusen juga digunakan sebagai pemisah ruangan meskipun tanpa daun pintu yang dimaksud. Bentuk dan ukuran kusen juga beragam. Kusen yang kebanyakan dijual bisa dipesan sesuai kebutuhan pemesan, baik ukuran maupun bentuknya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah

Bagian-Bagian Kusen? 

Kusen tidak hanya sekedar kerangka yang dipasangkan pada tembok. Sedikit banyak yang Anda tahu, kusen memiliki struktur. Di setiap struktur kusen pun dibagi menjadi beberapa komponen yang berbeda. Berikut adalah beberapa bagian kusen yang perlu Anda ketahui!

1. Sponneng

Pada struktur bagian kusen, tiang kusen bisa menjadi istilah pada beberapa bagian. Seperti halnya sponneng yang merupakan tiang kusen. Namun, ada istilah tiang kusen sendiri yang sebenarnya berbeda dengan sponneng. Sponneng adalah bagian pada kusen yang berfungsi untuk melekatkan daun pintu atau jendela dengan kusen. 

2. Tiang Kusen

Sama-sama tiang pada kusen, namun fungsi tiang kusen berbeda dengan sponneng. Tiang kusen berfungsi sebagai komponen yang digunakan untuk menyekat antar dinding dengan jendela ataupun pintu. 

Jadi sebenarnya, sponneng dan tiang kusen berada pada bagian yang sama. Namun memiliki fungsi yang berbeda. Sehingga memiliki istilah yang berbeda. 

3. Ambang Kusen

Ambang kusen juga biasa disebut dorpel terletak pada bagian atas rangka kusen. Fungsi dari ambang kusen atau dorpel ini untuk menahan beban daun pintu atau jendela pada bagian atas. 

4. Telinga Kusen

Telinga kusen sebenarnya adalah bagian dari ambang kusen atau dorpel. Hanya saja bagian ini merupakan bagian yang tertanam pada dinding atau tembok sehingga tidak dapat terlihat ketika suatu bangunan telah jadi. Fungsi utama dari telinga kusen ini adalah untuk menahan agar rangka kusen agar tetap di tempat sehingga tidak ada pergerakan. 

5. Angkur

Angkur merupakan bagian rangka kusen yang sebelah samping. Fungsi utama dari angkur adalah untuk memperkuat kusen agar tetap kokoh. Angkur juga berfungsi untuk menahan gerakan dari daun pintu dan jendela ketika dibuka tutup.

6. Alur Kapur

Alur kapur merupakan bagian dari tiang kusen. Alur kapur merupakan bagian yang sangat penting pada rangka kusen karena berfungsi sebagai pencegah penyusutan akibat suhu udara panas maupun dingin agar tidak timbul celah.

7. Duk atau Neut

Duk atau neut merupakan rangka kusen bagian bawah dekat dengan lantai. Duk atau neut memiliki fungsi yang sama dengan telinga kusen yang menahan tiang agar tidak mudah bergerak ke segala arah. Selain itu duk atau neut berfungsi untuk melindungi rangka kusen dari rembesan air dari lantai yang elevasinya lebih tinggi. 

Baca juga: 8 Macam-Macam Engsel Pintu dan Jendela

Jenis-Jenis Kosen

Kosen memiliki beberapa jenis berdasarkan beberapa kategori tertentu. Klopmart akan mengulas jenis-jenis kosen berdasarkan bahan material yang bisa menjadi pilihan Anda. Berikut adalah jenis kosen berdasarkan bahan material yang perlu Anda ketahui.

1. Kosen Kayu

Pada umumnya, Anda akan sangat familier dengan kosen yang berbahan material kayu. Kayu sebagai bahan utama rangka kosen memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Kayu mampu menjadi penyekat panas yang baik dan dikenal tahan terhadap pengaruh cuaca.

Jenis kayu yang biasa digunakan untuk kosen adalah kayu purnis atau akasia, kayu kamper, kayu laban, kayu ulin dan kayu jati. Bahan material kayu juga akan memberikan kesan alami pada ruangan dan bangunan Anda.

2. Kosen Aluminium

Aluminium dapat menjadi pilihan Anda untuk rangka kosen bangunan. Kosen aluminium memiliki karakteristik anti rayap, anti air, tidak keropos dengan bobot rangka yang ringan namun tetap kuat. 

Kosen aluminium memiliki karakteristik tidak mudah menyusut. Selain itu, bentuk kosen aluminium tidak akan mudah melengkung apabila terkena panas. 

3. Kosen Fiberglass

Jenis kusen berdasarkan bahan material selanjutnya adalah kosen fiberglass. Kosen fiberglass adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin memiliki kosen berdaya tahan lama namun mudah dalam urusan perawatannya. Urusan kualitas, fiberglass memiliki kualitas yang baik karena terbuat dari bahan dasar pembuat kaca yang mampu menyesuaikan dengan cuaca ataupun suhu ruangan. 

4. Kosen Beton

Jenis terakhir adalah kosen yang terbuat dari beton atau kosen cor. Kosen beton atau cor memiliki karakteristik tidak mudah keropos dan tahan terhadap segala cuaca. Pada proses pemasangannya, para pekerja bangunan akan menggunakan metode cetak lalu akan disambungkan dengan menggunakan paku dan kawat.

Setelah memahami kosen lebih jauh, pastinya Anda sudah tahu ingin menentukan pilihan kosen yang mana, bukan? Apabila Anda menjatuhkan pilihan Anda kepada kosen kayu. Anda tidak perlu khawatir mengenai perawatannya. 

Salah satunya adalah melapisi kusen kayu Anda dengan pewarna kayu seperti Propan Wood Stain PWS-631. Propan Wood Stain akan melindungi kusen kayu Anda dari jamur dan segala dampak cuaca dengan memberikan sentuhan warna alami yang memperindah ruangan.

Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa membeli semuanya di Klopmart! Klopmart menjual berbagai macam kebutuhan dalam pembangunan salah satunya adalah jual propan wood stain. Jadi tunggu apalagi segera hubungi kami di sini! Silakan pilih jenisnya setelah memahami apa itu kusen dari informasi di atas!

Sumber : 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Nov 2022

Related Article