3 Jenis dan Ukuran Pintu PVC yang Perlu Anda Ketahui agar Tidak Salah Beli

Bagi Anda yang mencari informasi ukuran pintu PVC, artikel ini adalah jawabannya. Tidak hanya membahas ukuran jenis pintu yang satu ini saja. Artikel ini juga akan membahas beberapa jenis pintu PVC serta berbagai pilihan ukuran yang barangkali sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ulasan selengkapnya.


Jenis dan Ukuran Pintu PVC

Seperti jenis-jenis pintu yang lainnya, pintu PVC juga diproduksi dengan beberapa pilihan ukuran tertentu. Sebelum membeli, ada baiknya Anda mengukur dulu desain pintu yang sedang dibuat. Berikutnya baru mulai mencari pintu PVC dengan ukuran yang paling pas dengan kebutuhan Anda.

Pintu PVC dengan kualitas premium kini sudah banyak ditemukan. Kualitas dan durabilitasnya pun cukup bisa diandalkan. Ukuran yang tersedia ada dua: ukuran 80 x 205 cm dan ukuran 70 x 195 cm. Pilihan warna yang dihadirkan pun cukup beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan tema interior

Harga jualnya pun beragam, mulai dari Rp300.000 sampai Rp400.000. Semakin bagus kualitasnya, tentu saja harganya akan semakin mahal. Untuk kisaran harga yang jauh lebih murah di bawah Rp 300.000, ada jenis pintu PVC standar yang bisa jadi pilihan. Ukuran pintu PVC jenis ini hanya berbeda sedikit, yaitu 61 x 196 cm.
 

Kekurangan Pintu PVC

Sebelum memakai pintu PVC untuk kebutuhan bangunan, Anda juga perlu tahu tentang kekurangan dan kelebihannya. Kekurangan yang paling menonjol dari pintu PVC adalah tingkat ketahanan atau durabilitasnya yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis pintu lainnya. Itu sebabnya perlu dipertimbangkan di mana pintu ini sebaiknya ditempatkan.

Kekurangan lainnya adalah, umumnya pintu PVC tidak tahan matahari. Itu sebabnya Anda akan menemukan kalau kebanyakan jenis pintu yang satu ini hanya digunakan sebagai pintu kamar mandi, atau pintu di dalam ruangan. Dengan begitu kemungkinan pintu untuk cepat mengalami degradasi warna dan kerusakan juga semakin rendah.

Baca juga: 7 Cara Membuat Pintu Lemari Geser dari Triplek Sederhana

Kelebihan Pintu PVC

Terlepas dari kekurangan pintu PVC, bukan berarti Anda tidak bisa memanfaatkan pintu ini sama sekali. Karena faktanya, pintu PVC juga punya banyak kelebihan. Pintu PVC umumnya terbuat dari bahan plastik, tidak heran kalau pintu ini lebih bebas lapuk dan anti karat. 

Sifatnya yang tahan air ini juga jadi nilai plus. Berbeda dengan pintu dari kayu atau dari baja yang tidak bisa terus-terusan terkena air. Fungsi Pintu PVC juga tahan dengan cuaca lembap. Jadi, pintu PVC aman untuk dipakai di kamar mandi atau toilet Indonesia yang cenderung berkonsep kamar mandi  basah. Tidak hanya toilet, pintu lainnya juga bisa jika kebutuhannya sesuai dengan kelebihan pintu PVC ini.

Kelebihan lainnya adalah bobot dari jenis pintu yang satu ini. Bobotnya yang sangat ringan memungkinkan pintu ini untuk dipasang dengan mudah. Ditambah lagi harganya yang jauh lebih murah dibanding jenis pintu lain. Biaya perawatan dan perbaikan pun murah dan tidak begitu sulit.

Terakhir, kelebihan pintu PVC lainnya adalah mudah dibersihkan. Bahkan, pintu PVC bisa dibersihkan hanya dengan kain dan air saja. Selain itu, tidak perlu terlalu sering untuk membersihkan pintu jenis ini. Itu sebabnya tadi disebutkan kalau biaya perawatannya sangat murah.

Itu dia informasi seputar pintu PVC yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memilih dan membeli. Pintu PVC ini juga tersedia dalam berbagai desain dan warna. Anda jadi lebih bebas memilih style pintu yang sesuai dengan keinginan. Berikutnya tinggal disesuaikan saja kemudian dengan ukuran pintu PVC yang dibutuhkan.

Baca juga: Cara Mengatasi Engsel Pintu Berbunyi


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya