Atap & Lantai

Mengenal Atap Fiber, Jenis, dan Kelebihannya

Media
12 Sep 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kalau Anda sedang mencari material atap lain yang menawarkan banyak kelebihan, tidak ada salahnya mencoba menggunakan atap fiber. Pernahkah Anda mendengar apa itu atap fiber? Sekilas, atap fiber merupakan jenis pelindung suatu bangunan yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Keberadaannya menjadi salah satu inovasi terkini dalam dunia konstruksi yang sedang naik daun. Supaya Anda tidak salah pilih jenis atap, coba pahami dahulu apa itu atap fiber secara mendalam, sekaligus berbagai jenis yang ada. 

Bahkan tersedia juga tabel perbandingan kelebihan dan kekurangan atap fiber yang akan dijelaskan sehingga Anda bisa membuat keputusan yang tepat. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini! 

Apa Itu Atap Fiber?

Atap fiber atau yang juga dikenal sebagai atap fiberglass adalah jenis atap yang terbuat dari serat sintetis (biasanya fiberglass) yang diperkuat dengan resin. Proses pembuatan atap fiber melibatkan pencampuran serat fiberglass dengan resin untuk menciptakan lapisan yang kuat dan tahan lama. 

Berbeda dari jenis atap lainnya, atap fiber punya keunikannya sendiri yang tidak bisa dibandingkan. Salah satunya ialah bobot atap fiber yang ringan sehingga banyak memudahkan saat pemindahan maupun pemasangan. 

Atap ini jauh lebih ringan daripada beberapa alternatif atap konvensional seperti genting tanah liat atau logam. Bobotnya yang ringan akan membuat instalasi lebih mudah dan mengurangi beban struktural pada bangunan. 

Selain itu atap fiber memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap cuaca ekstrem, seperti hujan deras, salju, dan panas terik. Tidak hanya itu atap fiber juga tahan terhadap korosi, jamur, dan serangan serangga. 

Hal ini menjadikannya pilihan yang tahan lama dengan sedikit perawatan yang dibutuhkan. Melalui kombinasi ketahanan terhadap berbagai elemen lingkungan dan kemudahan perawatan, atap fiber menjadi pilihan yang menarik bagi banyak pemilik rumah.

Baca juga: Atap Bitumen: Pengertian, Jenis, Kekurangan dan Kelebihannya

Jenis-Jenis Atap Fiber

atap fiber

Atap fiber hadir dalam berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan gaya bangunan. Mari lihat secara lebih rinci empat jenis utama atap fiber yang sering digunakan berikut ini.

1. Atap Fiber Genting

Atap fiber genting merupakan salah satu jenis atap fiber yang paling umum digunakan. Mereka dirancang untuk meniru penampilan genting konvensional, tetapi dengan keunggulan tambahan. 

Atap genting ini terlihat seperti genting tanah liat atau beton, tetapi mereka jauh lebih ringan sehingga pemasangannya lebih mudah dilakukan. Selain itu atap fiber genting biasanya tahan terhadap cuaca ekstrem, korosi, dan serangan jamur atau serangga. 

Mereka juga tersedia dalam berbagai warna dan desain, jadi memungkinkan Anda untuk memilih yang sesuai dengan estetika bangunan. Atap fiber genting ini jelas termasuk pilihan populer bagi pemilik rumah yang menginginkan tampilan tradisional dengan keunggulan modern.

2. Atap Fiber Datar atau Flat

Atap fiber datar atau flat memiliki tampilan rata dan bersih yang sesuai dengan gaya arsitektur minimalis. Atap ini biasanya digunakan pada bangunan komersial, industri, atau residensial dengan desain yang lebih kontemporer.

Atap fiber datar memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan beban tambahan seperti sistem pendingin udara atau solar panel. Kemampuan ini membuatnya menjadi opsi yang sangat fleksibel untuk penggunaan komersial. Lalu seperti jenis atap fiber lainnya, atap datar juga tahan terhadap cuaca dan korosi sehingga menjadikannya pilihan yang tahan lama.

3. Atap Fiber Transparan

Atap fiber transparan memiliki lapisan transparan atau setengah transparan yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam bangunan. Pemilihan atap fiber transparan jelas sangat baik untuk ruang serba guna atau daerah yang ingin mendapatkan sebanyak mungkin cahaya matahari. 

Contoh penggunaannya seperti pada taman yang ada di tengah rumah atau halaman depan untuk anak-anak bermain. Bahkan tidak jarang juga kalau rumah kaca memiliki atap fiber sehingga seluruh cahaya dapat masuk dan memenuhi kebutuhan tanaman yang ditanam. 

Kemudian perlu Anda pahami kalau atap fiber transparan tidak hanya memberikan cahaya alami, tetapi juga memiliki sifat tahan terhadap cuaca dan korosi seperti jenis atap fiber lainnya. Hal ini membuatnya cocok untuk penggunaan dalam jangka panjang di berbagai kondisi iklim.

4. Atap Fiber Gelombang

Atap fiber gelombang memiliki pola gelombang khas pada permukaannya. Mereka sering digunakan pada bangunan dengan tampilan yang lebih tradisional atau landasan, seperti gudang, garasi, atau bangunan agraris.  Atap gelombang memberikan kekuatan tambahan dan ketahanan terhadap cuaca yang diperlukan untuk bangunan. Atap gelombang dapat mengalirkan air hujan dengan optimal dan hadir dalam berbagai pola dan warna sehingga Anda dapat menyesuaikan penampilan bangunan dengan kebutuhan.

Jenis ini juga menawarkan ketahanan terhadap korosi dan kerusakan seperti jenis atap fiber lainnya.

Baca juga: Apa Itu Atap Go Green? Mari Kenali 9 Kelebihannya

Kelebihan dan Kekurangan Atap Fiber

Sejauh ini, Anda telah menjelajahi dunia atap fiber dan berbagai jenis yang tersedia. Namun sebelum Anda membuat keputusan akhir, penting untuk memahami sepenuhnya apa yang bisa diharapkan dari penggunaan atap fiber.

Coba perhatikan tabel berikut untuk mendapatkan pemahaman yang Anda butuhkan mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Atap Fiber

Kekurangan Atap Fiber

1. Tahan terhadap cuaca ekstrem.

1. Mahal dalam pembelian awal.

2. Ringan dan mudah dipasang.

2. Memerlukan jasa profesional untuk pemasangan.

3. Tahan terhadap korosi.

3. Tidak selalu memiliki variasi warna yang diinginkan.

4. Tahan lama dan awet.

4. Tidak sesuai untuk desain tradisional.

5. Tidak memerlukan perawatan rutin.

5. Memerlukan insulasi tambahan untuk isolasi panas atau suara.

6. Meredam sinar UV.

6. Warna fiber dapat luntur dalam waktu singkat apabila tidak dijaga dengan baik.

7. Tidak menimbulkan suara yang bising di saat hujan.


7. Membutuhkan perawatan sekaligus penanganan yang baik untuk memastikan keadaannya tetap baik.

Berapa Ukuran Atap Fiber?

Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih atap fiber adalah ukurannya. Atap fiber hadir dalam berbagai ukuran, dan ini menjadi faktor penting yang akan memengaruhi penampilan dan kinerjanya pada bangunan Anda. 

Setiap jenis atap fiber memiliki berbagai dimensi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi Anda. Contohnya, atap fiber genting yang secara umum memiliki dimensi yang mirip dengan genting konvensional. 

Atap ini tersedia dalam berbagai ukuran panjang dan lebar yang memungkinkan Anda untuk mencocokkannya dengan ukuran genting yang ada atau dengan desain tertentu yang diinginkan. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam menciptakan penampilan rumah yang sesuai dengan estetika yang Anda mau.

Atap fiber datar atau flat, di sisi lain, dapat datang dalam lembaran yang lebih besar dengan berbagai ketebalan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ukuran atap dengan luas permukaan bangunan. 

Kemudian atap fiber transparan biasanya tersedia dalam berbagai ukuran lembaran yang dapat disesuaikan dengan struktur bangunan. Anda dapat memilih ukuran yang sesuai dengan area yang ingin ditutupi dengan atap transparan untuk memaksimalkan cahaya alami yang masuk.

Baca juga: 20 Model Atap Teras Rumah Minimalis yang Elegan

Atap fiber gelombang juga memiliki dimensi bervariasi tergantung pada jenis gelombang dan pola yang Anda pilih. Hal ini bisa menjadi opsi yang ideal untuk bangunan dengan atap berkontur atau yang membutuhkan perlindungan tambahan dari cuaca ekstrem.

Penting untuk diingat bahwa ukuran atap fiber tidak hanya memengaruhi penampilan, tetapi juga memainkan peran dalam kinerja dan stabilitas struktural bangunan Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan profesional konstruksi yang berpengalaman untuk memilih ukuran yang paling sesuai dengan proyek yang akan dijalankan.

Berapa Harga Atap Fiber?

Harga atap fiber bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti ukuran, merk, dan tipe. Berdasarkan sumber yang ditemukan, harga atap fiber mulai dari sekitar Rp53.000 hingga ratusan ribu rupiah perlembar, tergantung pada spesifikasinya.

Anda dapat menemukan harga berdasarkan jenis-jenis atap fiber pada artikel berikut ini "4 Jenis-Jenis Atap Fiber beserta Harganya".

Kesimpulan

Melalui berbagai pilihan ukuran yang tersedia, atap fiber dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan memberikan solusi yang dapat diandalkan untuk berbagai jenis bangunan. Atap fiber merupakan pilihan yang cerdas untuk melindungi rumah Anda dengan daya tahan yang luar biasa. 

Namun perlu diingat bahwa untuk memastikan atap fiber berfungsi dengan optimal, Anda membutuhkan bahan dan alat material terbaik. Klopmart bisa dijadikan tempat tepercaya untuk berbagai kebutuhan konstruksi dan perbaikan rumah Anda. 

Di sini Anda dapat menemukan beragam produk berkualitas, termasuk dempul fiber sanpolac yang dapat mendukung proyek perbaikan rumah. Jadi kunjungi Klopmart sekarang untuk menjadikan rumah Anda lebih baik dan lebih tahan lama dengan produk-produk berkualitas. 

Sumber rujukan: 

  • https://www.impack-pratama.com/mengenal-atap-fiber/#:~:text=Jenis%20atap%20fiber%20yang%20ada,opaque%20dengan%20berbagai%20pilihan%20warna.
  • https://interiordesign.id/mengenal-atap-fiber/
  • https://www.archify.com/id/archifynow/mengenal-atap-fiber-atap-modern-yang-semakin-popular#:~:text=Ukuran%20atap%20fiber%20gelombang%20bervariasi,sekitar%2013%20x%2042%20centimeter.
  • https://artikel.rumah123.com/mengenal-atap-fiber-mulai-dari-jenis-ukuran-dan-keunggulannya-106970

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya