Atap & Lantai

Atap Bitumen: Pengertian, Jenis, Kekurangan dan Kelebihannya

Media
04 Jul 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Anda mungkin sering mendengar istilah "atap bitumen" ketika membahas tentang rumah atau gedung. Namun apa sebenarnya atap bitumen dan mengapa atap ini begitu populer? Supaya paham, kali ini Anda akan diajak memahami secara mendalam mengenai apa itu atap bitumen, berbagai jenisnya, kelebihan, dan juga beberapa kekurangannya. 

Melalui penjelasan lengkap yang akan dijelaskan berikut, Anda diharapkan dapat memilih bahan atap berkualitas untuk rumah dan gedung. Tanpa berpanjang lebar lagi mari simak penjelasan lengkapnya sekarang juga! 

Apa Itu Atap Bitumen?


Atap bitumen adalah jenis atap yang terbuat dari material bitumen, yaitu sebuah bahan lem kuat dan tahan air. Material bitumen ini kemudian diperkuat dengan serat kaca atau serat lainnya untuk meningkatkan daya tahannya. 

Atap bitumen banyak digunakan sebagai penutup atap karena beberapa alasan yang menarik. Salah satu alasan utama mengapa atap bitumen banyak digunakan adalah karena daya tahannya terhadap cuaca ekstrem. 

Atap bitumen mampu melindungi rumah atau gedung dari hujan, sinar ultraviolet, angin kencang, hingga cuaca yang paling ekstrem sekalipun. Ketahanan ini sangat penting untuk memastikan bangunan Anda terlindungi dari kerusakan akibat cuaca.

Selain itu atap bitumen juga memiliki umur pakai yang cukup panjang. Melalui perawatan yang tepat, atap bitumen bisa bertahan hingga 20 tahun atau lebih. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis dalam jangka panjang karena Anda tidak perlu mengganti atap terlalu sering.

Baca juga: 5 Macam Bentuk Atap Rumah yang Menarik & Lengkap

Kelebihan Atap Bitumen


Sebelumnya sudah disebutkan beberapa kelebihan atap bitumen yang membuatnya menjadi atap populer. Kemampuannya yang mampu bertahan menghadapi cuaca ekstrem merupakan salah satu pertimbangan yang patut dipertimbangkan. 

Namun kelebihannya tidak hanya itu saja, Anda perlu tahu keuntungan lain yang membuat penggunaan atap ini dipilih oleh banyak orang, yakni sebagai berikut. 

1. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Salah satu kelebihan utama atap bitumen berada pada aspek ketahanannya terhadap cuaca ekstrem. Atap bitumen dapat melindungi rumah atau gedung dari hujan deras, salju, sinar ultraviolet, angin kencang, serta perubahan suhu yang drastis. Anda jadi tidak perlu khawatir karena atap ini mampu memberikan perlindungan optimal yang dibutuhkan. 

2. Daya Tahan yang Tinggi

Atap bitumen juga memiliki daya tahan yang sangat baik. Apabila perawatan yang dilakukan tepat maka atap ini mampu bertahan selama beberapa dekade. Material bitumen yang digunakan memiliki sifat yang kuat dan tahan terhadap kerusakan sehingga menjadikannya pilihan ekonomis dalam jangka panjang. Anda tidak perlu mengganti atap terlalu sering sehingga menghemat biaya perawatan dan penggantian atap.

3. Tahan Terhadap Bocor

Keunggulan lainnya yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan atap bitumen ialah ketahanannya terhadap kebocoran. Atap ini secara khusus dapat membentuk lapisan yang rapat dan tahan air sehingga mencegah air hujan masuk ke dalam bangunan. Tentunya hal ini penting dipertimbangkan untuk menjaga rumah tetap kering serta mencegah kerusakan pada struktur bangunan serta barang-barang di dalamnya.

4. Daya Isolasi yang Baik

Atap bitumen juga memiliki sifat isolasi yang baik, maksudnya atap ini dapat membantu menjaga suhu di dalam bangunan tetap nyaman. Atap bitumen dapat membantu menahan panas di musim panas dan menjaga kehangatan di musim dingin. Hal ini akan membuat kebutuhan dalam penggunaan pendingin udara dan pemanas berkurang sehingga penggunaan energi dan biaya operasional dapat dimaksimalkan.

5. Tahan Terhadap Alga dan Jamur

Atap bitumen juga tahan terhadap masalah lainnya, seperti pertumbuhan alga dan jamur yang sering menjadi masalah pada atap dengan material lain. Pertumbuhan alga dan jamur bukan hanya dapat merusak penampilan atap, tetapi juga mampu mengurangi umur pakainya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur dari Perabot Kayu

6. Tersedia dalam Berbagai Bentuk dan Warna

Atap bitumen tersedia dalam berbagai bentuk dan warna yang bisa Anda pilih sesuai gaya rumah atau keinginan pribadi. Anda dapat memilih atap bitumen bergelombang, berbentuk ubin, atau bahkan menyerupai kayu. Melalui banyaknya pilihan desain maka Anda dapat menciptakan tampilan eksterior yang menarik dan sesuai dengan selera.

7. Harga Terjangkau

Anda tidak akan percaya kalau bahan bitumen ini dijual dengan harga yang terjangkau. Benar! Anda tidak salah baca karena harga atap bitumen memang dijual dengan harga yang terjangkau. Harganya yang lebih terjangkau membuat Anda bisa menghemat pengeluaran untuk rumah atau gedung lainnya. 

Kekurangan Atap Bitumen


Seperti halnya dengan material bangunan lain, atap bitumen juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan akan menggunakannya. Berikut beberapa kekurangan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan.

1. Rentan terhadap Bahan Kimia

Atap bitumen yang terkena bahan kimia dalam waktu panjang pada akhirnya akan mengalami kerusakan yang parah. Contoh bahan kimia yang dimaksudkan ialah hujan asam atau zat alkali. Jadi pastikan kamu mewaspadai berbagai kejadian di luar ruangan dan selalu memeriksa keadaan atap bitumen yang digunakan. 

2. Rentan terhadap Goresan

Atap bitumen juga rentan terhadap goresan, terutama jika terkena benda tajam atau sering digunakan sebagai area lalu lintas. Goresan pada atap dapat menghancurkan lapisan pelindung dan menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada atap. Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati saat melakukan pemasangan, perawatan, atau menjalankan aktivitas lain di atas atap bitumen.

3. Memerlukan Pemeliharaan Rutin

Meskipun atap bitumen memiliki daya tahan yang baik, bukan berarti Anda bisa membiarkannya begitu saja. Apabila Anda ingin pemakaian atap dalam waktu panjang maka lakukanlah pemeliharaan rutin yang diperlukan agar keadaannya tetap dalam kondisi optimal. 

Anda perlu membersihkan atap secara teratur untuk menghilangkan kotoran, dedaunan, atau ganggang yang dapat merusak permukaannya. Selain itu Anda juga perlu melakukan pemeriksaan berkala untuk melihat apakah ada kerusakan kecil yang perlu diperbaiki sebelum masalah serius terjadi. 

4. Harus Dipasang oleh Orang Berpengalaman

Pemasangan atap bitumen, khususnya tipe lembaran, perlu dilakukan dengan hati-hati supaya rumah Anda mendapatkan fungsi perlindungan yang optimal. 

Apabila Anda tidak punya pengetahuan atau pengalaman, lebih baik menyerahkan seluruh pemasangannya kepada orang ahli sehingga tidak ada kesalahan yang terjadi pada kemudian hari. Anda pun jadi tidak perlu berurusan dengan masalah lainnya seperti kebocoran. 

5. Keterbatasan Desain

Meskipun atap bitumen tersedia dalam berbagai bentuk dan warna, namun perlu dipahami bahwa ada keterbatasan dalam hal desain. Atap bitumen umumnya memiliki tampilan yang lebih sederhana dan kurang fleksibel dibandingkan dengan beberapa jenis atap lainnya. Jika Anda mencari tampilan atap yang lebih unik atau khusus, atap bitumen mungkin bukan bahan yang dicari. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Desain Lorong Samping Rumah untuk Anda

Jenis-Jenis Atap Bitumen


Ada beberapa jenis atap bitumen yang tersedia di pasaran. Setiap jenisnya pasti memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Coba pelajari seluruh karakteristiknya masing-masing berikut ini. 

1. Atap Bitumen Bergelombang

Atap bitumen bergelombang merupakan jenis atap bitumen yang memiliki bentuk bergelombang seperti genting. Atap ini umumnya digunakan untuk bangunan dengan desain tradisional atau klasik. 

Keuntungan utama dari atap bitumen bergelombang berada pada kekuatannya yang tinggi dan daya tahannya terhadap cuaca ekstrem. Selain itu bentuk bergelombangnya juga memberikan efek estetika yang menarik. Bagaimana? Apakah Anda ingin mencoba menggunakannya?

2. Atap Bitumen Lembaran

Atap bitumen lembaran termasuk jenis atap bitumen yang tersedia dalam bentuk lembaran besar. Atap ini sering digunakan untuk bangunan komersial atau industri. Kelebihan dari atap bitumen lembaran ialah pemasangannya yang cepat dan mudah. 

Selain itu atap bitumen lembaran juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan perlindungan yang optimal terhadap kebocoran air. Namun ingat Anda harus berhati-hati agar atap ini tidak tergores atau rusak. 

3. Atap Bitumen Ubin

Atap bitumen ubin adalah jenis atap yang dirancang menyerupai ubin atau batu bata. Atap ini memberikan tampilan yang mirip dengan atap keramik atau batu asli, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. 

Soal ketahanannya, atap bitumen ubin jelas memiliki keunggulan yang sama kuatnya dengan jenis-jenis yang lain. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan jenis atap bitumen satu ini. 

4. Atap Bitumen Shingle

Atap bitumen shingle merupakan jenis atap bitumen yang memiliki bentuk seperti potongan kecil atau papan. Atap ini sering digunakan untuk bangunan dengan desain modern atau kontemporer. 

Keuntungan utama dari atap bitumen shingle berada pada tampilannya yang sangat estetis dengan variasi warna beragam. Selain itu atap bitumen shingle juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca, perlindungan dari kebocoran air, sekaligus isolasi termal yang memadai.

Baca juga: Jenis Atap yang Tidak Panas Untuk Rumah Anda

5. Atap Bitumen Roll

Atap bitumen roll adalah jenis atap bitumen yang tersedia dalam bentuk gulungan panjang. Atap ini sering digunakan untuk bangunan dengan luas atap yang besar, seperti pabrik atau gudang. Kelebihan dari atap bitumen roll adalah pemasangannya yang cepat dan efisien. Selain itu, atap bitumen roll juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca ekstrem dan kebocoran air.

6. Atap Bitumen Polymer

Atap bitumen polymer adalah jenis atap bitumen yang menggunakan bahan polymer sebagai bahan tambahannya. Atap ini memiliki kekuatan, elastisitas, dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan atap bitumen konvensional.

Dalam memilih atap untuk rumah atau gedung, atap bitumen tentu bisa dijadikan salah satu pilihan tepat karena berbagai kelebihannya yang dapat Anda rasakan. Melalui ketahanan tinggi, kemampuan melindungi dari cuaca ekstrem, pilihan desain yang beragam, dan harga yang terjangkau, atap bitumen dapat menjadi solusi yang baik bagi kebutuhan konstruksi Anda. 

Jangan pusing mencari berbagai kebutuhan konstruksi Anda, langsung saja kunjungi Klopmart. Semua kebutuhan konstruksi Anda pasti terpenuhi dalam hitungan menit dan beberapa sentuhan jari saja. Sebagai platform online tepercaya, Klopmart menjual kebutuhan untuk Atap, dinding dan lantai dengan berbagai merek serta variasi. 

Harga bahan dan alat konstruksi yang dijual pastinya bersaing sehingga Anda tidak perlu repot membandingkannya dengan tempat lain. Tinggal pesan bahan konstruksi yang dibutuhkan dan Anda akan menerimanya di rumah! Tunggu apa lagi? Kunjungi Klopmart sekarang juga! 

Semoga informasi mengenai apa itu atap bitumen dengan semua kelebihan dan kekurangannya dapat membantu Anda memutuskan pemilihan atap terbaik untuk rumah maupun gedung lainnya! 

Sumber rujukan: 

  • https://www.brighton.co.id/about/articles-all/atap-bitumen-pengertian-jenis-harga-kelebihan-dan-kekurangannya

  • https://www.gramedia.com/best-seller/atap-bitumen/

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya