15 Model Atap Teras Rumah Minimalis yang Elegan

Penting sekali mencari referensi model atap teras rumah minimalis sebelum membangun area teras depan atau belakang. Setiap detail dalam rumah harus diperhatikan secara saksama, tak terkecuali bagian atap teras rumah. Bagian tersebut akan terlihat lebih menarik saat dilihat kalau Anda pintar memilih model atap teras yang tepat.

Teras rumah bukan lagi sekadar pajangan, tetapi merupakan tempat yang fungsional pula. Anda bisa bersantai, menjemur pakaian, memarkir mobil, berkebun, dan melakukan banyak hal lainnya di area ini. Memasang atap pada teras justru berguna untuk melindungi bagian ini agar tidak terkena panas matahari dan rintikan hujan yang cukup mengganggu.

Terlepas dari fungsinya, Anda pasti ingin membangun teras dengan tampilan atap yang elegan. Bagaimana jika belum menemukan desain atap teras yang cocok untuk dipasang? Lihat saja beberapa rekomendasi model atap teras bergaya minimalis ala Klopmart di artikel ini.

Baca juga: 5 Macam Bentuk Atap Rumah yang Menarik & Lengkap

Model Atap Teras Rumah Minimalis Pilihan Anda

Rumah bergaya minimalis pun membutuhkan atap yang cantik dan estetik di area teras. Atap teras bergaya minimalis justru tidak terlihat monoton, namun mampu membuat rumah Anda lebih modern dengan penggunaan materialnya. Konsep sederhana yang diusung oleh atap rumah minimalis pun menambah kesan elegan pada rumah Anda.

Anda pasti ingin mengesankan tetangga atau tamu yang berkunjung ke rumah, bukan? Itulah pentingnya mempercantik area teras depan dengan menambahkan atap. Tampilan atap teras yang cantik tidak hanya membuat mereka tertarik. Tamu yang berkunjung pun merasa nyaman saat berkunjung ke rumah Anda karena merasa sejuk dan terlindungi dari hawa panas matahari yang mengganggu.

Terdapat banyak ide model atap teras rumah minimalis yang bisa Anda terapkan pada hunian, mulai dari atap rumah bergaya klasik hingga modern. Ada pula ide yang bisa dikombinasikan satu sama lain sehingga menghasilkan model atap teras yang unik. Apa saja idenya? Mari kita ulas satu per satu dalam daftar di bawah ini.

1. Teras Atap Datar

Pertama, Anda bisa menerapkan atap datar yang banyak ditemukan pada rumah minimalis. Walaupun terlihat sederhana, bentuk atap teras yang datar membuat area depan rumah terlihat lebih modern ketika dilihat. Ukuran atap terasnya tidak perlu dibangun terlalu besar. Cukup buat atap dengan panjang 1 meter dan lebar 1,5 meter dan area teras sudah bisa menjadi tempat berteduh yang nyaman di depan rumah.

2. Teras Atap Limas

Inspirasi kedua, Anda dapat membangun atap teras berbentuk limas sehingga terlihat menyatu dengan atap rumah secara keseluruhan. Area atapnya pun dapat dilapisi dengan genting yang senada. Tambahkan pilar batu alam di area depannya supaya teras depan rumah Anda terlihat lebih elegan.

3. Teras Atap Modern

 

Kesan minimalis modern juga bisa dihadirkan pada eksterior rumah. Caranya sederhana, Anda cukup membuat atap teras persegi yang menyatu dengan pilar di salah satu sisinya. Gunakan warna yang lebih mencolok daripada bagian dinding terasnya untuk menonjolkan bagian teras atap modern di rumah Anda.

Baca juga: 8 Material Atap Yang Tidak Panas | Klopmart

4. Teras Atap Klasik

Masih ingat suasana rumah zaman dahulu dengan gazebo dari atap kayu? Anda masih bisa mengaplikasikan desain tersebut pada hunian minimalis. Atap kayu pun bisa diterapkan di area teras belakang yang lebih besar untuk menambahkan kesan natural. Tambahkan pula asbes atau seng untuk menambah kesan klasik pada teras Anda.

5. Teras Atap Miring

 

Model ini banyak diterapkan pada rumah tipe 36 sehingga tampilannya tidak monoton meskipun bangunannya tampak kecil. Atap teras miring bisa dibuat menyatu dengan atap rumah secara keseluruhan saat membangun rumah. Tips ini tentu akan menghemat pengeluaran karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membangun atap teras. Anda pun masih bisa berteduh di area depan tanpa harus takut terkena panas matahari dengan model atap ini.

6. Teras Atap Kombinasi

Anda pun dapat mengombinasikan dua model atap teras untuk menghadirkan kesan minimalis yang unik. Contohnya, model atap datar di bagian bawah dikombinasikan dengan model limas di rangka atap bagian atasnya. Pilihan ini bisa pula diterapkan pada rumah dua lantai, seperti teras bawah memiliki atap datar dan area teras atas memiliki atap miring. Kombinasi dua model atap teras akan membuat rumah Anda terlihat lebih menarik.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Bocor pada Sambungan Atap dengan Aman

7. Teras Atap Mewah

Atap teras justru akan terlihat lebih mewah dengan tambahan dua pilar batu alam di sisinya. Bagian atapnya bisa dibuat bercorak persegi sehingga kesan minimalisnya tetap terjaga. Sesuaikan pula tampilan atap teras yang ingin dibangun dengan area eksterior depan rumah Anda supaya terlihat serasi.

8. Teras Atap Baja Ringan

Atap teras ini lebih mudah dibuat daripada beberapa model sebelumnya karena hanya memerlukan baja ringan. Baja ringan dibentuk sebagai rangka atap, kemudian bagian atasnya ditutup dengan kaca. Model atap teras rumah ini biasanya digunakan untuk carport atau tempat menjemur pakaian. Cobalah mengaplikasikan warna hitam pada baja ringannya untuk menghadirkan kesan industrialis yang kekinian.

9. Teras Atap Kanopi

Kanopi justru menjadi alternatif atap teras yang lebih murah karena tidak memerlukan bahan bangunan yang lebih banyak. Anda cukup memanfaatkan baja ringan dan bahan penutup atap seperti poin nomor delapan untuk membangun model atap teras ini. Baja ringannya pun bisa dicat dengan warna putih jika Anda menyukai tampilan rumah bergaya Skandinavia.

Kebanyakan rumah minimalis banyak memakai kanopi agar penggunaan terasnya menjadi lebih maksimal, salah satunya sebagai garasi.

10. Teras Atap Cor

Inspirasi atap teras ini akan membuat area depan rumah Anda terlihat lebih mewah. Material cor dibuat untuk menutupi atap depan, kemudian ditambah sepasang pilar bundar yang mampu menambah kesan elegan. 

Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan tangga kecil dari batu-batuan di area depannya untuk menghadirkan kesan klasik. Atap cor ini juga ideal untuk menutupi teras belakang sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

Baca juga: Struktur Atap Dak Beton: Kriteria, Kelebihan & Tips Membuat

11. Teras Atap Lantai Dua

Area kosong lantai dua dapat dimaksimalkan sebagai rooftop sekaligus atap teras di lantai bawahnya. Namun, Anda tidak harus membangun atap yang menutupi seluruh bagian terasnya. Cobalah membuat atap berbentuk garis di salah satu sisi balkon supaya ada sinar matahari yang menembus bagian teras di bawahnya. 

Namun, atap garis tersebut tidak perlu ditutupi dengan kaca supaya ada udara segar yang masuk. Anda pun dapat membangun ruang kecil di rooftop sebagai tempat penyimpanan barang atau ruang santai.

12. Teras Atap Pelana

Rumah minimalis juga lebih menarik dengan tambahan atap pelana di area terasnya. Atap pelana dibangun berbentuk datar dan menutupi sebagian area teras depan sehingga cocok menjadi tempat berteduh. 

Untuk menambah keindahannya, Anda bisa membangun pilar mini dari baja ringan dan dihias dengan tanaman kecil. Tambahkan pula tangga kecil di salah satu sisi teras rumah sehingga menghasilkan nuansa yang khas dengan pedesaan.

13. Teras Atap Balkon

Ingin membangun rumah dua lantai dengan tambahan balkon? Manfaatkan saja balkon tersebut sebagai atap teras depan rumah yang menarik. Anda hanya perlu mendesain balkonnya semenarik mungkin supaya tampilan teras depannya lebih cantik. 

Bagian pilar di samping balkonnya dapat dipasangi kombinasi batu alam dan cat supaya lebih menarik. Selain menggunakan cor dan batu alam, Anda pun bisa membangun kerangka balkon dari baja ringan agar terlihat lebih menarik.

14. Teras Atap Berpilar

Masih tertarik dengan desain atap teras yang terlihat mewah? Anda bisa menambahkan pilar berukir yang menyangga atapnya supaya terlihat lebih klasik. Atapnya dibangun berbentuk limas dan bagian bawahnya dilapisi menggunakan HPL dan varnish sehingga terlihat lebih mengilap. Model atap teras rumah minimalis ini cocok diterapkan untuk membangun tempat bertamu di area luar rumah.

15. Teras Atap Kaca

Terakhir, Anda bisa membangun atap teras dari kaca yang dapat membuat area depan terlihat lebih menarik. Ketika di malam hari, Anda pun masih bisa memandangi langit dari atap kaca. Bagian rangka atapnya pun bisa dibuat dengan mudah dari material baja ringan. Hanya saja, Anda perlu memilih material kaca yang aman dan tidak mudah pecah sehingga tampilannya tetap terjaga.

 

Sudah memilih model atap teras idaman untuk dibangun di rumah Anda? Langkah berikutnya adalah mempersiapkan material bangunan yang tepat untuk membangun area teras. Tidak perlu repot lagi membeli dan mengangkut material dari toko bangunan karena kini Anda bisa mendapatkan semua bahan bangunan tersebut secara online dengan mudah di Klopmart.

 

Klopmart jual kebutuhan untuk atap, dinding, dan lantai yang berkualitas untuk membangun teras rumah, seperti cat tembok Dulux Weathershield atau Dulux Catylac Exterior. Pilihan cat ini sangat berguna untuk melapisi dinding teras rumah sehingga tahan terhadap perubahan cuaca dan jamur. Dinding Anda tidak hanya terlihat lebih cantik karena warna catnya, tetapi lebih bersih dan terawat pula berkat cat tembok ini. 

 

Tertarik untuk mendapatkan produknya? Hubungi kami segera untuk mendapatkan seluruh keperluan pembangunan teras rumah Anda. Rasakan kemudahan berbelanja bahan bangunan di Klopmart, mulai dari gratis ongkir hingga harga grosir untuk pembelian produk dalam jumlah tertentu. Proyek pembangunan model atap teras rumah minimalis pun berjalan lancar dengan bahan bangunan berkualitas yang hanya didapatkan secara online dari Klopmart!

 

Sumber:

https://www.desain.id/atap/Desain-Atap-Teras 

https://artikel.rumah123.com/8-inspirasi-atap-teras-rumah-minimalis-pada-2022-hunian-jadi-lebih-cantik-dan-sejuk-130133


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Okt 2022

Related Article