5 Momen Cuci Tangan Paling Tepat untuk Kebersihan yang Optimal

Ada momen cuci tangan yang paling tepat di dalam Anda menjalani aktivitas sehari-hari. Apakah Anda mengetahui informasi ini? Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, sudah pasti Anda lebih sering mencuci tangan. Ditambah lagi dengan hand sanitizer. Namun ada momen cuci tangan beserta caranya agar Anda bisa memenuhi standar kebersihan yang tepat. Berikut penjelasan lengkapnya.

Prinsip-Prinsip Mencuci Tangan

Pada dasarnya, proses mencuci tangan harus dilakukan dengan air mengalir dan sabun. Durasinya sekitar 40 hingga 60 detik. Kemudian setelah selesai mencuci tangan, baru menggunakan hand sanitizer. Proses pemakaian pun berlangsung sekitar 20 hingga 30 detik. 

Namun sayangnya tidak semua orang mau melakukan cuci tangan sesuai ketentuan yang dianjurkan. Kebanyakan hanya cuci tangan dalam durasi 5-10 detik saja. Kemudian belum tentu menggunakan sabun dan hand sanitizer setelahnya. 

Oleh karena itu, Anda harus mengingat bagaimana cuci tangan menjadi bagian penting di dalam kehidupan kita sehari-hari. Khususnya di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Berikut ini beberapa prinsip-prinsip dalam mencuci tangan yang telah dibuat oleh Kemenkes yang perlu Anda ketahui:

  1. Mencuci tangan dengan air saja tidaklah cukup untuk mematikan kuman penyebab penyakit.
  2. Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir adalah cara yang paling hemat biaya untuk melindungi kita dari penyakit menular, termasuk COVID-19.
  3. Mencuci tangan pakai sabun selama minimal 40-60 detik dan dengan mengikuti semua langkah yang dianjurkan terbukti efektif mematikan kuman penyakit.
  4. Mencuci tangan pakai sabun dapat efektif bila tersedia sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), dilakukan pada waktu-waktu penting, dan dilakukan dengan cara yang benar.

Kemudian, bagaimana dengan momen cuci tangan? Kapan Anda harus mencuci tangan? Simak pembahasannya di bawah ini.


Apa itu Momen Cuci Tangan?

Apa itu Momen Cuci Tangan atau Hand Hygiene

Momen cuci tangan adalah sebuah metode yang dirancang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk meminimalkan risiko penularan mikroorganisme antara petugas kesehatan, pasien, dan lingkungan.

Momen cuci tangan paling terasa adalah di dalam rumah sakit. Terdapat 5 momen cuci tangan menurut WHO (World Health Organization), yakni:

Baca juga: 8 Cara Memasang Kran Air dengan Mudah

1. Sebelum Melakukan kontak dengan Pasien

Kebersihan tangan harus dijaga saat memasuki ruangan pasien atau sebelum menyentuh pasin. Hal ini dilakukan untuk melindungi pasien agar tidak tertular kuman berbahaya dari tangan petugas kesehatan.

2. Sebelum Melakukan Tindakan Aseptik 

Hal ini dilakukan untuk untuk melindungi pasien dari patogen potensial (bakteri) agar tidak memasuki tubuh pasien selama prosedur dilakukan.

3. Setelah Terkena Cairan Tubuh Pasien

Cuci tangan harus segera dilakukan setelah melakukan prosedur atau risiko terpapar cairan tubuh pasien karena tangan dapat terkontaminasi dengan cairan tubuh.

Bahkan jika Anda telah mengenakan sarung tangan, Anda tetap harus melakukan mencuci tangan setelah melepasnya karena tangan Anda bisa saja telah terkontaminasi pada saat proses melepas sarung tangan.

Baca juga: Alat Pelindung Diri: Sarung Tangan

4. Setelah Melakukan Kontak dengan Pasien

Cucilah tangan sebelum Anda meninggalkan area pasien. Mengapa? Untuk melindungi diri Anda dan area rumah sakit agar tidak terkontaminasi dengan patogen potensial.

5. Setelah Melakukan Kontak dengan Lingkungan Sekitar Pasien

Momen cuci tangan yang terakhir yaitu setelah kontak dengan lingkungan sekitar pasien. Meskipun tidak menyentuh pasien, Anda juga wajib mencuci tangan apabila menyentuh area di sekitar pasien.

Kapan Harus Cuci Tangan?

Kapan Harus Cuci Tangan

Pertanyaan di atas memang sering ditanyakan karena ada saja aktivitas yang sebenarnya kotor, namun malah tidak mencuci tangan. Ada beberapa momen cuci tangan lainnya yang seharusnya Anda ingat, yakni:

  • Sebelum makan 
  • Selama dan setelah menyiapkan makanan 
  • Sebelum dan setelah merawat orang sakit 
  • Sebelum dan sesudah merawat luka 
  • Setelah menggunakan toilet 
  • Setelah mengganti popok dan membersihkan buah hati
  • Setelah bersin dan batuk 
  • Setelah menyentuh sampah 
  • Setelah membersihkan kotoran hewan

Baca juga: Harga Wastafel untuk Cuci Tangan

Kalau melihat setiap momen untuk melakukan cuci tangan di atas, memang semuanya dilakukan ketika di rumah. Memang saat ini lebih banyak orang yang beraktivitas di rumah daripada bepergian. Sayangnya ketika sering beraktivitas di rumah malah jarang mencuci tangan karena menganggap segalanya sudah bersih. 

Tanpa disadari, ada banyak bahaya jika Anda tidak mencuci tangan. Kuman-kuman berbahaya yang menempel di tangan tanpa ada sadari bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Kemudian apa yang terjadi? Hanya tinggal menunggu waktu saja hingga penyakit menyerah tubuh Anda. Salah satu penyakit yang sering muncul disebabkan oleh kuman adalah diare. Oleh karena itu, sebaiknya segera menyadari bagaimana kebersihan sangat penting dalam kehidupan Anda.


Miliki Wastafel di Rumah

Wastafel dari Klopmart

Proses mencuci tangan yang paling nyaman dilakukan tentu saja menggunakan air mengalir, pada umumnya orang-orang melakukan cuci tangan dengan keran air yang mengalir dan wastafel. Wastafel sendiri bukan lagi menjadi salah satu benda yang asing di rumah. Semakin hari semakin banyak rumah yang memiliki wastafel untuk mencuci tangan. Apalagi ditambah dengan semakin banyak pula produk wastafel yang bisa Anda pilih.

Ya, Anda bisa dengan mudah memilih wastafel dari berbagai merek, spesifikasi, hingga ukuran karena sudah banyak produk ini yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah Toto dengan produk wastafel L38V1. 

Harga yang diberikan oleh Toto untuk produk ini sangatlah terjangkau. Apalagi Toto sudah memiliki popularitas tinggi sebagai salah satu penyedia produk kamar mandi, termasuk wastafel. Untuk membeli produk ini, Anda bisa segera mendapatkannya di Klopmart.

Klopmart adalah online marketplace untuk material konstruksi bangunan. Dari produk material proses awal pembangunan hingga finishing, semuanya tersedia di Klopmart. Tertarik untuk melihat produk wastafel pilihan? Dengan informasi momen cuci tangan paling tepat, cek harga wastafel Toto sekarang juga. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya