Mematikan Lampu di Siang Hari dan Tips Menghemat Listrik di Rumah

Yaaah…mati lampuu!! Kalimat yang sering kita dengar saat listirk tiba-tiba padam. Saat ini terjadi, seluruh aktivitas terhenti karena hampir semua peralatan yang kita gunakan sehari-hari menggunakan listrik.

Perubahan dan perkembangan teknologi yang begitu cepat di zaman modern ini memacu juga perkembangan peralatan listrik dan elektronik yang dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan kita. Semua peralatan tersebut harus menggunakan listrik.

Coba perhatikan berapa banyak peralatan listrik dan elektronik yang kita miliki di rumah saat ini. Mau tidak mau, kita bergantung pada sumber daya listrik agar dapat digunakan dan berfungsi secara optimal. Jumlah, jenis, dan cara menggunakan peralatan tersebut menentukan besarnya biaya listrik yang kita bayarakan setiap bulan.

Tanpa kita sadari, kita memiliki kebiasaan yang kurang baik dalam mengkonsumsi listrik saat kita menggunakan peralatan listrik dan elektronik di rumah. Pentingnya kita membangun pola hemat listrik untuk mengurangi bengkaknya tagihan lisrik.
 

Tips Menghemat Penggunaan Listrik

Berikut ini tips membangun pola penghematan listrik dalam kehidupan sehari-hari.
 

1. Cabut Kabel dari Saklar

Jangan biarkan kabel atau peralatan pada saklar dalam keadaan sedang tidak dipakai karena dalam kondisi ini listrik akan tetap mengalir dalam kabel dan terbuang begitu saja. Selain itu cabutlah kabel listrik dari saklar untuk menghindari terjadinya korsleting.
 

2. Penggunaan Lampu

Mematikan lampu mungkin terdengar seperti hal yang kecil. Namun, jika Anda dapat disiplin dalam urusan mematikan lampu saat tidak sedang digunakan, misalnya mematikan lampu di siang hari, maka Anda akan meliaht efek hemat energi dari pencahayaan yang sangat besar dalam biaya listrik Anda tiap bulannya.

Selain mematikan lampu saat tidak digunakan, Anda juga dapat hemat energi dengan menggunakan jenis lampu LED atau lampu hemat energi lainnya. Dengan begitu, Anda tetap dapat menghemat penggunaan listrik Anda walaupun tetap sering menggunakan lampu di dalam rumah.
 

3. Penggunaan AC

Sama seperti lampu, Anda juga dapat menghemat energi di rumah Anda dengan mematikan AC saat tidak digunakan lagi. Saat digunakan, pastikan Anda menutup ruangan di mana AC tersebut berada agar penggunaan AC dapat lebih maksimal.

Langkah lebih baiknya adalah dengan memanfaatkan udara alami dengan membuat alur ventilasi udara yang baik. Dengan begitu, Anda mungkin bisa terlepas dari penggunaan AC sepenuhnya dan dapat menghemat listrik dengan lebih baik.
 

4. Perhatikan Penggunaan Alat Elektronik

Gunakanlah peralatan elektronik sesuai kebutuhan, sesuai kapasitas dan berdaya listrik rendah.

Misalnya, lemari es. Aturlah suhu ideal lemari es di 2-4 derajat Celcius.  Jangan masukkan makanan atau minuman panas ke lemari es karena dapat memperberat kerja pendinginnya. Saat berpergian dalam waktu yang lama, sebaiknya lemari es dimatikan saja.

Lalu, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Gunakan pengering pakaian pada saat musim hujan (manfaatkan cahaya matahari untuk mengeringkan pakaian).

Alat elektronik berikutnya adalah rice Cooker / Magic Jar. Jangan menghidupkan alat panas nasi terus menerus. Saat nasi matang, secara otomatis rice cooker akan beralih ke mode penghangat. Hal ini membuat alat tersebut terus mengkonsumsi listrik.

Terakhir, seterika. Walaupun berukuran kecil, alat elektronik ini memiliki daya listrik yang besar. Pilihlah setrika yang memiliki pengatur panas otomatis yang dengan sendirinya akan mati jika suhu panas sudah cukup tinggi. Sesuaikan juga suhu panas yang akan digunakan dengan bahan pakaian yang akan di setrika.
 

5. Matikan Alat Elektronik di Malam Hari

Minimalkan penggunaan alat elektronik pada malam hari. Sebelum tidur, biasakan untuk memeriksa dan matikan alat elektronik terutama jika tidak dibutuhkan.

Misalnya, Anda bisa tidak membiarkan TV dan lampu tetap menyala saat tidur. Selain itu Anda bisa mematikan gadget yang sedang dalam proses pengisian daya ketika tidur. Hal ini bukan hanya untuk mencegah pemborosan listrik, tapi juga kerusakan pada  perangkat gadget danresiko korsleting.

Itulah tips menghemat listrik yang bisa Anda coba. Walaupun terkesan kecil, hal-hal seperti mematikan lampu di siang hari atau alat elektronik lainnya saat tidak sedang dipakai dapat memberikan manfaat yang besar dalam usaha Anda untuk menghemat energi di rumah. Dengan usaha menghemat energi, Anda akan berusaha untuk hidup dengan lebih disiplin dan menyelamat lingkungan sekaligus. Untuk pendistribusian listrik yang lebih efektif dan menghemat biaya, klopmart juga jual kabel eterna dengan harga distributor.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Mei 2018

Related Article