Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi dan Bersih dengan Efektif

Rumah bersih dan rapi akan membuat kegiatan Anda dan keluarga Anda di rumah semakin menyenangkan. Tetapi, masalahnya satu: membuat rumah bersih dan rapi terkadang merupakan pekerjaan yang tidak menyenangkan.

Jika Anda tidak sering membersihkan rumah, maka prosesnya biasanya akan menjadi acak yang menjadikan kegiatan bersih-bersih menjadi lama dan melelahkan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus tahu cara menata rumah agar terlihat rapi dan bersih.
 

Tips Membuat Rumah Bersih dan Rapi

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda jadikan panduan untuk membuat rumah bersih dan rapi.
 

1. Mulai Dari Hal-Hal Kecil

Membersihkan rumah merupakan sebuah pekerjaan yang besar, terlepas dari ukuran rumah Anda. Seperti hal besar lainnya, proses membersihkan rumah ada baiknya dimulai dari hal-hal kecil: membereskan tumpukan baju, mencuci piring kotor, merapihkan mainan yang berantakan, dan lain-lain.

Membereskan hal-hal kecil ini dapat membuat Anda melihat efek dari rumah bersih dan rapi. Hal ini dapat membuat Anda lebih semangat untuk melakukan tugas lainnya.
 

2. Fokus Pada Ruangan

Rumah bersih dan rapi berasal dari tiap ruangan pada rumah tersebut. Ada baiknya Anda berfokus pada satu ruangan tiap dalam bekerja. Misalnya, Anda fokus terlebih dahulu pada ruang tamu terlebih dahulu sebelum memikirkan cara membersihkan kamar mandi.

Hal ini akan membuat Anda lebih peka pada tiap detil ruangan seperti celah-celah debu yang mungkin tidak akan terlihat jika Anda bekerja sambil memikirkan ruangan yang lain. Pekerjaan Anda juga akan lebih ringan karena Anda memiliki tujuan untuk membereskan ruangan, bukan seluruh rumah. Ketika satu persatu ruangan telah Anda selesaikan, Anda akan memiliki rumah bersih dan rapi.
 

3. Perhatikan Sirkulasi Udara

Rumah bersih dan rapi adalah rumah yang memiliki aliran udara yang baik juga. Dengan aliran udara yang baik, rumah Anda akan lebih terjaga dari suasana lembab dalam rumah. Bukalah jendela atau pintu ketika pagi hari untuk membiarkan cahaya matahari masuk. 

Rumah Anda juga akan mendapat pasokan udara segar yang akan membuat rumah Anda tidak hanya bersih dan rapi tetapi juga sehat. Tentunya, Anda akan bisa lebih bersantai di kamar tidur yang memiliki udara segar ketimbang lembab, kan?

Baca juga: Tips Rumah Hemat Energi dari Memanfaatkan Pencahayaan Alami
 

4. Gunakan Laci atau Ruang Penyimpanan

Rumah bersih dan rapi adalah rumah yang muncul akibat kebiasaan orang-orang di dalamnya. Anda dapat menggunakan laci atau ruang penyimpanan untuk menyimpan barang-barang yang berserakan sebelum dikembalikan ke tempat yang seharusnya. Hal ini akan membuat rumah bersih dan rapi serta membantu Anda dalam sesi membersihkan rumah berikutnya.
‚Äč

5. Miliki Alat Bersih-Bersih

Tips untuk membersihkan rumah yang berikutnya adalah untuk selalu memiliki alat tempur yang siap sedia setiap saat. Dengan ketersediaan alat bersih-bersih setiap saat, Anda dapat lebih leluasa membersihkan rumah Anda kapanpun Anda merasakan rumah Anda telah kotor. Anda dapat membuat jadwal rutin untuk dapat membuat rumah Anda bersih setiap saat.

Pikirkan dan diskusikan dengan pasangan dan anggota keluarga kemudian catat dan lakukan dengan konsisten sehingga konsep pembersihan rumah Anda akan menjadi Standard Operation Procedure (SOP) yang khas bagi keluarga Anda. Perbaiki dan sesuaikan sambil Anda melakukannya.

Memang pada awalnya akan sedikit terasa aneh dan merepotkan, tetapi jika dilakukan secara rutin, hal ini akan menjadi kebiasaan yang nantinya akan dapat dilakukan secara refleks.

Itulah dia cara menata rumah agar terlihat rapi dan bersih yang dapat Anda terapkan. Memiliki rumah bersih dapat membuat aktivitias Anda dan keluarga Anda menjadi lebih menyenangkan. Pastikan untuk membersihkan rumah Anda secara rutin agar pekerjaan tidak menumpuk. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Dapur Kotor di Rumah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
22 Nov 2018

Related Article