Tips & Trik

Cara Jitu Mengusir Rayap di Rumah Anda

Media
13 Sep 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bagaimana cara mengusir rayap yang efektif? Rayap merupakan serangga yang kerap merusak bangunan terutama yang berbahan kayu. Dengan senjata berupa rahang yang kuat, rayap mampu merusak material penyusun bangunan. Rayap bahkan bisa merusak material berbahan kayu hanya dalam waktu singkat. Hal ini tentu berbahaya, terutama jika Anda menjadikan kayu sebagai penyokong struktur bangunan.

Berikut cara mengusir rayap yang efektif agar bangunan rumah Anda tetap aman.

Menjemur perabot kayu

Kayu adalah material yang sangat disukai oleh rayap. Dalam satu hari, rayap tidak akan berhenti menggerogoti kayu, maka tidak mengherankan jika perabot kayu Anda bisa rusak dalam sekejap jika sudah terkena serangan koloni rayap.

Anda bisa melakukan langkah pencegahan dengan rutin menjemur perabot kayu. Rayap hidup di tempat yang lembap dan gelap. Sinar matahari yang terang dan panas adalah hal yang dibenci rayap. Jika matahari cukup terik, rayap bahkan bisa mati. Oleh karena itu, jemurlah perabot Anda secara rutin agar tidak dihinggapi rayap. Jika memang terlanjur, jemur selama 1-3 hari untuk melenyapkan rayap yang ada.

Turunkan temperatur ruangan

Selain cahaya dan panas, rayap juga tidak menyukai temperatur yang terlalu dingin. Temperatur udara yang dingin akan membuat menjadi kering sehingga kelembapan menurun. Minimnya kelembapan ini membuat rayap kesulitan karena pada dasarnya mereka hidup di tempat yang lembap.

Untuk itu, menurunkan temperatur ruangan bisa menjadi cara mengusir rayap yang efektif. Anda bisa memasang pendingin ruangan (air conditioner) di ruangan yang berpotensi terserang rayap. Alternatif lain adalah membuat ventilasi tambahan. Angin akan membantu menurunkan temperatur ruangan sehingga rayap pun lari dari rumah.

Memanfaatkan bahan alami di rumah

Ada beberapa bahan alami yang bisa mengusir rayap. Salah satunya adalah air bilasan saat mencuci beras. Air yang berwarna putih ini ternyata bisa mengusir rayap dengan efektif. Caranya pun mudah, Anda cukup mengoleskan air bilasan beras kepada perabot atau tempat yang terserang rayap. Ulangi beberapa kali hingga rayap pergi.

Anda juga bisa menggunakan daun salam dan daun kemangi. Dedaunan yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini memiliki aroma yang kuat dan tidak disukai rayap. Untuk mengusir rayap dengan dedaunan ini adalah dengan meletakkannya pada area yang diserang rayap. Namun Anda sebaiknya menghindari area lemari pakaian karena bau dari daun salam dan daun kemangi bisa menempel pada baju.

Gunakan bahan kimia

Selain cara di atas, Anda bisa menggunakan bahan kimia untuk membasmi rayap. Bahan kimia memang sangat ampuh untuk membuat rayap lenyap dan tidak datang lagi. Salah satu bahan kimia yang sering digunakan untuk membasmi rayap adalah asam borat.

Cara mengusir rayap dengan asam borat sangat mudah. Anda cukup mengoleskannya pada perabotan atau area yang terserang rayap. Anda juga bisa langsung menyemprotkan asam borat ke area yang menjadi sarang rayap. Langkah ini bisa diulangi beberapa kali hingga rayap mati.

Rayap adalah serangga yang sangat berbahaya bagi perabotan di rumah, terutama yang berbahan kayu. Serangga ini bahkan bisa merusakkan perabotan kayu dalam waktu singkat. Untuk mengusirnya, Anda bisa menerapkan cara mengusir rayap seperti yang telah disebutkan di atas. Jika rayap masih membandel, Anda bisa menggunakan tenaga ahli untuk melenyapkan rayap dari rumah. Semoga bermanfaat!

 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya