Cara Mengebor dan Tahapannya yang Perlu Anda Perhatikan

Di saat pembatasan sosial seperti sekarang dan banyak kantor yang mulai menerapkan kerja dari rumah atau work from home (WFH), tentu kita makin banyak menghabiskan waktu di rumah. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah untuk menghindarkan diri dari kebosanan dan kejenuhan karena terbatasnya ruang lingkup. Salah satu yang sering dilakukan untuk mengusir hal tersebut adalah dengan mengerjakan pekerjaan pertukangan.

Kegiatan pertukangan banyak yang bisa dilakukan di rumah seperti membuat mebel, mengebor dan lain sebagainya. Tentu saja setiap kegiatan tersebut memiliki tekniknya tersendiri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk dalam mengebor, juga memiliki teknik mengebor agar tidak salah dan mendapatkan hasil yang presisi.

Mengebor bukan sekadar membuat lubang di tembok atau kayu saja. Tapi memiliki teknik agar tangan tidak mudah lelah dan mendapatkan hasil maksimal. Mengebor membutuhkan ketelitian dan caranya sendiri dalam melakukannya. Tentu medium yang akan dibor akan memerlukan teknik mengebor yang berbeda satu sama lainnya. Mengebor tembok tentu akan berbeda cara dan teknik mengebornya dibandingkan dengan mengebor kayu dan besi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam saat akan melakukan pengeboran. Mulai dari tahap persiapan, pengeboran dan setelah pengeboran. Semua perlu dicermati untuk menghindari kecelakaan kerja dan mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga: CARA AMAN MENGGUNAKAN MESIN BOR

Tahap persiapan

Gunakan alat pelindung diri seperti masker, kacamata pelindung dan sarung tangan. Ketiga hal ini penting untuk melindungi diri dari serpihan material dan debu. Jangan gunakan pakaian yang kebesaran, karena hal ini bisa menyebabkan pakaian tersangkut di putaran bor. Pilih alat bor dan mata bor yang sesuai dengan material yang akan dibor. Ini sangat penting untuk mendapatkan kerja yang efektif dan efisien serta hasil yang maksimal. Selalu gunakan mata bor yang sesuai dengan karakteristik material.

Lihat kondisi permukaan yang akan dibor. Bila ingin mengebor dinding, pastikan pengeboran dilakukan pada permukaan yang rata. Untuk memastikan tingkat presisinya, tandai titik bor dulu. Sehingga tidak terjadi kesalahan kemudian. Jika Anda memakai alat bor berkabel, pastikan kondisi area mengebor dalam keadaan kering tidak basah. Ini penting agar terhindar dari korsleting dan pekerjaan dapat dilakukan dengan aman.


Tahap pengeboran

Pastikan posisi mata bor harus tegak lurus dengan titik yang akan dibor. Perhatikan cara berdiri ketika mengebor. Teknik mengebor terbaik adalah berdiri dengan kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang. Dengan cara ini diharapkan orang yang mengebor dalam posisi lebih stabil.

Perhatikan juga cara memegang alat bor yang akurat. Jika Anda menggunakan alat yang tidak memiliki pegangan pada bagian muka, maka sebaiknya gunakan kedua tangan saat mengoperasikan alat ini. Posisikan tangan kanan menahan bagian bawah alat bor Anda, di saat bersamaan menekan tombol power pada alat bor. Sementara tangan kiri gunakan untuk menahan bagian atas alat bor sembari memberi dorongan ke arah depan. Dengan begini posisi alat bor akan jauh lebih stabil dan presisi.

Berilah jeda pada setiap pengeboran bila mata bor sudah panas. Mata bor bisa menjadi panas bila pengerjaan yang banyak atau material yang dibor cukup keras. Pemberian jeda dilakukan agar mata bor dingin sebelum pengeboran dilanjutkan. Hal ini dilakukan supaya usia pakai mata bor dapat menjadi lebih panjang dan tidak patah. Bila mata bor patah jangan pernah digunakan kembali.

Jika mata bornya tersangkut pada material, jangan panik dan tetap tenang. Jangan langsung mencabut mesin bor dari lubang. Dinginkan sejenak dan lepaskan mesin bor dari mata bor dengan mengendurkan cakram. Kemudian tinggal Anda cabut pelan-pelan agar sisi-sisi lubang hasil bor tidak mengalami cacat atau kerusakan.


Tahap pasca pengeboran

Sebelum mengganti mata bor dalam proses pengeboran, pastikan kalau alat bor dalam kondisi suhu dingin saat akan dilepaskan. Jangan lupa untuk membersihkan mesin serta mata bor. Lalu gulung kabel bor sebelum akan disimpan di tempat penyimpanan yang kering. Dengan begini Anda sudah melakukan tahap teknik mengebor dengan memperhatikan aspek-aspek keamanan yang menjamin keselamatan selama proses pekerjaan berlangsung.

Dlam menghadapi situasi pembatasan sosial dan tren bekerja dari rumah, banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghindari kebosanan adalah pertukangan, yang dapat dilakukan di rumah. Namun, penting untuk memahami teknik-teknik yang tepat untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan aman dan efektif. Ini melibatkan persiapan sebelum pengeboran, teknik pengeboran yang benar, dan langkah-langkah pasca pengeboran untuk memastikan keselamatan dan hasil yang maksimal. Dengan memperhatikan aspek-aspek ini, seseorang dapat melakukan pekerjaan pertukangan dengan lebih efisien dan tanpa risiko kecelakaan.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya