Tips & Trik

Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas? Ini Sejarah dan Penjelasannya

Media
26 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Lampu lalu lintas menjadi salah satu komponen penting yang harus ada di setiap jalan besar. Lampu ini juga menjadi indikator utama yang wajib dipatuhi pengendara demi mencegah terjadinya risiko kecelakaan. Dengan patuh di jalanan, Anda pun akan terhindar pula dari kemungkinan tilang.

Itulah sebabnya mengapa kita patut berterima kasih kepada penemu lampu lalu lintas karena inovasinya kini digunakan di seluruh dunia, sehingga lalu lintas menjadi lebih rapi dan teratur. Namun, apakah Anda tahu siapa penemu lalu lintas? Apa yang mendasarinya untuk menyadari bahwa pengendara membutuhkan sebuah lampu atau sinyal untuk membantu kelancaran mobilitas?

Apa itu Lampu Lalu Lintas?

Sebelum mengetahui siapa penemu lampu lalu lintas, mari samakan persepsi dahulu tentang apa itu lampu lalu lintas. Oglesby dan Hicks menjelaskan bahwa lampu lalu lintas merupakan alat pengatur lalu lintas dengan tenaga listrik, yang fungsinya memperingatkan serta mengarahkan para pengguna jalan, mulai dari pejalan kaki, pengemudi kendaraan bermotor, hingga pengendara sepeda.

Lampu lalu lintas sendiri memiliki ciri khas, yakni terdiri dari tiga lampu utama (merah, kuning, dan hijau) dengan diameter 20-30 cm, serta dipasang di luar batas jalan atau digantung di atas persimpangan jalan. 

Baca juga: 7 Jenis-Jenis Lampu LED yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Lampu Lalu Lintas

Lampu lalu lintas dibuat untuk meningkatkan kenyamanan pengendara. Fungsinya adalah untuk memastikan arus lalu lintas tetap aman karena pengendara menggunakan jalur secara bergantian sesuai dengan sinyal berupa lampu. Jika lampu berwarna merah, pengendara akan berhenti di jalurnya sambil menunggu lampu hijau kembali.

Selain itu, lampu lalu lintas juga dapat menjaga keselamatan pejalan kaki dan kendaraan. Biasanya, lampu lalu lintas modern sudah dilengkapi lampu khusus pejalan kaki sehingga mereka dapat menyeberang hanya saat kendaraan sudah berhenti. Dengan begitu, potensi kecelakaan yang diakibatkan pejalan kaki menyeberang sembarangan atau kelalaian pengendara pun dapat dikurangi.

Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas?

Sebetulnya, terdapat perdebatan tentang siapa penemu lalu lintas sesungguhnya. Hal itu terjadi karena dua tokoh penemu, yaitu John Peake Knight dan Garrett Morgan, sama-sama mengembangkan ide soal lampu ini. Lantas, bagaimana sejarah di balik keputusan mereka untuk membuat inovasi berupa lampu lalu lintas?

1. John Peake Knight

Ide lampu lalu lintas pertama dikemukakan oleh seorang manajer kereta api asal Inggris bernama John Peake Knight. Pada saat itu, Inggris sedang mengalami revolusi industri sehingga banyak kendaraan mesin yang lalu lalang sebagai pengganti kuda. Akan tetapi, hal ini berubah menjadi bencana karena banyaknya kendaraan di jalanan tanpa adanya aturan yang mengatur mereka. Hasilnya, pada tahun 1866, terdapat 1.102 kasus kecelakaan di London.

Sedih akan tingginya angka tersebut, John membuat ide pertama dari lampu lalu lintas dalam bentuk lentera gas dengan lampu merah dan hijau. Lampu ini terinspirasi dari sinyal kereta api yang juga terdiri dari warna merah dan hijau. Ide ini mendapat sambutan baik dari masyarakat dan segera dipasang pertama kali di jalanan dekat dengan House of Commons London, Inggris, di persimpangan Great George Street dan Bridge Street, London.

Sayangnya, belum sempat dikembangkan, lampu ini meledak pada 1869 karena kebocoran gas dan melukai petugas polisi di dekat lampu tersebut. Hasilnya, proyek ini dianggap gagal dan tidak diteruskan kembali.

Baca juga: 6 Perbedaan Lampu LED dan Biasa, Apa Saja?

2. Garrett Morgan

Puluhan tahun kemudian, proyek lampu lalu lintas kembali dilanjutkan di Amerika Serikat oleh seorang pengusaha keturunan Afrika-Amerika, yaitu Garrett Augustus Morgan. Garrett menyadari pentingnya lampu untuk mengatur kendaraan setelah kecelakaan serius di Chicago pada tahun 1920. Berbeda dari kreasi John Knight yang menggunakan lampu seperti sinyal kereta api, lampu milik Garrett memiliki tiga jenis sinyal dengan warna berbeda.

Lampu lalu lintas ini memiliki sinyal pergi, berhenti, dan hati-hati yang dibuang dalam bentuk tulisan untuk memudahkan pengendara dalam membacanya. Sinyal “Berhenti” digunakan agar pengendara dapat mengosongkan persimpangan sehingga pejalan kaki bisa menyeberang. 

Sementara itu, sinyal “Pergi” memberikan tanda pengguna jalan dapat melintas ketika arah lain tengah berhenti. Sedangkan, posisi peringatan “Hati-hati” berfungsi agar pengguna jalan berhati-hati karena operator lampu merah sedang tidak di posisinya, sehingga mereka harus menyeberang dengan lebih waspada.

Mengapa Lampu Lalu Lintas Berwarna Merah, Kuning, dan Hijau?

Setelah mengetahui siapa penemu lampu lalu lintas, kita bisa mengetahui bahwa ide dari Garrett Morgan merupakan inspirasi lampu lalu lintas yang digunakan hingga sekarang. Akan tetapi, mengapa lampu yang digunakan berwarna merah, kuning, dan hijau?

Ternyata, lampu hijau dipilih untuk menandakan sinyal “Pergi” karena warna hijau memiliki gelombang pendek dan dapat dikenali. Sehingga, warnanya dapat dilihat sekalipun saat malam. Pada awalnya, warna untuk sinyal ini menggunakan warna putih. Namun, karena warna putih dapat bercampur dengan warna apa saja dan berisiko menimbulkan kekacauan, dipilihlah warna hijau.

Sedangkan lampu merah digunakan untuk menandakan sinyal “Berhenti” berdasarkan kesepakatan internasional. Sementara itu, lampu kuning digunakan sebagai penanda sinyal “Hati-hati” karena warnanya terang dan dapat diketahui bahkan dari jauh. Warna ini sendiri sudah digunakan sejak zaman perang dunia untuk menandakan adanya serangan dari musuh.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Lampu LED dalam Ruangan

Itulah informasi seputar sejarah dan siapa penemu lalu lintas sebenarnya. Setelah mengetahui fungsi dari lampu lalu lintas, dapat disimpulkan bahwa kita memerlukan lampu yang dapat dikontrol—bahkan dari jarak jauh—agar mendapat pencahayaan sesuai kebutuhan. Lampu Smart WiFi LED dapat menjawab kebutuhan tersebut karena Anda bisa mengontrolnya melalui smartphone.

Sebagai toko online yang menyediakan berbagai alat dan bahan kebutuhan konstruksi, Klopmart juga jual lampu smart Wi-Fi LED. Cukup pesan di Klopmart, lampu ini akan segera sampai ke tempat Anda dan bisa digunakan untuk menerangi seluruh bagian rumah.

Sumber rujukan:

  • https://www.ruangguru.com/blog/penemu-lampu-lalu-lintas
  • https://www.idntimes.com/automotive/car/putri-intan-nur-fauziah/penemu-lampu-lalu-lintas-1#:~:text=Pertama%20kali%20dicetuskan%20oleh%20John%20Peake%20Knight&text=pada%201866%20tercatat%20ada%201.102,lentera%20bertenaga%20gas%20yang%20berputar.
  • https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-lampu-lalu-lintas#
 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya