7 Jenis-Jenis Lampu LED yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu solusi untuk mengurangi biaya listrik di rumah adalah dengan segera mengganti lampu rumah dengan lampu LED. Ada banyak sekali lampu jenis LED dan Anda pun tentu bingung harus memilih yang mana. Lalu, apa itu lampu LED?

Lampu LED (Light Emitting Diode) adalah salah satu lampu yang bisa menerangi rumah, tetapi tidak membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Lampu model ini merupakan salah satu kemajuan teknologi terbaru dan paling menarik dalam industri pencahayaan.

Penggunaan lampu pastinya dibutuhkan dalam berbagai ruangan. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memperhatikan kualitas penerangan ruangan demi kenyamanan. Selain kenyamanan, kesehatan mata pun juga perlu diperhatikan. 

Jika penerangan pada ruangan kurang, justru dapat berakibat buruk pada kesehatan mata. Untuk itu, gunakanlah jenis lampu LED karena teknologi pencahayaan yang memberikan berbagai kelebihan dan keunggulan.

Mengenal Lampu LED

Umumnya, jenis lampu yang satu ini bekerja antara 1.5 volt hingga 2 volt. Meski demikian, lampu LED memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya ialah hemat daya dan tahan lama.

Lampu LED merupakan bagian dari diode yang berbahan semikonduktor. Sama seperti diode biasa, penghantar aliran listrik lampu LED menggunakan konduktor positif (+) dan konduktor negatif (-). 

Bentuk lampu LED pun lebih kecil daripada lampu biasa, serta memiliki warna penerangan yang beraneka ragam. Tentunya, lampu ini bisa menerangi seluruh ruangan di rumah Anda.

Kelebihan utama dari lampu jenis LED adalah jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu pijar dan lampu bohlam standar. Lampu ini juga memiliki ketahanan yang lebih lama, dengan umur sekitar 10.000 hingga 50.000 jam penggunaan. Kemudian, lampu LED dibuat dengan material yang ramah lingkungan dan tidak memiliki kandungan merkuri dan gas berbahaya lainnya, membuatnya aman untuk lingkungan.

Berbeda dari lampu pijar, pancaran LED tidak panas dan lampu tidak berbahaya untuk disentuh setelah digunakan. Minimnya panas dari pancaran lampu yang dihasilkan membuat ruangan menjadi tidak mudah panas, sekaligus mengurangi potensi bahaya kebakaran yang diakibatkan oleh lampu. Pancaran cahayanya yang lembut membuat lampu jenis LED sangat cocok untuk digunakan di kamar tidur.

Baca juga: 6 Perbedaan Lampu LED dan Biasa, Apa Saja?

Apa Saja Jenis-Jenis Lampu LED?

Lampu LED dianggap lebih hemat energi dan tahan lama. Ada beragam jenis lampu LED yang biasa digunakan sehari-hari, di antaranya sebagai berikut:

1. Surface Mount Device (SMD) LED

Surface Mount Device LED, atau SMD LED merupakan jenis lampu hemat energi berukuran kecil. Bentuknya terlihat seperti mur dengan beberapa titik cahaya pada badannya.

Fungsi SMD LED adalah sebagai lampu senter, lampu hias, lampu emergency, dan lampu sudut ruangan.

2. Chips on Board (COB) LED

Dikenal sebagai LED COB, jenis lampu LED ini dibekali dengan ribuan chip yang disusun pada sebuah panel listrik. Lampu ini merupakan upgrade dari SMD LED.

Sorotan cahaya LED COB lebih merata dan tidak terasa terlalu panas.

3. Lampu Miniatur LED

Jenis lampu miniatur LED ini lebih banyak digunakan sebagai hiasan. Seperti namanya, lampu miniatur LED berukuran mini, jauh lebih kecil dibandingkan jenis lainnya. Harga jualnya pun lebih murah.

Anda dapat menemukan lampu ini pada sensor TV, aplikasi remote di ponsel, radio modern, dan elektronik canggih lainnya.

4. Lampu Bicolor LED

Lampu bicolor LED dilengkapi lebih dari satu warna yang berubah secara bergantian. Lampu ini biasanya digunakan sebagai hiasan mainan anak-anak dan ruangan, terutama saat perayaan Hari Natal. Daya listrik lampu bicolor LED rendah (tergantung dengan pemakaiannya).

Baca juga: 8 Cara Membuat Lampu Hias dari Paralon dengan Mudah

5. Lampu Super Flux LED

Super Flux LED merupakan salah satu jenis LED yang banyak digunakan dalam berbagai bidang. Lampu ini memiliki 4 buah pin dan ditawarkan dalam 3 ukuran berbeda, yaitu 3mm, 5mm, dan Flat Lens.

Ukuran lampunya yang kecil membuatnya bisa bekerja dengan rentang toleransi suhu yang sangat luas membuat lampu ini bisa diaplikasikan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Mulai dari otomotif, lampu sinyal, hingga lampu pencahayaan khusus. Lensa berukuran besar dengan sudut yang lebar membuat sudut pancar cahaya yang dihasilkannya menjadi luas.

6. High Power LED

Lampu jenis ini dikenal bisa menghasilkan cahaya yang sangat terang, selain itu tentunya sangat hemat daya. High Power LED merupakan satu jenis LED yang bisa menghasilkan cahaya yang sangat intens dibandingkan dengan LED lainnya. High Intensity LED yang dipasangkan dengan heatsink memiliki usia pakai yang sangat panjang.

7. Organic LED

Organic LED atau lebih umum disebut sebagai OLED adalah lampu jenis LED yang dibuat dari komponen organik. Berbeda dari LED lainnya, OLED sangatlah tipis dan bisa memancarkan cahaya yang sangat terang. 

OLED lebih umum ditemui pada smartphone, TV, dan monitor. Beberapa produsen smartphone mengembangkan teknologi OLED yang fleksibel untuk diterapkan pada layar smartphone yang dapat dilipat.

Itulah beberapa jenis lampu LED yang dapat digunakan di rumah. Apabila membutuhkan lampu LED agar menghemat biaya listrik, Anda dapat membelinya di Klopmart. 

Klopmart adalah toko bangunan online yang jual lampu LED sesuai kebutuhan Anda. Klopmart akan memproses dan mengirimkan pesanan dengan cepat di mana pun Anda berada, termasuk untuk pesanan aneka jenis lampu LED.

Klopmart menyediakan berbagai metode pembayaran online sehingga memudahkan Anda ketika bertransaksi. Segera hubungi Klopmart di sini untuk mendapatkan jenis lampu LED pilihan Anda.

Sumber artikel: 

  • https://www.orami.co.id/magazine/jenis-lampu-led 
  • https://myeco.id/lampu-led-vs-lampu-biasa-perbedaan-kelebihan-kekurangannya/ 
  • https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-jenis-lampu-led-beserta-kelebihannya-perlu-diketahui-kln.html

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Nov 2022

Related Article