Seperti Inilah Cara Menghitung Kebutuhan Cat per Kg

Ketika ingin mengetahui seberapa banyak cat yang akan digunakan, Anda harus tahu cara menghitung kebutuhan cat per kg. Hal ini menjadi penting karena akan bisa mempengaruhi biaya yang akan Anda butuhkan. Terlebih lagi jika Anda melakukan renovasi secara total, karena akan ada keperluan bahan bangunan lain yang harus Anda perhatikan. Dengan mengetahui hal yang satu ini Anda akan bisa memperkirakan kebutuhan yang bisa disesuaikan dengan biaya. Yuk mari kita mulai.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat per Kg

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengerti mengenai hal yang satu ini. Namun jika Anda sampai ke halaman ini, tentunya Anda masih bingung dengan hal yang satu ini. Tapi Anda tidak perlu khawatir, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, Anda akan bisa menghitung kebutuhan cat per Kg.
 

1. Hitung Terlebih Dahulu Luas Bangunan atau Luas Ruangan

Informasi ini sangat penting karena akan bisa mempengaruhi jumlah cat yang nantinya akan Anda beli dan gunakan. Pastikan Anda mendapatkan ukuran yang akurat. Terlebih untuk ruangan yang akan membutuhkan banyak cat.Jika menginginkan hasil yang lebih personal, sebaiknya Anda mempersiapkan desain atau pattern yang akan dibuat serta mengetahui cara mengecat dinding yang unik.
 

2. Perkirakan Kebutuhan Cat

Selanjutnya adalah memperkirakan kebutuhan cat Anda. Untuk mempermudah tugas ini, ada rumus yang bisa digunakan. Bagi luas dinding dengan 1 liter cat. Perlu dicatat bahwa standar pemakaian cat adalah sebanyak 12 m2 /liter untuk setiap lapisan.

Contohnya adalah sebuah ruangan dengan luas 4x6 meter dan memiliki tinggi 3 meter, sehingga perhitungannya akan menjadi:
(2 x ( 6m + 4 m)) x 3 m = 60 m2

Lalu bagi dengan standar pemakaian cat pada umumnya, sehingga:
60 : 12 = 5 liter

Sehingga, untuk ruangan 4x6 meter dengan tinggi 3 meter akan dibutuhkan 5 liter cat dalam satu kali pelapisan. Untuk pelapisan selanjutnya Anda hanya perlu mengkalikannya dengan jumlah pelapisan, 4 kali pelapisan berarti 4 x 5 = 20 liter.

Baca juga: rumus campuran warna cat
 

3. Konversi Liter ke Kilogram

Untuk penjualan cat, ada beberapa tempat yang menjualnya dalam satuan liter dan ada juga dalam satuan kilogram. Jadi Anda harus tahu jumlah cat yang dibutuhkan dalam ukuran liter dan ukuran kg. Untuk mengubah liter menjadi kg, Anda cukup mengkalikannya dengan koefisien 1,4. Kita ambil contoh di atas, untuk ruangan 4x6 meter dengan tinggi 3 meter akan dibutuhkan 5 liter cat dalam satu kali pelapisan. Jika jumlah ini kita ubah menjadi kilogram, maka:
5 x 1,4 = 7

Artinya, akan dibutuhkan 7 kg cat untuk melakukan 1 kali pelapisan dengan ukuran ruangan tersebut
‚Äč

4. Menentukan Jumlah Pembelian Cat

Kini saatnya menentukan jumlah pembelian cat. Seperti yang diketahui, varian cat kaleng yang beredar di pasaran cukup beragam, ada yang dalam liter dan ada juga dalam Kg. Kita perlu menentukan dengan tepat agar dapat meminimalisir kelebihan cat, sekaligus menekan anggaran untuk belanja bahan agar bisa lebih optimal.

Untuk mengecat, akan diperlukan tambahan air bersih sekitar 5-25% dari jumlah cat. Jangan lupakan faktor ini agar jumlah pembelian cat Anda tidak berlebih
Nah, dengan mengikuti langkah di atas, Anda akan bisa memenuhi kebutuhan cat dengan pas, sehingga anggaran yang dikeluarkan tidak berlebih. Jika Anda membutuhkan rekomendasi cat tembok yang memiliki kualitas bagus serta dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mencoba Nippon Paint. Semoga informasi mengenai  cara menghitung kebutuhan cat per Kg ini bisa membantu Anda, segera cek harga cat nippon paint di Klopmart sekarang juga!

Baca juga: merk cat tembok yang bagus


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Apr 2021

Related Article