Cat dan Kimia

8 Cara Mengecat Dinding yang Unik

Media
27 Des 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Menciptakan hunian dengan suasana nyaman sama sekali tidak sulit. Anda bisa mulai dari pengecatan dinding. Alih-alih hanya mengecat dinding dengan satu warna polos, Anda dapat menerapkan cara mengecat dinding yang unik. Mulai dari memberikan motif yang menarik hingga menggunakan alat tidak biasa untuk mengecat dinding, pilih saja sesuai preferensi Anda. Sebagai inspirasi, Anda bisa cek beberapa rekomendasi cara mengecat yang unik berikut ini!

8 Inspirasi Cara Mengecat Tembok Yang Unik

1. Pakai spons untuk mengecat dinding

Umumnya, orang-orang menggunakan roll atau brush untuk mengecat dinding. Namun, kalau memang ingin menerapkan teknik mengecat yang unik, Anda bisa menggunakan alat pengecatan lain seperti spons. Gunakan saja spons untuk mandi atau spons pencuci piring. Celupkan spons ke dalam cairan cat, lalu tempelkan pada dinding yang mau Anda cat. Penggunaan spons akan menciptakan corak unik yang akan membuat dinding Anda terlihat berbeda.

Baca Juga : Merawat Dinding Rumah Agar Tetap Awet

Bahkan kalau mau, Anda bisa mencampurkan dua warna cat sekaligus. Misalnya, Anda mengecat dinding dengan warna biru muda seperti biasa. Lalu, setelah kering, tempelkan spons yang sudah dicelupkan pada cat biru tua. Dinding Anda pun akan memiliki tampilan yang unik.

2. Pakai roll cat dinding dengan motif khusus

Sudah terlanjur mengecat dinding dengan cat berwarna polos, tapi ingin membuatnya tampil lebih menarik? Anda bisa mengubahnya dengan menggunakan roll cat dinding bermotif khusus. Namun, agar hasil akhirnya rapi, Anda disarankan untuk mengecat dinding dengan arah yang sama dari awal sampai akhir.

Misalnya, jika sejak awal Anda mengecat dinding dari arah atas ke bawah, maka lakukan terus teknik tersebut sampai akhir ini. Dengan begini, motif pada dinding akan tampak simetris dan lebih enak dipandang.

3. Kain renda atau tatakan gelas untuk membuat pola

Bagaimana kalau kondisi sedang tidak memungkinkan Anda untuk membeli roll bermotif, sedangkan Anda harus mengecat dinding dalam waktu cepat? Tenang saja, cara dengan motif menarik juga bisa Anda lakukan melalui penggunaan renda atau tatakan gelas. Umumnya, renda atau tatakan gelas memiliki pola yang unik dan cantik.

Pertama-tama, tempelkan renda yang Anda mau pada dinding dengan spray adhesive. Kemudian, cat dinding dengan cat tembok untuk melapisi bagian atasnya. Baru setelah itu Anda bisa melepaskan renda dari dinding. Pola indah pun akan langsung terbentuk pada dinding Anda!

4. Motif Garis dengan sikat baju

Apabila Anda punya sikat baju yang sudah tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai metode mengecat dinding. Cara satu ini sangat mudah dan simpel, tapi mampu memberikan efek yang menarik pada dinding Anda. Sebagai langkah awal, cat dahulu dinding Anda dalam warna dasar dengan menggunakan kuas atau brush.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Warna Cat Dinding Luar Rumah yang Elegan

Kemudian, celupkan sikat baju pada cat warna yang dimau, dan aplikasikan pada dinding yang sama. Anda bisa mengaplikasikannya secara vertikal atau horizontal. Goresan dari sikat baju inilah yang akan memberikan efek berbeda pada dinding rumah Anda.

5. Cat Tembok Motif Polkadot

Kalau berbicara tentang cara mengecat dinding yang unik, maka motif polkadot tidak bisa dilewatkan. Motif satu ini umumnya menggunakan warna cat tembok yang cerah seperti pink atau kuning. Motif polkadot menawarkan kesan playful atau ceria dan sangat cocok untuk digunakan di kamar anak.

Baca Juga: Ini 10 Ide Perpaduan Warna Cat Rumah agar Telihat Lebih Fresh

Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan karton ukuran besar dan melubanginya di beberapa bagian dengan bentuk bulat. Setelah itu, Anda tinggal mengecat tembok dengan warna yang Anda inginkan sebagai warna motif polkadot.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat rumahan lainnya untuk mencoba cara mengecat dinding yang unik satu ini. Anda tinggal mencari spons berbentuk lingkaran, atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunting spons yang Anda. Setelah itu, Anda tinggal mencelupkan spons tersebut ke dalam wadah cat dan menempelkannya ke tembok untuk membuat motif polkadot.

6. Motif Geometris Yang Menarik

Motif satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat kesan minimalis dan modern pada dinding rumah. Umumnya, orang-orang menggunakan bentuk segitiga saat membuat motif geometris.

Yang Anda butuhkan hanyalah perkakas seperti penggaris ukuran besar dan spidol untuk membuat bentuk-bentuk geometris di dinding Anda. Jika memungkinkan, pastikan Anda menggunakan warna cat tembok yang senada untuk menonjolkan kesan minimalis dan modern dengan baik.

7. Hiasi Tembok Dengan Motif Bunga

Kalau Anda ingin memunculkan kesan feminim pada ruangan, Anda bisa menghiasi tembok ruangan tersebut menggunakan motif bunga.

Anda cukup membuat satu pola dengan menggunakan kertas karton. Lalu, tempelkan pada dinding ruangan dan buat pola yang sama mengikuti pola karton. Setelah itu, Anda tinggal mewarnai tembok dengan warna cat tembok yang Anda inginkan.

8. Eksperimen Dengan Alat Suntik

Kalau Anda sedang ingin bereksperimen dan benar-benar mendapatkan motif dinding yang sangat unik, Anda bisa menggunakan metode ini.

Metode ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan alat suntik tanpa jarum. Lalu, isi alat suntik dengan cat tembok yang Anda inginkan. Untuk mulai mewarnai dinding, Anda tinggal menempatkan alat suntik pada langit-langit dan membiarkan cat jatuh perlahan mewarnai tembok.

Itulah dia cara mengecat dinding yang unik yang dapat Anda coba. Menerapkan teknik-teknik mengecat dinding yang menarik ternyata tidak membutuhkan effort terlalu besar. Bahkan Anda hanya membutuhkan alat-alat yang cukup mudah untuk ditemukan. Namun, jika belum punya, Anda bisa mendapatkannya melalui Klopmart.com, situs toko online yang menjual aneka kebutuhan bahan bangunan, termasuk untuk pengecatan dinding rumah Anda. Tidak perlu keluar rumah, Anda bisa berbelanja dengan praktis secara online!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya