Home & Living

Sudah Tahu Belum! Ini 8 Perbedaan Granit dan Marmer, Mana yang Lebih Baik?

Media
10 Mei 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Serupa tapi tak sama, sudahkah Anda mengetahui perbedaan granit dan marmer? Granit dan marmer adalah dua jenis batu alam yang umum digunakan dalam berbagai proyek konstruksi dan desain interior. Material ini dipilih sebab mampu menambah nilai estetika rumah sekaligus memiliki daya tahan yang baik.

Meskipun keduanya terlihat serupa pada pandangan pertama, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam segi struktur material hingga cara perawatan. Dalam artikel ini, Klopmart akan membahas delapan perbedaan tersebut secara rinci. Jadi sebelum memilih mana yang cocok untuk kebutuhan Anda, simak dahulu informasi berikut ini.

8 Perbedaan Granit dan Marmer


Sebenarnya, perbedaan granit dan marmer dapat ditemukan dengan melihat tampilan keduanya. Namun tentu tak setiap orang memahami di mana letak perbedaan granit dan marmer ini. Jadi, agar Anda lebih mudah mengenalinya, berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Struktur Material

Perbedaan utama antara granit dan marmer adalah struktur materialnya. Granit dan marmer merupakan dua jenis batuan alam yang berbeda.

Granit terdiri dari mineral yang terkompresi secara alami di bawah tekanan yang tinggi selama ribuan tahun. Sementara itu, marmer terbentuk dari batuan sedimen seperti kapur yang mengalami metamorfosis bawah tanah. Hal ini membuat granit lebih padat dan keras daripada marmer yang lembut.

Granit memiliki butiran yang lebih padat dibandingkan marmer, yang membuatnya lebih tahan terhadap goresan dan retak. Sebaliknya, marmer lebih mudah dipotong dan dibentuk menjadi berbagai desain dan ukuran yang diinginkan. 

2. Warna dan Tekstur

Granit memiliki warna yang lebih bervariasi, dengan butiran-butiran yang berbeda-beda dari satu batuan ke batuan yang lain. Marmer, di sisi lain, cenderung memiliki warna yang lebih seragam dengan pola yang lebih konsisten. Untuk teksturnya, granit biasanya kasar, sedangkan marmer cenderung lebih halus. 

3. Motif yang Berbeda

Perbedaan selanjutnya antara granit dan marmer adalah motifnya. Granit biasanya memiliki pola yang tidak teratur dan tidak dapat diatur,  karena tergantung pada butirannya. Marmer, di sisi lain, cenderung memiliki motif yang lebih teratur dan konsisten. Ini membuat granit lebih cocok jika digunakan pada proyek yang membutuhkan tampilan alami dan unik, sedangkan marmer lebih cocok untuk desain yang lebih elegan dan memberikan kesan mewah.

Baca juga: 12 Desain Keramik Dinding Kamar Mandi yang Mewah dan Elegan

4. Ketahanan

Ketahanan granit dan marmer adalah salah satu perbedaan utama antara kedua jenis batu alam ini. Karena granit lebih keras dan padat serta tahan terhadap goresan, noda, dan retak. Sebaliknya, marmer justru lebih mudah tergores, berubah warna akibat paparan sinar matahari, dan lebih rentan terhadap kerusakan. 

Hal ini yang menjadi alasan mengapa granit lebih cocok untuk proyek-proyek eksterior yang membutuhkan ketahanan lebih tinggi seperti lantai, dinding, atau bangunan, sedangkan marmer lebih cocok untuk aplikasi interior seperti meja, dinding, atau karya seni.

Namun, meskipun granit lebih tahan lama dan tahan terhadap berbagai kerusakan, hal itu tidak berarti marmer tidak dapat digunakan dalam proyek-proyek tahan lama. Marmer dapat diolah dan dilapisi dengan sealer untuk meningkatkan ketahanannya terhadap noda dan kerusakan.

5. Sifat dan Karakteristik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, granit adalah batu alam yang padat, keras, dan lebih tahan lama, sedangkan marmer memiliki sifat yang cenderung mudah tergores dan terkelupas. Meski demikian, marmer akan lebih mudah dipotong dan dibentuk sedangkan granit lebih sulit memerlukan mesin untuk proses pemotongannya.

6. Pengaplikasian


Granit lebih sering digunakan untuk bagian-bagian bangunan seperti lantai, dinding, tangga, meja dapur, dan backsplash. Sementara itu marmer lebih cocok untuk aplikasi interior berupa meja, dinding, karya seni, furnitur dan lain sebagainya. 


Pengaplikasian kedua jenis batu alam ini juga tergantung pada desain dan gaya yang diinginkan. Granit sering digunakan untuk desain modern dan kontemporer, sementara marmer lebih cocok untuk desain klasik dan elegan.

Baca juga: 7 Cara Melepas Keramik dengan Mudah, Benar dan Aman

7. Segi Harga

Perbedaan harga juga menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih antara granit dan marmer. Granit cenderung lebih terjangkau dibandingkan marmer karena material alam nya yang melimpah dan lebih mudah menentukan peruntukannya. Namun, harga granit dan marmer juga dapat bervariasi tergantung pada kualitas, jenis, dan sumber batu alam.

Sebaliknya, marmer umumnya memiliki harga yang lebih tinggi apalagi biasanya tersedia dalam bentuk yang bermacam-macam. Hal ini tentu menjadi salah satu faktornya sebab harga disesuaikan dengan tingkat kesulitan pengolahan marmer. 

8. Cara Perawatan

Perawatan granit dan marmer juga berbeda-beda. Granit membutuhkan perawatan yang lebih sedikit karena lebih tahan lama dan lebih tahan terhadap noda dan kerusakan. Namun, granit tetap memerlukan perawatan berkala agar tetap awet dan cantik.

Di sisi lain, perawatan marmer memerlukan sedikit lebih banyak usaha karena permukaannya lebih mudah tergores dan lebih sensitif terhadap noda. Marmer memerlukan pembersihan rutin dan khusus, salah satunya adalah penggunaan sealer untuk melindungi permukaannya dari kerusakan.

Pemilik marmer juga harus berhati-hati dalam memilih produk pembersih karena bahan kimia tertentu dapat merusak permukaan. Hindari menggunakan pembersih berbahan dasar asam, seperti cuka atau asam sitrat.

Jika dirawat dengan benar, marmer dapat bertahan selama bertahun-tahun dan tetap indah. Granit juga dapat bertahan selama bertahun-tahun dengan perawatan yang tepat, tetapi karena granit lebih tahan lama, perawatannya cenderung lebih simpel dan lebih sedikit.

Jadi, Mana yang Lebih Baik, Granit atau Marmer?


Dari semua perbedaan yang telah dijelaskan di atas, sebenarnya tidak ada jawaban pasti tentang mana yang lebih baik antara granit dan marmer. Kedua jenis batu alam ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan terbaik tentu tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda.

Jika membutuhkan material untuk lantai, tangga, dan bagian yang membutuhkan kekuatan tinggi, granit mungkin menjadi pilihan terbaik. Namun, jika Anda mencari batu alam yang lebih elegan dan lebih cocok untuk interior seperti meja atau bahkan dinding, marmer bisa jadi pilihan yang tepat.

Menginginkan kombinasi antara ketahanan dan keindahan? Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan granit dan marmer secara bersamaan dalam konstruksi bangunan Anda. 

Terlepas dari pilihan Anda, penting untuk memilih granit dan marmer yang berkualitas serta memperhatikan perawatannya agar tetap indah dan tahan lama. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya apabila memerlukan saran dalam pemilihan antara keduanya.

Baca juga: 10 Material Lantai Untuk Rumah Anda

Selain kualitas granit atau marmer, Anda juga perlu memastikan bahwa semen yang digunakan untuk pemasangan memiliki kualitas terbaik dan daya rekat yang tinggi. Dalam hal ini, MU 400 bisa jadi pilihan yang paling tepat. 

Tak perlu bingung menentukan tempat belanja bahan bangunan yang lengkap dan tepercaya, sebab Anda bisa langsung saja mengunjungi Klopmart. Selain itu, harga MU 400 dan material lainnya juga terjangkau. Jika Anda membeli dalam jumlah besar, Klopmart akan memberikan harga spesial. 

Jadi, tak ada yang perlu diragukan lagi. Segera kunjungi Klopmart dan temukan berbagai kebutuhan material untuk konstruksi Anda serta dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya. Semoga informasi perbedaan granit dan marmer ini bermanfaat.

Sumber rujukan:

  • https://demix.co.id/perbedaan-granit-dan-marmer/#:~:text=Granit%20lebih%20kuat%20dan%20tahan,terkena%20benda%20tajam%20atau%20panas.&text=Granit%20lebih%20murah%20daripada%20marmer.

  • https://berita.99.co/perbedaan-granit-dan-marmer/

  • https://ambpi.com/perbedaan-granit-dan-marmer-karakteristiknya/

  • https://arafuru.com/material/7-perbedaan-granit-dan-marmer-beserta-karakteristiknya.html

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya