7 Cara Melepas Keramik dengan Mudah, Benar, dan Aman

Apakah keramik di rumah Anda mengalami kerusakan? Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara melepas keramik dengan mudah dan aman yang dapat Anda lakukan. Cara ini juga berlaku saat Anda ingin melakukan perubahan desain pada keramik rumah Anda. 

promo klopmart

Cara Melepas Keramik dengan Benar dan Mudah

Namun, melepas keramik tidak selalu mudah, terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan yang cukup. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara melepas keramik dengan mudah, benar, dan aman yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. 


Proses melepas keramik tentu tidak semudah yang Anda bayangkan, ada berbagai proses yang perlu Anda lalui. Apalagi Anda tidak ingin merusak keramik lain di sekitarnya. Kalau begitu, mari simak berbagai cara melepas keramik dengan mudah dan aman di bawah ini. 

1. Menyiapkan Alat dan Bahan 

Sebelum memulai proses melepas keramik, ada beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Anda perlu menyiapkan martil atau palu, pahat atau sekop, dan kikir untuk menggores atau mengikis lem yang menempel pada keramik. 

Siapkan juga bahan pelunak lem seperti bahan pengikis atau turpentin. Pastikan Anda menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan, sepatu keselamatan, dan kacamata untuk menghindari cedera dan perlindungan dari potongan keramik yang terlepas.

2. Membersihkan Permukaan Keramik

Sebelum mulai melepas keramik, pastikan permukaan keramik bersih dan bebas dari kotoran atau debu. Gunakan sapu atau penyedot debu untuk membersihkan area tersebut. Pastikan juga area sekitar keramik terbebas dari berbagai barang yang mungkin mengganggu Anda saat proses pelepasan keramik dilakukan. 

Hindari menggunakan bahan pembersih yang mengandung zat kimia yang keras seperti asam atau pelarut berbahaya yang dapat merusak permukaan keramik. Anda dapat menggunakan sabun atau detergen lembut yang dicampur dengan air.

Baca juga: 7 Cara Membuat Keramik dari Tanah Liat (Terlengkap)

3. Gunakan Mesin Gerinda untuk Memotong Keramik

Cara melepas keramik yang paling umum digunakan dengan cara memotong keramik menjadi beberapa bagian menggunakan mesin gerinda. Alat ini dapat memotong keramik dengan cepat dan presisi. Anda bisa menggunakan mesin gerinda dengan performa optimal di Klopmart. 

Pastikan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan, masker debu, dan kacamata keselamatan saat menggunakan mesin gerinda. Gerakkan alat ini dengan perlahan dan hati-hati agar tidak merusak keramik di sekitarnya.

4. Mengikis Lem pada Keramik

Jika menggunakan mesin gerinda belum berhasil, ada cara lain untuk melepas keramik dengan aman dan mudah, yaitu dengan mengikis lem yang terdapat pada keramik tersebut. Anda bisa menggunakan kikir agar lem yang menempel dapat dilepas dengan aman. Pastikan lem tersebut dihapus dengan bersih agar keramik dapat dilepas dengan mudah.

Anda bisa mulai mengikis bagian sudut lem keramik dengan hati-hati. Kemudian, lanjutkan mengikis lem secara perlahan dan bertahap dari bagian sudut hingga seluruh permukaan keramik yang terkena lem. Jangan terlalu keras mengikis agar tidak merusak keramiknya. Selalu perhatikan kondisi dan keamanan keramik yang sedang Anda kerjakan.

5. Membuat Lubang pada Keramik

Selain menggunakan gerinda dan mengikis lem, Anda juga bisa melepas keramik dengan membuat lubang. Namun sebelum membuat lubang, pastikan untuk menentukan posisi dan ukuran lubang yang ingin Anda buat. 

Anda bisa menggunakan pensil untuk membuat tanda pada keramik sebagai panduan dalam membuat lubang. Selanjutnya, tempatkan pahat atau sekop pada tanda tersebut dan tekan ke bawah menggunakan palu secara perlahan-lahan.

Perhatikan tekanan pahat atau sekop. Jangan memberikan terlalu banyak tekanan karena dapat merusak keramik di sekitarnya. Berikan tekanan sedikit demi sedikit hingga Anda berhasil membuat lubang dengan sempurna.

Baca juga: 12 Ciri-Ciri Keramik Berkualitas Tinggi dan Cara Memilihnya

6. Menggunakan Pahat untuk Membelah Keramik

Apabila cara-cara sebelumnya masih belum berhasil juga, maka Anda bisa mencoba cara melepas keramik dengan menggunakan pahat. Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat goresan melintang di atas keramik. Selanjutnya, buat goresan membujur sesuai dengan arah goresan pertama yang sudah dibuat. Pastikan membelah keramik perlahan-lahan dan hati-hati agar tidak merusak keramik di sekitarnya.

7. Membersihkan Semen yang Tersisa

Setelah berhasil melepas keramik, langkah selanjutnya bersihkan sisa-sisa semen atau lem yang menempel pada permukaan lantai atau dinding. Sebelum membersihkan sisa-sisa tersebut, pastikan untuk membiarkan permukaan keramik yang telah dilepas beberapa menit, tujuannya agar lantai di sekitarnya benar-benar kering. Hal ini untuk menghindari adanya kerusakan pada permukaan keramik yang masih menempel akibat kelembaban.

Apabila sisa-sisa semen atau lem berhasil dihilangkan, bersihkan kembali permukaan dengan air dan lap kering. Pastikan permukaan benar-benar bersih dan kering sebelum memasang keramik baru atau melakukan pengecatan.

Proses cara melepas keramik mungkin terlihat mudah, tetapi sebenarnya membutuhkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang tepat agar tidak merusak keramik di sekitarnya. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara melepas keramik yang tepat agar tidak merusak permukaan keramik dan lebih aman untuk dilakukan. 

perkakas klopmart

Untuk mempermudah proses melepas keramik ini, Anda bisa menggunakan Gerinda Bosch dari Klopmart. Hasil pemotongan yang dihasilkan juga akan tampak lebih baik, karena alat ini dilengkapi dengan kecepatan konstan berkat pengaturan kecepatan secara elektronik. 

Harga Gerinda Bosch di Klopmart cukup terjangkau. Anda bisa mengeceknya secara langsung di website Klopmart. Pastikan tampilan keramik di rumah Anda makin maksimal setelah Anda memperbaikinya!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya