Home & Living

Mengenal Cluster Perumahan dan Keunggulannya

Media
20 Feb 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Perumahan cluster adalah salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat saat ini untuk memiliki hunian idaman. Perumahan cluster menjadi primadona baru bagi masyarakat di era modern saat ini dalam mencari hunian terbaik. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki perumahan dengan sistem cluster yang dikembangkan oleh developer ternama.

Tapi, apa itu cluster? Lalu apa perbedaan cluster dengan perumahan lainnya? Dan apa saja kekurangan dan kelebihannya? Untuk mendapatkan jawabannya, simak artikel berikut ini.

Apa Itu Rumah Cluster?

Istilah perumahan cluster merujuk pada rumah atau perumahan yang berada dalam satu area atau lingkungan yang masing-masing memiliki model rumah yang serupa dan serasi.

Selain serupa dan serasi, istilah klaster juga merujuk pada perumahan yang terbuka di mana tidak ada pagar pembatas antara satu rumah dengan rumah lainnya.

Selain dari segi fisik, klaster juga memiliki ciri premium. Dalam arti, klaster umumnya memiliki berbagai fasilitas yang tersedia di dalam lingkungannya.

Untuk memahami apa itu cluster lebih jauh, mari simak ciri-ciri rumah cluster berikut ini.

Apa Saja Ciri-Ciri Cluster Perumahan?

Perumahan cluster memiliki beberapa perbedaan bila dibandingkan perumahan dengan sistem townhouse. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari sistem keamanan yang diterapkan, unit rumah, hingga desainnya. Berikut beberapa ciri perumahan sistem cluster yang perlu Anda ketahui.

1. Desain Satu Rumah dengan Lainnya Sama

Ciri utama dari sistem rumah klaster adalah memiliki desain yang hampir sama antara rumah satu dengan lainnya. Biasanya dalam satu perumahan sendiri terdapat beberapa cluster. Cluster A misalnya, tentu memiliki desain yang berbeda dengan cluster B. Unit rumah di sebuah cluster biasanya mengadopsi gaya minimalis.

2. Menerapkan One Gate System

Berbicara mengenai sistem keamanan, ciri khas dari klaster adalah memiliki gerbang masuk yang terbatas dan menerapkan one gate system. Artinya adalah hanya ada satu pintu untuk keluar dan masuk dan memudahkan dalam mengawasi keamanan di perumahan cluster tersebut. Para pengunjung pun diwajibkan untuk menunjukkan identitas mereka.

3. Jumlah Unit yang Cukup Banyak

Sementara itu, dari segi jumlah unitnya perumahan cluster memiliki unit yang cukup banyak. Misalnya saja dalam satu perumahan tertentu, memiliki sekitar 100 hingga 300 unit rumah. Rumah-rumah tersebut terbagi atas cluster-cluster tertentu.

Baca juga: Pindah ke rumah baru?

Perbedaan Rumah Cluster dan Residence

Perumahan cluster umumnya juga sering dibandingkan jenis perumahan lainnya yaitu perumahan residence. Sekilas, keduanya tampak memiliki kesamaan dan mungkin tampak serupa. Tetapi, keduanya memiliki beberapa perbedaan.

1. Segi Desain

Dari segi desain, perumahan residence memang tetap memiliki konsep lingkungan dengan bentuk rumah yang serasi. Namun, perumahan residence dan cluster memiliki konsep yang berbeda dalam segi gaya. Perumahan residence umumnya mengedepankan konsep desain rumah minimalis dan sederhana

2. Lokasi

Lalu dari segi lokasi, perumahan residence umumnya bertempat di kawasan sub-urban atau berada di luar kawasan perkotaan yang ramai. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan rumah cluster yang umumnya berada di pusat kota atau berada di dalam kota.

3. Jumlah Rumah

Dari segi jumlah, perumahan residence memiliki konsep jumlah rumah yang lebih banyak di dalamnya dibandingkan dengan konsep rumah cluster. Hal ini karena perumahan residence yang berada di area sub-urban yang lebih terbuka dan belum terlalu ramai, berbeda dengan klaster yang berada di pusat kota yang mungkin sudah tidak memiliki lahan yang lebih luas.

4. Harga

Lalu, perumahan residence juga umumnya memiliki harga yang relatif lebih murah daripada klaster. Beberapa di antaranya adalah lokasi dan fasilitas. Perumahan residence memang umumnya memiliki fasilitas yang lengkap seperti tempat ibadah dan taman untuk bermain. Tetapi, rumah cluster yang umumnya berada di kawasan perkotaan yang ramai atau kawasan khusus permukiman di dalam kota dan memiliki fasilitas premium tentu akan memiliki harga yang lebih mahal.

5. Fasilitas 

Desain cluster umumnya lebih modern dan dilengkapi dengan sistem smart home serta fitur canggih lainnya untuk memudahkan penghuni. Selain itu, keamanan di dalam cluster juga lebih terjaga dengan adanya kamera CCTV dan petugas keamanan 24 jam. Di sisi lain, perumahan residence memiliki desain yang lebih sederhana dan hanya menyediakan fasilitas umum seperti pos keamanan, tempat ibadah, taman bermain, dan sebagainya.

6. Suasana 

Cluster memiliki konsep terbuka dengan rumah yang tidak dikelilingi pagar dan dibatasi dengan tembok beton pendek. Seluruh kawasan dikelilingi tembok tinggi dan hanya memiliki satu gerbang masuk yang diawasi oleh petugas keamanan 24 jam. Sebaliknya, perumahan residence memiliki suasana asri dan sedikit polusi karena lokasinya yang berada di pinggiran kota. Perumahan residence memiliki suasana yang lebih tenang karena jauh dari pusat kota dan jumlah rumah yang sedikit.

Apa Saja Keunggulan Sistem Cluster Perumahan?

Setelah Anda mengetahui pengertian perumahan jenis cluster dan perbedaanya rumah cluster dan residence, sekarang saatnya Anda memahami keunggulan yang ditawarkan oleh sistem rumah cluster.

Tinggal di kawasan permukiman dengan sistem klaster adalah hal yang menguntungkan bagi Anda. Mengapa demikian? Anda akan mendapatkan berbagai macam fasilitas yang memadai. Baik itu fasilitas secara fisik maupun fasilitas lainnya. Misalnya saja kesempatan untuk bersosialisasi dengan tetangga hingga suasana yang nyaman. Jika diuraikan lagi, maka keunggulan dari sistem klaster adalah sebagai berikut.

1. Keamanan Ekstra Maksimal

Seperti dijelaskan di atas, sistem cluster memiliki sistem keamanan yang menerapkan one gate system atau sistem satu pintu. Dengan begitu, akses keluar dan masuk ke area cluster lebih terkontrol dengan baik. Ditambah lagi dengan petugas keamanan yang siaga selama 24 jam penuh, membuat sistem cluster memiliki keamanan lebih baik.

Pada sistem cluster yang menerapkan sistem satu pintu para pengunjung tahu orang yang keluar dan masuk akan di data kartu identitasnya. Lalu, sistem ini juga menggunakan kamera CCTV yang dipasang pada sudut-sudut dan bagian tertentu. Dengan demikian, sistem keamanan akan semakin maksimal dan membuat penghuni merasa aman setiap hari.

Baca juga: RUMAH AMAN SAAT MUDIK

RUMAH AMAN SAAT MUDIK

2. Fasilitas Lebih Lengkap

Keunggulan yang kedua dari sistem klaster adalah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas di sini tidak hanya sekadar keperluan di rumah atau tempat tinggal saja, melainkan di lingkungan sekitar rumah Anda. Fasilitas rumah tinggal biasanya berupa parkiran yang luas, sistem pengairan, sanitasi, dan sebagainya.

Sedangkan untuk fasilitas umum di perumahan cluster misalnya seperti sarana olahraga, taman, hingga tempat untuk bermain anak. Selain itu juga ada fasilitas lain seperti tempat ibadah, sekolah, hingga klinik yang dapat digunakan oleh para penghuni di cluster tersebut.

3. Memiliki Nilai Investasi yang Tinggi

Tidak hanya fasilitasnya saja, di sisi lain rumah di sebuah cluster juga lebih menguntungkan dari segi komersial. Ini karena fasilitas yang ada di perumahan cluster sangat komplit seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kemudian, kebanyakan cluster terbaik berada di lokasi-lokasi yang sangat strategis.

Contohnya saja dengan pusat perkantoran, pintu tol, maupun pusat-pusat pendidikan seperti kampus ternama. Maka tak heran, jika harganya terus melambung dari tahun ke tahun. Anda pun bisa menjadikan rumah cluster sebagai instrumen investasi menguntungkan.

4. Ruang Sosialisasi yang Luas

Beberapa cluster tidak dilengkapi dengan pagar yang menjulang tinggi. Hal ini memang sengaja dibiarkan oleh para pemiliknya. Tujuannya adalah agar lebih mudah untuk bersosialisasi antar tetangga. Anda bisa bertegur sapa saat pagi hari ketika berangkat bekerja, berolahraga, dan sebagainya. Begitu juga dengan anak-anak Anda dapat leluasa bermain dengan anak lainnya.

5. Minim Polusi Udara 

Para pengembang yang membangun rumah cluster harus mengalokasikan lahan yang lebih besar untuk ruang terbuka komunal. Dengan alokasi yang lebih besar untuk lahan komunal, dapat digunakan untuk membangun fasilitas umum seperti taman bermain dan kolam renang, sementara sisanya harus dialokasikan untuk dedaunan dan penghijauan.

6. Suasana yang Relatif Hening 

Anda dapat menjaga privasi Anda dengan lebih baik karena tidak perlu berbagi fasilitas umum dengan banyak orang seperti di apartemen. Selain itu, proyek perumahan cluster biasanya lebih kecil dan jumlah rumah yang dibangun biasanya tidak melebihi 150 unit. Dengan jumlah rumah yang terbatas, fasilitas yang tersedia dapat digunakan secara eksklusif dan jumlah orang yang menggunakannya akan lebih sedikit.

7. Cocok Bagi Anak-Anak 

Anda tidak perlu menggunakan lift untuk mengakses unit Anda seperti di apartemen tingkat tinggi. Setiap unit di rumah cluster memiliki akses langsung ke lantai satu, sehingga memudahkan anak-anak untuk keluar dan bermain. Keamanan 24 jam juga akan disediakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
Selain itu, kolam renang biasanya hanya beberapa langkah dari rumah di sebagian besar proyek perumahan cluster. Ini memungkinkan orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka dengan mudah dari kenyamanan rumah mereka.

Tips Dalam Memilih Rumah Cluster 

Membeli sebuah rumah bukanlah perkara yang mudah, membutuhkan perencaaan yang matang dan teliti. Proses mencari rumah memang bisa menjadi sulit. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi siapa saja yang ingin membeli rumah cluster.

1. Cari Tahu Mengenai Developer-nya 

Untuk mengetahui track record dari pengembang yang ingin dibeli, lakukan penelusuran terlebih dahulu melalui internet atau dari kerabat yang pernah membeli dari pengembang tersebut. Namun, perlu berhati-hati karena banyak berita hoax. Mengetahui informasi pengembang dapat membantu calon pembeli menilai apakah pengembang tersebut dapat dipercaya atau tidak dalam pembangunan rumah cluster yang bertanggung jawab.

2. Perhatikan Tipe Rumah dan Lokasnya 

Pins disarankan untuk melakukan survey langsung ke lokasi cluster untuk memastikan keterangan lokasi yang telah dicantumkan. Selain itu, dengan survey langsung, Pins juga bisa melihat desain setiap tipe rumah yang berbeda-beda sesuai dengan ukuran dan desainnya.

Itulah dia penjelasan tentang perumahan cluster dan perbandingannya dengan perumahan residence serta keunggulannya. Cluster adalah sebuah perumahan yang mengusung konsep desain hunian yang serupa. Rumah cluster umumnya dibandingkan dengan perumahan residence yang juga mengusung konsep desain serupa. Rumah cluster dan residence memiliki perbedaan signifikan dalam segi lokasi, fasilitas, dan juga harga. Keduanya adalah solusi bagi Anda yang ingin memiliki rumah tetapi tidak ingin membangun rumah dari awal.

Perumahan cluster memang memiliki keamanan yang luar biasa. Tetapi, tidak ada salahnya Anda menambahkan pengaman tambahan pada rumah Anda. Klopmart menyediakan berbagai jenis peralatan keamanan rumah dengan harga yang kompetitif. Kunjungi Klopmart sekarang juga!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya