Mengenal Cluster Perumahan dan Keunggulannya

Perumahan cluster menjadi primadona baru bagi masyarakat di era modern saat ini dalam mencari hunian terbaik. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki perumahan dengan sistem cluster yang dikembangkan oleh developer ternama. Cluster adalah beberapa unit rumah yang ada di kawasan tertentu. Lantas, apa saja ciri rumah cluster dan keunggulannya yang bisa Anda dapatkan? Simak ulasannya di bawah ini!

Ciri-Ciri Cluster Perumahan

Perumahan cluster memiliki beberapa perbedaan bila dibandingkan perumahan dengan sistem townhouse. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari sistem keamanan yang diterapkan, unit rumah, hingga desainnya. Berikut beberapa ciri perumahan sistem cluster yang perlu Anda ketahui.

  • Desain Satu Rumah dengan Lainnya Sama

Ciri utama dari sistem rumah cluster adalah memiliki desain yang hampir sama antara rumah satu dengan lainnya. Biasanya dalam satu perumahan sendiri terdapat beberapa cluster. Cluster A misalnya, tentu memiliki desain yang berbeda dengan cluster B. Unit rumah di sebuah cluster biasanya mengadopsi gaya minimalis.

  • Menerapkan One Gate System

Berbicara mengenai sistem keamanan, ciri khas dari cluster adalah memiliki gerbang masuk yang terbatas dan menerapkan one gate system. Artinya adalah hanya ada satu pintu untuk keluar dan masuk dan memudahkan dalam mengawasi keamanan di perumahan cluster tersebut. Para pengunjung pun diwajibkan untuk menunjukkan identitas mereka.

  • Jumlah Unit yang Cukup Banyak

Sementara itu, dari segi jumlah unitnya perumahan cluster memiliki unit yang cukup banyak. Misalnya saja dalam satu perumahan tertentu, memiliki sekitar 100 hingga 300 unit rumah. Rumah-rumah tersebut terbagi atas cluster-cluster tertentu.

Baca juga: Pindah ke rumah baru?

Keunggulan Sistem Cluster Perumahan

Tinggal di kawasan permukiman dengan sistem cluster adalah hal yang menguntungkan bagi Anda. Mengapa demikian? Anda akan mendapatkan berbagai macam fasilitas yang memadai. Baik itu fasilitas secara fisik maupun fasilitas lainnya. Misalnya saja kesempatan untuk bersosialisasi dengan tetangga hingga suasana yang nyaman. Jika diuraikan lagi, maka keunggulan dari sistem cluster adalah sebagai berikut.

  • Keamanan Ekstra Maksimal

Seperti dijelaskan di atas, sistem cluster memiliki sistem keamanan yang menerapkan one gate system. Dengan begitu, akses keluar dan masuk ke area cluster lebih terkontrol dengan baik. Ditambah lagi dengan petugas keamanan yang siaga selama 24 jam penuh, membuat sistem cluster memiliki keamanan lebih baik.

Pada sistem cluster yang menerapkan one gate system para pengunjung tahu orang yang keluar dan masuk akan di data kartu identitasnya. Lalu, sistem ini juga menggunakan kamera CCTV yang dipasang pada sudut-sudut dan bagian tertentu. Dengan demikian, sistem keamanan akan semakin maksimal dan membuat penghuni merasa aman setiap hari.

  • Fasilitas Lebih Lengkap

Keunggulan yang kedua dari sistem cluster adalah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas di sini tidak hanya sekadar keperluan di rumah atau tempat tinggal saja, melainkan di lingkungan sekitar rumah Anda. Fasilitas rumah tinggal biasanya berupa parkiran yang luas, sistem pengairan, sanitasi, dan sebagainya.

Sedangkan untuk fasilitas umum di perumahan cluster misalnya seperti sarana olahraga, taman, hingga tempat untuk bermain anak. Selain itu juga ada fasilitas lain seperti tempat ibadah, sekolah, hingga klinik yang dapat digunakan oleh para penghuni di cluster tersebut.

  • Memiliki Nilai Investasi yang Tinggi

Tidak hanya fasilitasnya saja, di sisi lain rumah di sebuah cluster juga lebih menguntungkan dari segi komersial. Ini karena fasilitas yang ada di perumahan cluster sangat komplit seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kemudian, kebanyakan cluster terbaik berada di lokasi-lokasi yang sangat strategis.

Contohnya saja dengan pusat perkantoran, pintu tol, maupun pusat-pusat pendidikan seperti kampus ternama. Maka tak heran, jika harganya terus melambung dari tahun ke tahun. Anda pun bisa menjadikan rumah cluster sebagai instrumen investasi menguntungkan.

  • Ruang Sosialisasi yang Luas

Beberapa cluster tidak dilengkapi dengan pagar yang menjulang tinggi. Hal ini memang sengaja dibiarkan oleh para pemiliknya. Tujuannya adalah agar lebih mudah untuk bersosialisasi antar tetangga. Anda bisa bertegur sapa saat pagi hari ketika berangkat bekerja, berolahraga, dan sebagainya. Begitu juga dengan anak-anak Anda dapat leluasa bermain dengan anak lainnya.

Dari ulasan di atas, cluster adalah hunian yang tepat untuk Anda pilih di kawasan perkotaan. Untuk memilih perumahan cluster terbaik, ada baiknya Anda memperhatikan pengembangnya terlebih dahulu. Begitu juga dengan lokasi dan harganya serta mekanisme pembayarannya. Semoga bermanfaat!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Feb 2020

Related Article