Cat dan Kimia

5 Ide Desain Rumah Minimalis Industrial yang Sedang Tren di 2024

Media
20 Agu 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Desain rumah industrial minimalis telah menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mendesain rumahnya. Hal ini bukan tanpa alasan tentunya. Desain minimalis menonjolkan sifat simpel serta serbaguna yang cocok digunakan di tengah semakin langkanya tanah untuk membangun rumah seperti di daerah Jakarta.

Selain simpel dan serbaguna, desain interior gaya minimalis dapat dipadgukan denan berabgai elemen, salah satunya desain industrial.

Sentuhan gaya desain industrial pada sebuah rumah minimalis dapat membuat tampilan interior rumah minimalis tidak terlalu simpel dengan beberapa cara, salah satunya menghadirkan focal point untuk menarik perhatian.

Apabila saat ini Anda sedang mencari berbagai bahan bangunan ataupun perlengkapan rumahan untuk mendukung pembangunan rumah impian Anda, dapatkan diskon yang menarik untuk berbagai pilihan produk Anda hanya di Klopmart.


Untuk memahami kombinasi desain rumah di atas, mari kita simak penjelasan apa itu rumah industrial dan bagaimana caranya membangun desain rumah industrial minimalis di artikel berikut ini.

Desain Rumah Industrial: Memadukan Keanggunan Vintage dan Keindahan Kesederhanaan

Rumah industrial adalah rumah dengan desain interior yang mengambil gaya desain seperti  bangunan pabrik-pabrik tua atau ruang-ruang industri yang telah dirubah menjadi ruang kerja atau tempat tinggal. Tujuan utama dari desain interior rumah industrial adalah untuk menunjukkan kesan tempo dulu serta kesan nostalgia yang penuh kehangatan.

Untuk mencapainya, desain rumah industrial memanfaatkan beberapa komponen. Estetika rumah industrial umumnya menggunakan beberapa komponen seperti kayu bekas atau usang, bata ekspos, beton ekspos, dan menggunakan perlengkapan pencahayaan bergaya lampu gudang atau pabrik.

Selain material, desain rumah industrial juga dapat ditonjolkan dari penggunaan perabotan yang bernuansa vintage atau jadul.

Perpaduan Desain Industrial dan Minimalis

Rumah bergaya industrial dapat dipadukan dengan konsep minimalis. Anda mungkin berpikir bagaimana rumah yang mencoba menunjukkan kesan pabrik atau gudang dengan area luas dipadukan dengan gaya minimalis yang memilik ciri khas berusaha memanfaatkan lahan seminimal mungkin.

Salah satu cara untuk memadukan kedua konsep tersebut adalah dengan menggunakan konsep ruang terbuka. Ruang terbuka sendiri merupakan konsep yang cukup populer dalam desain rumah minimalis. 

Dengan ruang terbuka, Anda dapat memanfaatkan sebuah ruangan yang multifungsi. Ruang terbuka juga akan meminimalisir kesan sempit dan kecil dari konsep rumah minimalis. Selain konsep minimalis, desain industrial juga dapat dipadukan dengan gaya Shabby Chic.
 

Tips Membuat Desain Rumah Industrial Minimalis

Pemilihan perabotan sebaiknya dilakukan berdasarkan gaya ataupun desain rumah yang telah ditentukan sebelumnya. Maka dari itu, untuk membuat desain rumah industrial minimalis, Anda sebaiknya memilih perabotan yang mencirikan kedua konsep.

Kita telah membahas kesan estetika apa yang ingin ditampilkan oleh interior rumah inudstrial. Untuk memahaminya lebih lanjut, simak pembahasan beberapa tips untuk menonjolkan kesan rumah industrial di hunian Anda.

1. Kombinasi Ekspos dan Kayu

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rumah industrial mengandalkan kesan estetis dari perabotan seperti kayu, batu bata dan beton ekspos, dan lain-lain. Elemen kayu pada rumah bergaya industrial ditujukan untuk menonjolkan kesan vintage dan juga hangat.

Penggunaan dinding bata ekspos, cat dinding berwarna abu-abu dengan kusen pintu dan jendela berwarna putih juga dapat menambah kesan vintage. Untuk menambahkan kesan industrial, rak untuk memajang benda-benda pajangan digunakan rak dari besi hollow dengan kayu sebagai penutup dindingnya. Dibentuk sedemikian rupa hingga mirip dengan kotak krat dari kayu.

2. Perpaduan Furnitur Besi dan Kayu

Tidak hanya pada dinding rumah, penggunaan material kayu dan juga besi juga dapat Anda lakukan pada bagian furnitur rumah impian Anda.

Kesan rumah industrial didapat dari gaya kotak krat kayu dipadu padan dengan kotak besi dan kotak krat anyaman rotan. Perabotan yang dipilih pun dengan nuansa warna yang sesuai. 

Meja makan dari jenis kayu olahan bergaya simple minimalis dipadu padan dengan kursi besi berwarna kaleng aluminum dan kursi kayu sebagai kursi utama di kepala meja. Karpet usang pun malahan menambah kesan vintage menjadi sangat kental.

Baca juga: 7 Furniture Rumah Minimalis Kebutuhan Wajib yang Estetik 

3. Aplikasi Konsep Rumah Industrial Minimalis pada Ruangan

Dapur merupakan salah satu ruangan sentral pada konsep minimalis. Dapur merupakan salah satu ruang terbuka yang umumnya menjadi pusat pada rumah minimalis. Hal ini membuat ruangan satu ini menjadi salah satu kunci untuk mewujudkan paduan industrial dan minimalis di hunian Anda.

Pada area dapur, pemilihan warna bernuansa hitam putih dipadu padan dengan kayu ekspos dan perlengkapan memasak bergaya sederhana, minimalis dan terbuat dari bahan stainless steel menambah kesan vintage. 

Perhatikan modul meja dapur yang terbuat dari besi hollow dan dilengkapi dengan roda. Dapur jadi terlihat lapang dan praktis. Meja-meja ini akan mudah digeser untuk lebih mudah membersihkan lantai dapur ini yang terbuat dari lantai semen ekspos. 

Baca juga: 7 Desain Rumah Knock Down beserta Kelebihannya!

5 Inspirasi Desain Rumah Gaya Industrial

Desain rumah industrial mengambil inspirasi dari estetika pabrik atau gudang dengan menonjolkan elemen-elemen kasar dan material industri seperti besi, beton, dan kayu kasar. Berikut adalah lima inspirasi desain rumah industrial:

1. Eksposur Struktur Bangunan

Pamerkan elemen-elemen struktural bangunan, seperti tiang dan balok besi, dinding bata, atau beton terbuka. Desain ini menciptakan tampilan yang kasar dan otentik, memperlihatkan keindahan dan integritas material bangunan.

2. Penggunaan Material Industri

Pilih material industri seperti besi, pipa galvanis, beton terlihat, dan kayu kasar. Integrasi material ini dalam elemen desain, seperti tangga besi, rak terbuka, atau dinding kayu palet, memberikan tampilan yang kuat dan tahan lama.

3. Pencahayaan Terbuka

Manfaatkan pencahayaan terbuka, seperti lampu gantung dengan desain industrial atau lampu tembok kawat, untuk menyoroti dan menciptakan atmosfer yang hangat. Pencahayaan ini dapat menjadi elemen dekoratif yang menambah karakter ruang.

4. Sentuhan Warna Netral dan Metalik

Pilih palet warna netral seperti abu-abu, hitam, dan putih sebagai dasar, sementara sentuhan warna metalik seperti perunggu atau tembaga dapat menambah aksen dan kehangatan pada ruang. Sentuhan warna metalik juga sering ditemukan pada furnitur dan aksesori.

5. Furnitur Industri

Investasikan dalam furnitur dengan desain industri, seperti kursi dan meja dari besi dan kayu, lemari dengan tampilan logam kasar, atau rak buku terbuka. Furnitur dengan desain sederhana, tetapi fungsional dan tahan lama, memperkuat estetika rumah industrial.

Desain rumah industrial menawarkan kombinasi antara keindahan kasar dan kenyamanan, menciptakan atmosfer yang unik dan karakteristik. Penting untuk menyesuaikan desain dengan preferensi pribadi dan kebutuhan fungsional rumah, sehingga menciptakan ruang yang nyaman dan menarik secara visual.

Itulah dia penjelasan rumah industrial minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi. Untuk menciptakan sebuah kesan tertentu pada rumah impian, Anda harus terlebih dahulu memiliki ide atau gambaran yang ingin Anda lakukan dengan rumah Anda.

Setelah menentukan konsep rumah industrial, tentunya Anda akan membutuhkan bahan bangunan seperti material besi, pintu maupun bahan bangunan lainnya. Semuanya dapat dipesan di Klopmart. Segera hubungi kami sekarang juga!

Menariknya, Anda berkesempatan mendapatkan harga distributor untuk berbagai pilihan produk Anda ketika membeli di Klopmart. Segera kunjungi kami sekarang juga.

Dengan memiliki ide yang solid, bukan tidak mungkin Anda membuat kesan unik serta personal di rumah industrial Anda. Semoga bermanfaat.

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb