Download Klopmart App

Pusat Bantuan

INSPIRASI: RUMAH BERGAYA VINTAGE INDUSTRIAL

Kali ini kita akan melihat beberapa ide yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam menata interior rumah Anda. Untuk mendekor interior rumah, Anda perlu membuat konsep lebih dahulu dengan tema yang sudah Anda pilih. Tanpa konsep, Anda akan memilih material dan perabotan yang tidak nyambung sehingga rumah Anda malah bukannya indah, tetapi malahan terlihat seperti gudang yang acak-acakan.

Dalam hal ini bentuk rumah tidak perlu banyak mengalami renovasi besar-besaran. Cukup dengan menggunakan bahan pelapis dinding dan materi lantai ditambah dengan pemilihan perabotan dan aksesori yang sesuai tema yang diinginkan, yaitu VINTAGE INDUSTRIAL.

 

Apa sih itu vintage industrial?

Industrial Style atau gaya industri adalah tren estetika dalam desain interior yang mengambil gaya seperti pabrik-pabrik tua dan ruang-ruang industri yang dalam beberapa tahun terakhir telah dikonversi menjadi ruang kerja atau tempat tinggal. Biasanya gaya industrial menggunakan beberapa komponen seperti kayu bekas pakai atau kayu usang, bata ekspos, beton ekspos, dan menggunakan perlengkapan pencahayaan bergaya lampu gudang atau pabrik. Kesan yang dituju adalah gaya interior seperti gudang atau pabrik djaman doeloe, kesan nostalgia yang penuh kehangatan, sederhana, dan tetap minimalis.

Perabotan yang dipakai pada beberapa inspirasi ini adalah perabotan yang bernuansa vintage atau bernuansa djadoel alias djaman doeloe. Vintage industrial berarti perabotan dan perlengkapan dekorasi bernuansa tempo doeloe tetapi tetap sederhana dan minimalis. Gaya ini masih dapat disambungkan dengan gaya Shabby Chic.

Perhatikan nuansa warna yang dipakai, terlihat tidak terlalu banyak warna yang saling kontras satu sama lain.

 

Ruang duduk pun cukup teliti dalam pemilihan materi dan warna. Lantai semen ekspos dipadu dengan papan kayu usang benar-benar mendukung gaya industrial. Dinding dengan gaya beton ekspos dan kayu putih ekspos menambah kesan vintage.

Perabotan yang dipilih bergaya sederhana dan minimalis. Beberapa perlengkapan dekorasi seperti kipas angin industrial dan koper antik dan juga buku-buku menambah kesan nostalgia yang hangat. Karpet bermotif klasik dengan warna sesuai terasa menambah kehangatan ruangan ini. Anda akan merasa betah berlama-lama di ruangan ini apalagi bercengkrama ditemani bersama keluarga.

 

Penggunaan dinding bata ekspos, cat dinding berwarna abu-abu dengan kusen pintu dan jendela berwarna putih menambah kesan vintage. Untuk menambahkan kesan industrial, rak untuk memajang benda-benda pajangan digunakan rak dari besi hollow dengan kayu sebagai penutup dindingnya. Dibentuk sedemikian rupa hingga mirip dengan kotak krat dari kayu.

Kesan gudang didapat dari gaya kotak krat kayu dipadu padan dengan kotak besi dan kotak krat anyaman rotan. Perabotan yang dipilih pun dengan nuansa warna yang sesuai. Meja makan dari kayu bergaya simple minimalis dipadu padan dengan kursi besi berwarna kaleng aluminum dan kursi kayu sebagai kursi utama di kepala meja. Karpet usang pun malahan menambah kesan vintage menjadi sangat kental.

Gantungan payung dan jaket menggunakan manikin tukang jahit jaman djaman doeloe. Lampunya pun menggunakan gaya lampu gantung sederhana sederhana dengan mengekspos bola lampu.

 

 

Dapur pun tidak ketinggalan didekorasi dengan gaya industrial. Pemilihan warna bernuansa hitam putih dipadu padan dengan kayu ekspos dan perlengkapan memasak bergaya sederhana, minimalis dan terbuat dari bahan stainless steel menambah kesan vintage. Perhatikan modul meja dapur yang terbuat dari besi hollow dan dilengkapi dengan roda. Dapur jadi terlihat lapang dan praktis. Meja-meja ini akan mudah digeser untuk lebih mudah membersihkan lantai dapur ini yang terbuat dari lantai semen ekspos. Rak dari besi dan kayu berwarna gelap semakin menambah kesan industrial kian kental. Toples-toples kaleng enamel berwarna putih krem dan berbagai model kotak krat kayu menambah kesan vintage.

Yang menarik adalah meja sebagai center island dapur ini. Meja ini terbuat dari rangka besi usang berdaun meja dari kayu yang sepintas menyerupai sebuah alat bekas pabrik lama.

 

Ruang tidur sebagai tempat untuk bersantai dan beristirahat berada persis di bawah atap. Ruangan ini pun tetap setia menjalankan tema vintage industrial dari keseluruhan interior rumah ini. Plafon dan lantai dari kayu usang yang diekspos membuatnya terasa hangat dan nyaman. Fokus ada pada tempat tidur, shingga warna dan motif dari penutup ranjang dan sarung bantal serta selimut memiliki peran penting menjaga nuansa hangat ruang tidur ini. Karpet bermotif dengan warna yang sesuai nuansa ruangan ini menambah kesan vintage.

Ruang tidur ini juga memiliki ruang baca yang berada berseberangan dengan tempat tidur. Kursi kursi bergaya retro membuat nuansa vintage yang kental dari rumah ini. Rak buku dan pajangan dipilih dari kayu berwarna putih dan bergaya sederhana dan minimalis. Meja kopi dari kayu yang dilengkapi roda dan karpet bundar mengunci ruang duduk ini sebagai satu kesatuan. Tambahan perlengkapan dekorasi adalah koper-koper tua dengan warna-warni menarik tetapi dengan model yang tetap simple dan minimalis menambah kesan vintage dari ruangan tidusr ini.

 

Seperti sudah disinggung di awal artikel bahwa konsep itu perlu dibuat lebih dulu sebelum kita keluar rumah dan membeli perabotan. Terlihat bahwa si pemilik rumah begitu teliti mengumpulkan perabotan dan perlengkapan dekorasi yang sesuai dan tetap setia dengan tema vintage industrial yang dipilihnya.

(sumber foto-foto: vintage industrial style)


Cek harga klik disini

Related Article