Tips & Trik

Tips Packing Pindahan Rumah yang Rapih serta Efektif

Media
26 Jul 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Proses pindah rumah merupakan sebuah hal yang cukup menantang, apalagi jika Anda berusaha untuk membawa semua barang-barang Anda. Untuk memastikan proses pindah rumah Anda lancar, Anda harus tahu tips proses pindah rumah yang baik serta tips packing pindahan rumah yang efektif.
 

Proses Pindah Rumah yang Efektif

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat pindahan rumah agar berjalan dengan lancar dan efektif
 

1. Rencanakan Tata Letak di Rumah Baru Anda

Sebelum pindah, pastikan dulu lay-out penempatan perabotan Anda di rumah yang baru. Lakukan pengukuran ruangan-ruangan rumah baru dan ukuran perabotan-perabotan yang Anda miliki. Kemudian gambarlah skema layout yang sesuai ukuran-ukuran tersebut. Hal ini untuk memudahkan pengangkutan perabotan ke dalam rumah baru. Saat tiba di rumah baru, langsung tempatkan perabotan tersebut di posisi yang sesuai.

Perhatikan posisi jaringan listrik dan jalur pembuangan sampah saat me-layout ruangan-ruangan dalam rumah baru Anda. Hal ini perlu dalam menempatkan posisi perangkat-perangkat listrik Anda. Perhatikan juga titik lampu agar ruangan mendapatkan penerangan yang memadai.
 

2. Persiapkan Peralatan Rumah Anda

Milikilah perlengkapan pembersihan yang lengkap, seperti sapu, pel, sikat WC, sikat pembersih, sabun deterjen, cairan-cairan pembersih, dan sebagainya. Jangan anggap remeh hal yang satu ini. Anda akan kebingungan saat harus membersihkan kotoran sementara Anda tidak memiliki perlengkapan yang memadai.

Milikilah peralatan perbaikan standar seperti satu set obeng, gunting, palu, gergaji, kunci pas, kunci Inggris dan sebagainya.
 

3. Siapkan Barang-Barang Anda

Jika Anda berniat untuk membawa seluruh barang-barang Anda saat pindah rumah, maka Anda harus tahu beberapa hal untuk memastikan Anda mengemas barang dengan baik.

Yang pertama, Anda harus mempersiapkan beberapa jenis kemasan. Umumnya, Anda hanya memperlukan kardus. Tetapi, untuk memastikan kalau barang Anda terjaga dalam proses pindah rumah, Anda bisa mempersiapkan bubble wrap. Bubble wrap ini akan membantu Anda mengamankan barang pecah belah dalam pengemasan dan perjalanan.

Kemudian, pisahkan barang-barang Anda berdasarkan kategori dalam proses pengepakan dan berikan label pada kemasan. Misalnya kotak kardus 'A' untuk barang-barang dapur, kemudian kardus 'B' untuk pernak-pernik di ruang tamu, dan lain-lain.

Anda juga harus memperhatikan cara Anda memperlakukan barang pecah belah. Pastikan Anda menggunakan bubble wrap untuk mengemas barang pecah belah. Dengan bubble wrap, Anda bisa mengemas barang-barang Anda yang memiliki sifat pecah belah dengan lebih baik.

Terkait pengemasan barang pecah belah, tempatkan barang pecah belah di tengah tumpukan barang-barang lain. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan barang akibat goncangan selama perjalanan pindah rumah Anda.

Idealnya, Anda menginginkan kemasan yang berukuran besar. Hal ini untuk membuat proses kategorisasi lebih mudah karena Anda bisa menempatkan barang-barang di satu ruangan di tempat yang sama. Selain itu, Anda juga tidak harus berurusan dengan sisa-sisa kardus yang banyak setelah Anda menyelesaikan proses pindah rumah Anda.

Baca juga: Pilihan Warna Keramik Agar Rumah Terlihat Luas
 

4. Gunakan Jasa Pindahan

Setelah Anda selesai mengemas barang-barang Anda, sekarang adalah saatnya memindahkannya menuju rumah baru Anda. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan jasa pindah rumah.

Anda mungkin berpikir kalau menggunakan jasa seperti itu tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan. Tetapi, dengan menggunakan jasa pindah rumah, Anda dapat menghemat waktu, serta meminimalisir kerusakan terhadap barang Anda akibat perjalanan, apalagi jika Anda pindah rumah yang cukup jauh misalnya dalam jarak kota.

Alternatifnya, Anda bisa sewa sebuah truk atau mobil berukuran besar lainnya untuk membantu Anda pindah rumah dengan lebih mudah. Dengan menyewa truk atau mobil berukuran besar lainnya, Anda tidak harus bolak-balik untuk mengangkut barang-barang Anda.
 

5. Persiapkan Rumah Baru Anda

Setelah barang-barang Anda sampai, Anda mungkin tergoda untuk langsung membongkar barang-barang Anda. Tetapi, sebelum itu, ada hal penting yang harus Anda lakukan.

Bersihkan dulu rumah baru Anda sebelum pindahan, supaya rumah Anda sudah bebas kotoran sebelum perabotan dan barang-barang Anda masuk. Pastikan rumah sudah bersih dari sarang hama seperti nyamuk, kecoa, tikus, dan juga rayap. Hal ini untuk menghindarkan rusaknya barang-barang dan perabotan Anda oleh hama.

Selain kebersihan, Anda harus memastikan kalau rumah baru Anda tidak memiliki kerusakan yang cukup parah. Perbaiki area-area rumah baru Anda yang rusak sedapat mungkin sebelum pindahan. Cat ulang jika memang diperlukan. Pengecatan akan lebih mudah dilakukan jika ruangan-ruangan masih kosong.

Agar proses pindah rumah Anda lebih aman, gantilah kunci rumah Anda. Untuk kunci-kunci modern, Anda dapat mengganti silinder rumah kunci tanpa perlu mengganti perangkat kunci dan pegangan pintunya. Hal ini penting untuk alasan keamanan, khususnya pada pintu-pintu area luar.
 

6. Mulai Isi Rumah Pindahan Anda

Setelah memastikan kalau rumah Anda telah bersih, inilah saatnya Anda membongkar barang-barang Anda. Untuk memastikan proses pindah rumah yang baik, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membongkar barang-barang Anda.

Yang pertama, jangan bongkar kardus-kardus barang-barang Anda sekaligus. Lakukanlah bertahap selama beberapa hari. Bongkarlah sesuai dengan kategori kardus yang telah ditentukan sebelumnya. Pastikan juga untuk membongkar kardus sesuai dengan keperluan Anda. Hal ini akan mengurangi kebingungan dan juga keletihan Anda.

Yang kedua, bongkarlah kardus-kardus yang berkaitan dengan ruang-ruang yang esensial, seperti kamar tidur. Aturlah dan rapikanlah kamar-kamar tidur terlebih dahulu. Kamar tidur utama dan kamar tidur anak pada khususnya. Hal ini penting, supaya seluruh anggota keluarga dapat beristirahat dengan nyaman setelah hari-hari awal pindahan.

Setelah memastikan kalau kamar-kamar tidur Anda rapi, Anda bisa mulai membersihkan dapur kemudian ke area kamar mandi. Atur dan rapikanlah dapur dan kamar mandi sehingga Anda dapat makan-minum dan membersihkan badan setelah penat membereskan rumah.

Barulah setelah Anda merapikan ruang-ruang esensial di atas, Anda bisa mengatur ruangan-ruangan lainnya seperti ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu dan sebagainya.

Sudah beres? Kini saatnya berkenalan dengan tetangga baru Anda karena hidup bertetangga itu perlu!

Itulah tips pindah rumah dan cara packing pindahan rumah yang efektif yang bisa Anda terapkan. Pindahan rumah merupakan sebuah kegiatan yang memakan waktu, biaya, serta tenaga yang banyak. Oleh karena itu, Anda harus merencenakan kegiatan pindahan rumah dengan benar agar semua proses dapat berjalan efektif dan Anda dapat menempati rumah baru Anda dengan lebih baik.

Baca juga: Pilihan Atap Untuk Ruang Jemuran Rumah Estetik

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya