Konstruksi

Cara Mengatasi Tampias Air Hujan dengan Efektif

Media
26 Jul 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pada saat pancaroba, setelah musim panas hampir berakhir, biasanya hujan mulai sering turun. Hal ini tentunya memerlukan perhatian kita, karena ada beberapa masalah umum pada rumah saat mulai musim hujan.

Salah satunya, adalah tampias. Tampias merupakan air hujan yang masuk melalui celah seperti jendela dan pintu serta bentuk atap dan menyebabkan bagian dari dalam rumah Anda menjadi basah.

Agar Anda dan rumah Anda dapat terlindungi selama musim hujan, berikut adalah beberapa tips atau cara untuk mengatasi tampias air hujan beserta masalah lainnya selama musim hujan.
 

Cara Mengatasi Tampias Air Hujan

Inti dari mengatasi tampias air hujan adalah dengan meminimalkan celah yang dapat membuat air hujan yang turun masuk ke dalam rumah Anda. Untuk melakukannya, berikut adalah bebeapa cara yang bisa Anda terapkan:
 

1. Menggunakan Tanaman Rambat

Tanaman rambat tidak hanya berfungsi untuk membuat rumah Anda tampak indah, namun juga dapat mencegah air masuk ke dalam rumah Anda. Tempatkan tanaman rambat di tembok di dekat pintu atau dinding luar rumah Anda. Dengan begitu, air hujan yang turun akan terserap oleh tanaman rambat dan bagian dalam rumah Anda pun akan aman dari hujan.


 

2. Memasang Lidah Atap

Lidah atap berfungsi agar air hujan yang turun tidak akan turun atau menggenang di dekat rumah Anda secara langsung. Umumnya, Anda cukup melebihkan ukuran atap sepanjang 1 hingga 1.2 m dari teras dan balkon rumah Anda untuk membuat lidah atap yang efektif untuk melindungi rumah Anda dari air hujan yang masuk ke dalam rumah.
 

3. Memasang Kain di Celah Jendela dan Pintu

Untuk mecegah air hujan masuk dari celah kecil, Anda bisa memasang kain di celah setiap jendela dan pintu rumah Anda. Ketika air hujan berhasil masuk dari celah-celah yang tidak terlihat, Anda bisa berharap kalau kain yang telah dipasang dapat menyerap air cukup cepat dan banyak untuk mencegahnya masuk ke dalam rumah Anda sepenuhnya.

Baca juga: Pengertian Roof Drain Beserta Spesifikasi dan Fungsinya
 

4. Memasang Kanopi Pada Jendela Rumah

Walaupun Anda sudah menutup rapat jendela rumah Anda, terkadang air masih menemukan celah untuk masuk, entah itu melalui retakan atau mungkin desain jendela rumah Anda memang kurang rapat.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa memasang kanopi pada jendela rumah Anda. Dengan adanya kanopi, air hujan tidak akan langsung turun ke jendela dan mencegahnya masuk ke dalam rumah dengan lebih maksimal. Selain itu, penggunaan kanopi juga dapat dapat mempercantik tampilan rumah Anda.

 

5. Meninggikan Area di Dalam Rumah

Desain yang bagus adalah salah satu solusi untuk mencegah air masuk ke dalam rumah. Terkadang, Anda sudah mencoba semua cara tetapi air hujan tetap bisa masuk ke dalam rumah Anda. Untuk melindungi bagian dalam dari rumah Anda dengan lebih maksimal, Anda bisa membuat area dalam rumah Anda lebih tinggi dibandingkan area luar.

Dengan begitu, air hujan yang menggenang di luar dan berusaha masuk akan lebih sulit masuk ke dalam rumah Anda. Tidak hanya mengatasi tampias, cara ini juga berguna untuk mengamankan rumah Anda dari banjir yang bisa menyusul.

Itulah dia tips cara mengatasi tampias air hujan. Di musim hujan yang disertai angin yang kencang, rumah Anda mungkin akan mengalami beberapa serangan yang membuat Anda tidak nyaman berada di rumah. Untuk memastikan Anda dan keluarga Anda tetap nyaman, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah air masuk ke dalam rumah seperti yang telah dijelaskan di atas. 

Baca Juga: Membersihkan Rumah Sesudah Kebanjiran

Apabila Anda mencari bahan bangunan lengkap untuk renovasi atau pembangunan rumah, Klopmart adalah tempat yang ideal. Di sini, tersedia beragam pilihan material berkualitas tinggi untuk mempercantik rumah impian Anda.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya