Konstruksi

Mengenal 10 Jenis Paving Block dan Ukurannya

Media
18 Apr 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Siapa yang bosan dengan tampilan jalanan yang monoton? Menggunakan paving block dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda. Tidak hanya untuk jalan umum, jalanan di rumah juga bisa Anda sulap menjadi lebih menarik loh. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, yuk ketahui terlebih dahulu model dan jenis paving block beserta ukurannya.


Apabila menginginkan desain yang unik dan dekoratif, Anda dapat menggunakan paving block warna-warni atau bentuk menarik. Namun apabila ingin tampilan yang simple, banyak jenis paving block yang bisa disusun biasa loh. Simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Paving Block

Apa yang dimaksud dengan paving block adalah jenis material pembentuk jalan atau permukaan lantai yang terbuat dari beton atau bahan-bahan lainnya. Paving block biasanya digunakan sebagai pengganti aspal atau bahan pengeras lainnya. Mengapa? Hal ini dikarenakan paving block lebih tahan lama dan mudah dipasang serta membutuhkan perawatan yang lebih sedikit.


Material tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna yang memungkinkan pembuatannya sesuai dengan kebutuhan desain dan fungsinya. Misalnya seperti penggunaan untuk jalan raya, trotoar, lapangan parkir, dan sebagainya. Paving block juga dapat membantu mengurangi resiko banjir. Permukaannya yang permeabel memungkinkan air untuk menyerap ke dalam tanah.

Model Paving Block Yang Kekinian

Lalu, seperti apa sih model dan jenis paving block yang tepat untuk digunakan? Selain kekuatan material, paving block juga dapat membuat tampilan jalanan lebih estetik. Yuk ketahui beberapa referensi model paving block yang kekinian di bawah ini.

1. Persegi Panjang Warna Bata


Model paving block yang pertama adalah berbentuk persegi panjang. Jenis paving block ini menggunakan warna merah bata untuk membuat tampilan yang unik. Apabila menggunakan jenis paving block ini, maka jalanan Anda terlihat seperti disusun menggunakan batu bata yang estetik. Menarik bukan? Menyusunnya secara dekoratif dapat menghasilkan tampilan yang maksimal.

2. Persegi Panjang Abu-Abu


Selanjutnya ada model paving block yang paling banyak digunakan. Terutama di jalanan umum, jenis persepi panjang abu-abu ini paling sering terlihat. Biasanya terdapat ukuran yang lebih kecil dengan tampilan tekstur batu ataupun granit.


Anda juga dapat mengaplikasikannya dengan penanaman rumput di sela-sela. Tentunya hal ini dapat menjadi alternatif tampilan estetik di jalanan Anda. Jenis paving block yang satu ini juga merupakan paling mudah ditemukan.


Baca juga: Ketahui Perbedaan Granit dan Keramik Pada Umumnya

3. Bentuk Rantai


Ingin paving block yang simple tapi tetap estetik? Anda dapat menggunakan model bentuk rantai atau tulang anjing ini di jalanan. Ukuran dari paving block jenis ini biasanya standar, desain juga dapat disesuaikan. Ada yang tersedia dengan warna beton alami, tetapi banyak juga yang memiliki tekstur batu ataupun granit.


Model paving block rantai ini juga bisa dicat sesuai selera loh. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih hidup, gunakan paving block yang telah diwarnai. Usahakan untuk menghindari warna yang terlalu cerah, apabila tidak ingin perawatan kebersihan paving block jadi lebih ekstra.

4. Dekoratif


Tampilan yang lebih estetik? Jenis paving block dekoratif ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Biasanya, model ini memiliki dua warna yang memiliki perpaduan menarik. Misalnya satu dengan warna beton alami, satu dengan warna merah bata atau semu jingga.


Apabila Anda menginginkan perpaduan warna lain, jenis ini dapat dikustom. Bagaimana caranya? Tentunya dengan melakukan pengecatan warna di paving block, sesuai dengan desain yang diinginkan.

5. Persegi 2 Warna


Desain paving block dengan dua warna tidak hanya berlaku untuk bentuk dekoratif. Anda juga bisa mengaplikasikan konsep warna tersebut pada model paving block persegi. Mulai dari pemasangan selang-seling, berselisih beberapa block dan cara perpaduan lain sesuai yang Anda inginkan.

6. Hexagonal


Pernah lihat model paving block hexagonal biasa? Jenis yang satu ini lebih menonjolkan sisi estetika yang menarik. Warna dari paving block pun juga dapat disesuaikan. Ukurannya biasanya standard sesuai jenis paving block hexagonal, tetapi dapat diberi motif menonjol dengan membaginya menjadi beberapa bagian.


Desain paving block ini merupakan salah satu jenis yang cukup sulit ditemukan. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan, percayakan pada ahli profesional agar mendapatkan hasil yang terbaik.


Baca juga: 6 Cara Pasang Paving Block Segi Enam

7. Zigzag


Referensi jenis dan model paving block selanjutnya adalah pemasangan zigzag. Anda dapat menggunakan jenis paving block persegi panjang untuk menggunakan model ini. Gunakan warna-warna abstrak yang menarik. Tampilan jalanan pun jadi lebih berbeda, estetik tapi sederhana.

8. Paving Block Batu


Selanjutnya ada paving block batu, bentuknya sendiri bermacam-macam. Banyak model paving block batu yang beredar di pasaran, mulai dari jenis hexagonal, persegi dan juga persegi panjang. Model ini akan cocok apabila Anda aplikasikan ke jalanan taman karena dapat memberi kesan lebih natural.

9. Model Warna-Warni


Paving block bisa dicat warna-warni? Tentu saja. Dengan berbagai macam jenis yang tersedia, Anda dapat mencoba untuk memberikan warna berbeda-beda dalam satu model. Cara ini akan membuat tampilan paving block Anda lebih ceria, menarik dan pastinya anti monoton.


Apabila tidak menyukai warna-warna mencolok, Anda dapat menggunakan warna-warna natural abstrak loh. Tone yang tenang membuat Anda dapat berjalan dengan nyaman dan betah melihat tampilan paving block. Untuk ukurannya sendiri, dapat disesuaikan dengan standar jenis yang digunakan.

10. Granit


Jenis paving block yang terakhir adalah granit. Model yang satu ini memiliki warna mirip dengan beton asli. Bedanya, tampilannya terlihat lebih unik dan desainnya eye-catching. Anda dapat memadukan jenis ini untuk berbagai macam desain yang diinginkan. Mulai dari persegi panjang, persegi, hexagonal hingga dekoratif.


Baca juga: Cara Pasang Paving Block Untuk Taman atau Halaman Rumah


Apabila menginginkan hasil terbaik, gunakan paving block granit yang berkualitas. Jadi bukan hanya memiliki tampilan estetik, tetapi fungsionalnya juga tetap berjalan baik. Tentunya, paving block lebih awet dan tahan terhadap kondisi apapun.


Itulah beberapa model dan jenis paving block yang dapat menjadi referensi Anda. Dengan menggunakan paving block, jalanan dapat didesain lebih menarik dan tidak monoton. Gunakan ahli profesional apabila Anda ingin memasang paving block di jalanan halaman rumah Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan meminimalisir kekeliruan pemasangan.


Butuh peralatan pemasangan paving block yang berkualitas? Kami menyediakan mu 301, perekat terbaik untuk memberikan hasil desain paving block sempurna. Kebutuhan material pembangunan lainnya? Tenang, Klopmart siap membantumu. Hubungi Klopmart sekarang juga, dapatkan informasi menarik lainnya.


Sumber rujukan:

  • https://berita.99.co/model-paving-block-halaman-rumah/ 
  • https://amp.dekoruma.com/artikel/73476/variasi-paving-block#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16786148806120&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya