10 Manfaat Kayu Meranti yang Wajib Diketahui

Manfaat kayu meranti yang kuat, awet, dan tahan lama membuat kayu ini menjadi pilihan utama bagi para profesional dalam proyek konstruksi maupun furniture. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat kayu meranti tidak hanya sampai disitu saja?

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai karakteristik kayu meranti dan apa saja manfaatnya khususnya bagi Anda yang sedang membangun rumah.

Mengenal Apa Itu Kayu Meranti (Karakteristiknya)

Kayu meranti adalah jenis kayu yang berasal dari beberapa jenis pohon dari genus Shorea, yang tumbuh di hutan hujan tropis di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Kayu meranti dikenal dengan warna yang beragam, mulai dari cokelat muda hingga cokelat tua, dengan tekstur yang halus dan serat yang rapi.

Berikut adalah beberapa karakteristik kayu meranti:

1. Warna

Kayu meranti memiliki warna yang beragam, mulai dari cokelat muda hingga cokelat tua, dengan tekstur yang halus dan serat yang rapi.


2. Pengolahan

Kayu meranti mudah dibentuk dan diolah, sehingga cocok digunakan dalam pembuatan perabotan atau kerajinan tangan.

3. Anti Rayap

Kayu meranti memang dikenal sebagai kayu yang tahan terhadap serangan hama dan rayap. Sifat ini disebabkan karena kandungan resin yang tinggi dalam kayunya, yang dapat membantu melindungi kayu dari serangan hama dan rayap.

4. Tahan Terhadap Cuaca

Kayu meranti memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca, sehingga tidak mudah rusak atau keropos jika terkena air atau sinar matahari. Hal ini membuat kayu meranti cocok untuk digunakan dalam proyek-proyek yang terpapar pada cuaca ekstrem.

5. Memiliki Estetika

Kayu meranti memiliki estetika yang indah, karena warna yang menarik dan tekstur yang halus. Kayu meranti cocok digunakan dalam desain interior maupun eksterior rumah, sehingga memberikan kesan yang elegan dan indah pada rumah Anda.

Manfaat Kayu Meranti

Kayu meranti dikenal sebagai salah satu jenis kayu terbaik karena memiliki banyak kelebihan. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Kayu Meranti Mudah Dikeringkan

Kayu meranti memiliki kadar air yang relatif tinggi, namun proses pengeringannya dapat dilakukan dengan mudah baik dengan cara alami maupun menggunakan alat. Hal ini membuat kayu meranti stabil dalam ukuran dan bentuknya setelah proses pengeringan.

2. Kayu Meranti Awet dan Tahan Lama

Kayu meranti dikenal akan kualitas kekuatannya dan daya tahannya yang baik. Terutama, kayu meranti merah dianggap sebagai jenis kayu yang memiliki kekuatan terbaik. 

Biasanya, kekuatan kayu dikelompokkan dalam lima tingkatan, dan makin kecil tingkat kelasnya, maka makin awet jenis kayu tersebut. Kekuatan kayu meranti merah dikelompokkan dalam kelas II-IV, dan dianggap mampu bertahan hingga 11 tahun. Sedangkan daya tahannya dikelompokkan dalam kelas III-IV yang mampu bertahan hingga 10 tahun. 

Kayu meranti dapat diperpanjang umurnya dengan menggunakan campuran minyak diesel dan kreosot.

3. Kayu Meranti Kuat dan Anti Rayap

Kayu meranti mudah untuk dikeringkan dan memiliki tekstur yang keras. Kualitas tersebut menyebabkan kayu ini tidak mudah mengalami perubahan bentuk dan tidak mudah mengecil. Keawetan kayu tersebut juga membuat kayu meranti tahan terhadap rayap.

Baca juga: Merawat Dinding Kayu

4. Kayu Meranti Cocok Sebagai Bahan Konstruksi

Kayu meranti memiliki tekstur yang keras, tahan lama, anti rayap, dan mudah dikeringkan, sehingga kayu ini sangat cocok digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Beberapa contohnya adalah untuk pembuatan rangka atap, parket lantai, railing tangga, pintu, jendela, bahkan untuk alas lantai. 

Selain itu, kayu meranti juga cocok digunakan sebagai bahan pembuatan perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, dan lemari. Dengan permintaan yang tinggi dan berbagai keunggulan, kayu meranti sempat dikhawatirkan akan punah.

5. Bahan Baku Pembuatan Kertas

Kayu meranti juga merupakan bahan baku yang digunakan dalam industri pembuatan kertas. Kayu meranti memiliki kadar serat yang tinggi sehingga cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas. 

Proses pembuatan kertas dari kayu meranti meliputi tahap-tahap seperti penebangan, penghancuran, pencucian, dan pengeringan kayu. Kemudian, serat kayu meranti diolah menjadi lembaran kertas yang digunakan dalam berbagai jenis produk kertas seperti kertas cetak, kertas amplop, dan lainnya.

Selain digunakan dalam industri pembuatan kertas, kayu meranti juga digunakan dalam industri kayu lapis, pembuatan perabot, dan juga sebagai bahan baku dalam industri farmasi. Kayu meranti juga digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tangan karena warna yang indah dan teksturnya yang halus.

6. Bahan Furniture Indoor dan Outdoor

Pohon meranti menghasilkan kayu yang berkualitas tinggi dan keras, sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan furniture seperti meja, kursi, peti perhiasan, dan berbagai cinderamata lainnya. Hal ini menjadikan kayu meranti memiliki nilai ekonomis yang tinggi dalam pasaran.

Baca juga: Ciri-Ciri Kayu Jati yang Berkualitas Tinggi dan Cocok untuk Furnitur

7. Fungsi Ekologi

Pohon meranti sering digunakan sebagai tempat bersarang oleh berbagai jenis burung di hutan hujan tropis di Asia Tenggara. Hal ini dikarenakan pohon meranti memiliki kandungan serat yang tinggi, yang menyediakan makanan bagi berbagai jenis satwa lainnya di hutan. 

Selain itu, pohon meranti juga memiliki peran penting dalam ekosistem hutan, sebagai tempat perlindungan dan perkembangan berbagai jenis tumbuhan dan satwa.

8. Mengurangi Dampak Erosi

Pohon meranti dapat membantu mengurangi dampak erosi di daerah-daerah dengan topografi yang curam. Pohon meranti memiliki sistem akar yang kuat dan dalam, yang dapat membantu menjaga stabilitas tanah dan mencegah erosi. 

Akar pohon meranti juga dapat mengikat tanah dan membantu menjaga kestabilan hulu sungai. Selain itu, pohon meranti juga dapat membantu meningkatkan kualitas air dengan mengurangi tingkat erosi dan sedimentasi di daerah hulu sungai.

9. Bahan Kosmetik, Sabun, Obat-Obatan, dan Makanan Olahan

Ekstrak dari daun dan kulit pohon meranti dapat digunakan sebagai bahan aktif dalam produk-produk kosmetik seperti sabun, lotion, dan krim. Ekstrak dari pohon meranti juga dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami dalam produk makanan olahan. 

Selain itu, pohon meranti juga dapat digunakan dalam pembuatan obat-obatan tradisional, karena dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.


10. Menjaga Sumber Air

Pohon meranti dapat menyediakan sumber air dengan cara menyimpan air dalam batang dan akar. Pohon meranti juga dapat membantu menjaga kualitas air dengan menyerap polutan dan memfasilitasi proses pengolahan air alami melalui proses fotosintesis.

Kini, Anda telah memahami berbagai manfaat dari kayu meranti. Jika Anda menginginkan kayu yang awet tahan dan anti rayap untuk berbagai furniture di rumah, kayu meranti cocok untuk Anda.

Pastikan juga Anda menggunakan cat pelindung lantai kayu berkualitas tinggi seperti Propan Aqua Parquet Lack agar kayu makin bermutu.

Temukan harga cat pelindung lantai kayu terbaik hanya di Klopmart sekarang juga. Demikian penjelasan mengenai manfaat kayu meranti, semoga dapat menjadi referensi bagi rumah Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya