8 Manfaat Batu Gamping atau Batu Kapur

Anda mungkin pernah mendengar bahwa manfaat batu gamping adalah sebagai bahan konstruksi. Tidak heran jika Anda menemukan material ini pada proyek pembangunan rumah, gedung, bahkan infrastruktur. Batu gamping alias batu kapur memiliki kelebihan tersendiri sehingga cukup reliabel diandalkan sebagai bahan bangunan.

Namun, tahukah Anda bahwa batu gamping memiliki manfaat di bidang kehidupan lainnya? Ya, karakteristik dan keunggulan batu gamping membuat material ini bersifat serbaguna dan bisa digunakan untuk keperluan apa pun. Pastinya Anda makin penasaran dengan profil batu ini, bukan? Simak penjelasan lengkap tentang batu gamping dan segudang manfaatnya di artikel ini.

Apa Itu Batu Gamping?

Batu gamping termasuk dalam golongan batu sedimen dan sering dikenal sebagai limestone. Batu gamping terbentuk dari kalsium karbonat (CaCO3). Proses pembentukannya sering terjadi di perairan laut dangkal. Jenis batu ini sering dikenal sebagai batu kapur di beberapa wilayah Indonesia.

Idealnya, batu-batuan yang bisa disebut sebagai batu gamping harus mengandung minimal 50% berat kalsium karbonat dalam bentuk mineral kalsit. Kandungan kalsium karbonat inilah yang menjadi sifat fisik utama saat mengidentifikasi batu gamping. Ada pun mineral lainnya dalam batu gamping, yaitu kuarsa, feldspar, mineral lempung, pirit, siderit, nodul besar rijang, nodul piritm nodul siderit, dan sebagainya.

Ada cara khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi batu gamping. Caranya, teteskan 5% asam klorida (HCl) ke atas batu yang ingin dites. Cairan yang bereaksi menandakan batuan tersebut berupa batu gamping.

Manfaat Batu Gamping alias Batu Kapur

Sekilas dijelaskan bahwa batu gamping memiliki manfaat besar dalam konstruksi, infrastruktur, dan berbagai bidang lainnya. Bagaimana pemanfaatan batu gamping dalam seluruh bidang kehidupan tersebut? Lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Sebagai Bahan Konstruksi

Batu gamping alias batu kapur sering diolah untuk keperluan konstruksi. Terdapat banyak cara untuk mengolah batu gamping menjadi material konstruksi. Contohnya, batu gamping jenis tertentu dipotong menjadi balok untuk menyusun konstruksi bangunan. Batu gamping juga bisa dipecah menjadi agregat kecil yang berguna sebagai bahan pembuatan semen dan beton untuk membangun rumah.

Batu gamping memiliki sifat yang kuat, padat, dan hanya terdiri dari beberapa pori di dalamnya. Tidak heran batu gamping diandalkan sebagai material bangunan karena dapat membuat rumah Anda tetap berdiri kokoh meski sering terkena aberasi. Selain itu, batu gamping juga lebih mudah didapatkan dari hasil penambangan.

2. Menstabilkan Jalan Raya

Proses pembuatan aspal pada jalan raya memerlukan batu gamping sebagai material penstabil supaya fondasinya tetap kuat dan kokoh. Batu gamping menjaga agar jalan raya tidak mudah retak meskipun sering terkena air hujan. Jalan raya juga tidak mengalami penyusutan pada malam hari atau pemuaian berlebih pada siang hari apabila dipasangi batu gamping. Hasilnya, jalan raya akan tetap awet dan tahan lama saat digunakan.

3. Menjernihkan Air

Manfaat batu gamping yang ketiga adalah sebagai bahan campuran penjernih air. Caranya, batu gamping yang mengandung bahan kapur dicampurkan dengan soda abu, kemudian dituangkan ke kolam atau tampungan air yang keruh sehingga kembali jernih. Proses ini bersifat kimiawi dan disebut sebagai proses kapur soda. Manfaat ini tentu berguna untuk menjernihkan sumur sebagai sumber air di rumah.

4. Mengatur pH atau Tingkat Keasaman Tanah

Manfaat batu gamping ini sangat berguna untuk Anda yang ingin membangun fondasi rumah. Pasalnya, beberapa jenis fondasi membutuhkan tingkat pH tanah tertentu agar tetap kokoh. Batu gamping dapat meningkatkan tingkat pH yang terlalu rendah karena mengandung bahan kapur yang berguna untuk menetralisir keasaman tanah. Selain konstruksi, manfaat ini tentu berguna untuk bercocok tanam.

5. Melapisi Atap

Batu kapur juga berguna untuk melapisi bagian atas atap agar tahan terhadap perubahan cuaca. Atap rumah pun tetap terlihat kuat dan tidak mudah melapuk meski sering terkena panas matahari atau air hujan. Batu gamping harus dihancurkan terlebih dahulu menjadi beberapa agregat kecil dan halus, barulah digunakan sebagai pelapis atap.

6. Sebagai Pupuk Tanaman

Batu gamping juga lebih unggul daripada batu andesit jika digunakan sebagai pupuk tanaman. Kandungan kalsium pada tanah justru akan lebih meningkat apabila ditaburkan pecahan batu gamping. Proses penyiraman tanaman dapat mengurangi kadar kalsium, jadi lebih baik Anda memanfaatkan batu gamping sebagai penyeimbangnya.

7. Membersihkan Kotoran dari Bijih Besi

Proses produksi baja sebagai salah satu material bangunan juga memerlukan batu gamping dalam jumlah yang tidak sedikit. Batu gamping bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dari bijih besi karena mengandung unsur yang dibutuhkan. Manfaat ini telah lama dirasakan oleh pabrik produksi baja sehingga menghasilkan material yang berkualitas.

8. Bahan Isian Produk Manufaktur

Batu gamping dengan kandungan kalsium karbonat di atas 95% juga berguna sebagai bahan isian produk manufaktur. Contoh produknya mencakup cat, bahan pembersih, kertas, plastik, dan karpet. Batu gamping harus digiling dalam bentuk yang kecil agar bisa digunakan sebagai bahan isian tersebut.

Penjelasan mengenai manfaat batu gamping di atas membuktikan bahwa material ini memang andal untuk bidang kehidupan apa pun, terutama konstruksi. Batu gamping malah sering dimanfaatkan daripada jenis batu-batuan lainnya untuk keperluan konstruksi atau pembangunan.

Tentunya Anda perlu memotong dan mengolah batu gamping dan material bangunan lainnya sebelum diterapkan pada konstruksi. Untuk mengolahnya, Anda memerlukan Sherlock batu potong sebagai alat untuk memotong material bangunan. Produk ini merupakan mata gerinda yang bisa dipasang pada mesin gerinda potong dengan mudah. Kendati bentuknya tipis, Anda dapat memotong plat, pipa, besi hollow, dan aluminium hanya dengan batu potong ini.

Kini, Anda bisa mendapatkan Sherlock batu gerinda dengan mudah secara online hanya di Klopmart. Hubungi kami sekarang juga untuk memesan produknya dan kami akan langsung mengantarkannya ke rumah Anda tanpa tambahan ongkir. Proses konstruksi pun menjadi lebih mudah karena berbelanja bahan bangunan secara online di Klopmart.

Semoga artikel mengenai manfaat batu gamping ini berguna sebagai sumber informasi Anda.

Sumber:


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Nov 2022

Related Article