10 Manfaat Batu Andesit dari Konstruksi hingga Kesehatan

Banyak sekali manfaat batu andesit dalam kehidupan kita. Anda mungkin berpikir bahwa batu andesit hanya bisa digunakan di dunia konstruksi dan infrastruktur. Ternyata, batu alam yang satu ini juga membawa manfaat langsung pada kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Anda pun bisa menemukan batu andesit dengan mudah di area pegunungan.

Kali ini, Klopmart akan mengulas lengkap tentang batu andesit dan manfaatnya dalam bidang konstruksi dan kesehatan. Langsung simak saja artikel ini sebagai sumber informasi Anda.

Mengenal Apa Itu Batu Andesit

Andesit merupakan gabungan antara batu basal dan batu dasit. Batu andesit termasuk dalam jenis batuan vulkanik, artinya terbentuk melalui proses vulkanik pada gunung berapi. Istilah andesit sendiri berasal dari nama Pegunungan Andes sebagai lokasi penemuan pertamanya. Namun, batu andesit juga banyak ditemukan di area pegunungan Indonesia yang memiliki aktivitas vulkanik cukup tinggi.

Kandungan mineral utama dalam batu andesit mencakup magnetit, zirkon, apatit, garnet, ilmenit, dan biotit. Ada pula alkali feldspar dan batu kuarsa dalam kandungan mineral batu andesit, tetapi kadarnya lebih sedikit dibandingkan mineral utama tersebut. 

Proses pembentukan batu andesit melibatkan cairan magma yang mengeras dan bergerak di perut bumi. Magma bergerak secara intrusi atau ekstrusi sehingga gunung berapi ikut meletus dan menghasilkan berbagai jenis batuan, termasuk batu andesit. Ada pun karakteristik batu andesit yaitu berwarna abu-abu dan memiliki tekstur seperti butiran halus.

Baca juga: 5 Cara Menyusun Batu Pondasi yang Benar

Manfaat Batu Andesit

Penggunaan batu andesit sudah lazim di kalangan masyarakat Indonesia. Apa saja manfaat batu andesit yang sering ditemukan di Indonesia?

1. Material Konstruksi Bangunan

Seperti apa penggunaan batu andesit di bidang konstruksi? Anda bisa membuat struktur dan fondasi bangunan hanya dari batu andesit. Namun, batu andesit untuk bahan konstruksi haruslah melewati serangkaian tes atau pengujian kekuatan dahulu. Tesnya mencakup kekuatan tekanan, geser, berat jenis, uji tarik, kepadatan, dan sebagainya. Batu andesit yang lolos tahap uji menunjukkan tingkat elastisitas batuan yang memenuhi kriteria.

2. Pengganti Paving Block

Anda pun dapat membangun paving block di area eksterior rumah dengan memanfaatkan batu andesit. Jenis batuan ini mampu menahan beban yang cukup berat di atasnya sehingga bisa diandalkan untuk memasang paving block pada carport, garasi, area parkir, hingga trotoar di jalan raya.

3. Pembangunan Lantai, Dinding, dan Pagar

Tidak hanya struktur bangunan, batu andesit juga dapat diandalkan untuk membangun elemen lain dalam rumah, seperti lantai, dinding, dan pagar. Anda tidak perlu khawatir saat ingin membangun lantai atau dinding eksterior karena batu andesit tahan terhadap cuaca ekstrem. Batu andesit juga dipilih sebagai jenis batu alam yang dapat memberikan kesan elegan pada eksterior rumah.

4. Pembangunan Bendungan

Satu lagi infrastruktur yang bisa dibangun dari batu andesit yaitu bendungan. Alasannya, struktur batu andesit cukup rapat dan padat sehingga tidak menyebabkan kebocoran. Sudah ada banyak daerah pertanian yang membangun bendungan air dari batu andesit, salah satunya di Jawa Tengah.

5. Nisan Kuburan

Nisan kuburan juga banyak yang terbuat dari batu andesit. Jenis batu alam ini lebih terjangkau daripada batu marmer yang juga sering dimanfaatkan sebagai batu nisan kuburan. Nisan pada makam warga keturunan Tionghoa menggunakan batu andesit dengan desain yang menarik sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum.

Baca juga: Catat! 8 Manfaat Batu Gamping yang Wajib Anda Ketahui

6. Peralatan Dapur

Cobek dan ulekan yang biasa Anda gunakan ternyata terbuat dari batu andesit! Beberapa peralatan dapur tradisional juga menggunakan batu andesit untuk peralatan memasak atau mengolah makanan. Contohnya, lumpang untuk menumbuk biji-bijian dan batu bakar sebagai alat pemanggang tradisional.

7. Kerajinan Tangan

Perajin juga memanfaatkan batu andesit untuk membentuk hasil kerajinan tangan yang cantik. Mereka bisa membuat patung, arca, tempayan, kap lampu, bahkan pancuran air kolam hanya dengan batu andesit. Hasil kerajinan dari batu andesit juga memiliki tampilan yang menarik untuk menghias rumah Anda.

8. Mengurangi Kecemasan dan Stress

Mari kita membahas manfaat batu andesit dari segi kesehatan. Batuan ini dapat menghilangkan stress dan perasaan cemas. Hasil penelitian yang dilakukan pada 1997 menunjukkan bahwa batu andesit bisa mengurangi tekanan pada tubuh. Caranya, gunakan batu andesit untuk memijat area tubuh yang tegang selama 15 menit dan tubuh Anda akan kembali rileks.

9. Mengatasi Insomnia

Pijatan dengan batu andesit juga bisa meredakan insomnia alias susah tidur. Cobalah memijat punggung dengan batu andesit, maka Anda akan merasa rileks sehingga tidak kesulitan untuk tidur. Kualitas tidur pun akan lebih baik sehingga Anda kembali merasa segar ketika bangun di pagi hari.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Terakhir, batu andesit bisa pula meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pijatan dengan batu andesit ternyata berpengaruh pada tekanan darah dan retensi air sehingga imunitas tubuh makin meningkat. Manfaat ini bisa Anda rasakan ketika kurang merasa enak badang atau sering terkena flu akibat perubahan cuaca.

Banyak sekali manfaat batu andesit dalam kehidupan manusia, bukan? Di antara semua manfaat tersebut, Anda pasti tertarik dengan penggunaan batu andesit di bidang konstruksi dan infrastruktur. Siapa sangka, batuan vulkanik ini ternyata cukup kuat digunakan sebagai bahan fondasi, dinding, bahkan pembangunan jalan raya.

Anda pasti ingin menggunakan batu andesit untuk pembangunan rumah karena kelebihannya tersebut. Namun, Anda memerlukan batu potong sebagai mata mesin gerinda untuk memotong batu andesit sehingga lebih siap digunakan. Gunakan batu potong merek Sherlock untuk kualitas batu hasil potongan yang lebih unggul.

Lebih mudah memesan batu potong gerinda secara online daripada Anda mencarinya di setiap toko bangunan, tetapi belum tentu menemukannya. Kemudahan tersebut bisa dirasakan di Klopmart yang jual Sherlock batu potong dengan harga terjangkau. Langsung hubungi kami segera untuk mendapatkan batu gerinda Sherlock untuk kebutuhan konstruksi Anda. Rasakan manfaat batu andesit yang sangat besar dengan menjadikannya sebagai material konstruksi di rumah atau gedung Anda.

Sumber:


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Nov 2022

Related Article