Kelebihan dan Kekurangan Mesin Las 450 Watt, Yuk Cari Tahu!

Bagi Anda yang bekerja di bidang teknik dan memerlukan mesin las, atau mungkin sedang mempertimbangkan mesin las yang paling tepat untuk Anda beli sendiri, ada baiknya Anda membaca ulasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan mesin las 450 watt ini. Apalagi, terdapat banyak jenis mesin las di pasaran serta brand yang mengeluarkan beberapa mesin las dengan spesifikasi tertentu.

Mesin Las

Melalui teknologi yang sudah serba maju seperti sekarang ini, tidak heran kalau di sektor industri pun ikut berpacu dengan mesin-mesin yang diproduksi untuk dapat membantu praktik industrial, mesin las tidak terkecuali. Mesin las sendiri termasuk mesin industrial yang sudah lama tersedia dan sudah dikembangkan dari zaman ke zaman sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Penyempurnaan mesinnya juga jadi perhatian.

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis mesin las yang paling umum digunakan dan dicari oleh para pekerja di dunia industri. Jenis pertama adalah mesin las karbit, yakni mesin las yang berfungsi untuk menyambung logam dengan logam lain (pengelasan) yang dalam prosesnya dilakukan dengan gas asetilen (C2H2) sebagai bahan bakarnya.

Proses pengerjaannya sendiri dilakukan dengan membakar bahan bakar dan menimbulkan nyala api dengan suhu hingga 3.500 0C. Panas yang cukup untuk mencairkan logam induk sekaligus logam pengisi.

Jenis mesin las yang berikutnya adalah mesin las listrik, di mana dalam proses pengerjaan tidak ada bahan bakar yang digunakan karena sudah memanfaatkan tenaga listrik melalui elektroda. Mesin las listrik termasuk mesin yang cukup populer sekarang karena ukurannya yang terbilang kecil dan lebih mudah untuk dioperasikan. Namun demikian, arus listrik yang dialirkan juga cukup besar, jadi pastikan tegangan aman jika Anda memilih untuk menggunakan mesin las jenis ini.

Baca juga: 5 Cara Las Galvanis Agar Tidak Rusak

Kelebihan Mesin Las 450 Watt

Setelah memahami definisi persisnya mesin las itu sendiri, kini Anda perlu tahu secara spesifik kelebihan dan kekurangan mesin las 450 watt berikut. Kelebihan dari mesin las 450 watt ini tidak akan dilihat dari brand tertentu yang memproduksi mesin las, tetapi lebih ke performanya secara keseluruhan.

Kelebihan pertama dari mesin las 450 watt ini adalah ukurannya yang cenderung kecil dan lebih ramping. Dalam pekerjaan dengan mobilitas yang tinggi, akan lebih menguntungkan untuk menggunakannya karena mudah dibawa-bawa ke mana saja. Berikutnya adalah ukurannya secara fisik yang lebih kecil, tidak heran kalau jenis pengerjaannya juga akan sangat cocok untuk pengelasan yang lebih ringan. Contohnya seperti pengelasan hollow, pagar, atau sejenis plat besi lainnya.

Selain itu, karena kapasitas daya listriknya yang terbilang rendah, yakni tidak lebih dari 3000 watt, mesin las yang satu ini akan sangat cocok untuk digunakan dengan tujuan pengerjaan skala kecil. Termasuk juga keperluan rumahan atau bengkel yang lebih kecil. Ditambah lagi, kelebihan mesin las 450 watt ini juga dapat digunakan untuk menambal lubang pada besi, menyambung plat dengan kokoh, dan harganya yang lebih terjangkau.

Baca juga: Pengertian Mesin Bor, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Kekurangan Mesin Las 450 Watt

Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan mesin las 450 watt ini akan diakhiri dengan membahas kekurangan dari mesin las ringan berikut. Ini juga penting untuk jadi pertimbangan Anda sebelum akhirnya membeli salah satu dari mesin las 450 watt ini. Mengecek kekurangan mesin las yang akan Anda beli juga dapat banyak membantu pengerjaan yang akan dilakukan.

Kekurangan pertama dari mesin las 450 watt ini adalah hanya dapat digunakan untuk kawat las dengan ukuran 2.0 dan 3.2 mm saja. Sehingga, untuk penggunaan kawat las dengan ukuran yang lebih besar, jelas tidak bisa. Berikutnya, sekalipun nama jenis mesin las ini mesin las 450 watt, tetapi kenyataannya mesin las ini tidak dapat dioperasikan pada pengerjaan dengan daya listrik 450 watt. Jangan sampai terkecoh.

Baca juga: K3: Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Begitu kelebihan dan kekurangan mesin las 450 watt ini yang perlu Anda ketahui dan cermati sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli mesin las 450 watt ini. Pertimbangkan dengan lebih teliti terkait kebutuhan penggunaan mesin las ini sebelum membeli. Kalau memang tujuan penggunaan hanyalah untuk pengerjaan dalam skala kecil, tidak ada salahnya untuk membeli mesin las 450 watt ini.

Bagi Anda yang sedang mencari mesin las dengan harga distributor, KlopMart menyediakan berbagai macam mesin las berkualitas dan juga alat mesin industri lainnya.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya