Atap & Lantai

GANTI PLAFON TRIPLEKS ANDA DENGAN PLAFON GRC

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Akhir-akhir ini banyak rumah tinggal yang mengganti plafon tripleksnya dengan plafon berbahan GRC. Alasannya tripleks mudah lapuk dan dimakan rayap.

    Apa itu GRC?

    GRC (Glassfibre Reinforced Concrete) adalah salah satu jenis Beton Serat yang menggunakan Serat kaca sebagai material penguatnya. GRC juga termasuk ke dalam kelompok beton pra-cetak (precast concrete) karena sudah dicetak lebih dulu di luar area proyek sebelum digunakan.

    Lalu apa untungnya pakai plafon GRC?

    • GRC memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap pengaruh lingkungan sehingga usia pakainya lebih panjang dibandingkan tripleks. Tahan air dan kelembaban. Tidak cepat lapuk. Tidak disukai rayap.

     

    • Koefisien muainya rendah, sehingga pemuaian yang terjadi tidak signifikan. Hal ini menyebabkan material GRC tidak mudah pecah sebagai efek samping muai-susut.

     

    • Bobotnya lebih ringan dibandingkan precast concrete lain.

     

    • Plafon GRC mudah dipotong sehingga mudah disesuaikan dengan bentuk desain rumah Anda.

     

    • Harganya terjangkau karena sedikit lebih murah dibandingkan dengan harga tripleks. Cek juga harga papan GRC.

     

    • Sambungan antar lembaran GRC dapat disamarkan dan dirapikan dengan kompon.

     

    Cara memasang plafon GRC pun boleh dikatakan cukup mudah. Mari kita bahas satu persatu:

    1. Hitunglah luasan area plafon rumah yang akan ditutupi dengan plafon GRC. Kemudian dibagi dengan luas selembar plafon GRC, maka kita akan mendapatkan jumlah lembaran yang kita perlukan.

     

    1. Pilih dan pasang rangka plafon. Dapat menggunakan balok kayu, besi hollow ataupun baja ringan. Untuk rangka kayu, pilihlah jenis kayu yang kuat dan pastikan diberi lapisan anti rayap sebelum dipasang.

     

    1. Pasang plafon GRC ke rangka plafon. Gunakan paku khusus jika menggunakan rangka kayu. Jika menggunakan besi hollow atau baja ringan, gunakan sekrup khusu untuk papan GRC. Perhatikan untuk tidak menggunakan paku atau sekrup pada ujung sudut papan GRC! Hal itu akan menimbulkan retakan bahkan pecahnya sudut papan GRC.

     

    1. Menyatukan sambungan. Pastikan menggunakan kompon khusus GRC pada setiap sambungan antar papan sehingga sambungan akan tertutup rapi. Jika menggunakan kompon untuk material gypsum, maka kompon tersebut akan retak saat mengering.

     

    1. Pasang lis plafon pada pertemuan plafon dengan dinding rumah. Lis plafon akan menutup celah antara papan GRC dengan dinding sehingga ruangan akan tampak lebih rapi. Lis plafon juga mencegah serangga dan cicak masuk ke dalam rumah melalui celah antara plafon dan dinding tadi.

     

    1. Pengecatan. Setelah semua kompon kering, lakukan pengecatan plafon. Pilihlah warna yang sesuai dengan desain rumah Anda.

     

    (dirangkum dari berbagai sumber)

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya