Saniter

Berikut Ciri-ciri Air Kotor Atau Tercemar yang Harus Dihindari!

Media
09 Jun 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Air kotor bisa jadi masalah serius yang akan mengganggu kesehatan Anda kalau tidak segera diselesaikan. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu ciri-ciri air kotor atau tercemar yang harus dihindari.

Air bisa disebut air kotor jika tercemar dan mengandung kapur, asam, atau terkontaminasi limbah domestik. Oleh sebab itu, berikut ciri-ciri air yang tercemar yang perlu diketahui untuk menjaga keamanan serta kesehatan Anda sendiri.

Namun sebelum itu, bilamana Anda ingin memesan berbagai bahan bangunan untuk kebutuhan hunian Anda saat ini, Klopmart menawarkan diskon yang menggiurkan untuk Anda. Segera nikmati potongan harganya untuk produk pilihan Anda.


Ciri-ciri Air Kotor atau Tercemar yang Harus Diantisipasi

Berikut ini beberapa ciri air yang tercemar yang perlu Anda ketahui yakni di antaranya:

1. Mengandung Bahan Pelarut dan Endapan

Seperti sudah disebutkan di atas, tidak menutup kemungkinan jika di dalam air terlarut juga bahan-bahan yang tidak seharusnya ada, termasuk endapan.

Bahan pelarut atau endapan ini dapat membuat air jadi berbau, memiliki keasaman dengan derajat cukup tinggi, memiliki rasa, serta menjadi berwarna. Ini sudah pasti ciri-ciri air kotor atau sudah terkontaminasi, sebaiknya tidak digunakan atau diminum.

2. Air Berbau

Saat air yang Anda gunakan atau hendak Anda olah menjadi air minum ini mengeluarkan bau tertentu, terutama aroma tidak sedap, berarti air sudah kotor dan terkontaminasi. Standar air bersih adalah tidak memiliki bau apa-apa. Oleh sebab itu, air yang mengeluarkan bau tidak sedap adalah ciri-ciri air kotor.

3. Derajat Keasaman Berlebih

Jika berbicara mengenai air minum, air yang aman dikonsumsi adalah air dengan derajat keasaman (pH) yang berada di angka 7 atau netral. Jika air tersebut memiliki derajat keasaman yang kurang atau lebih dari level keasaman tersebut, maka air tersebut dinyatakan asam atau basa.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa air dengan derajat keasaman 8 masih bisa dikonsumsi, atau sering disebut dengan air alkali. Namun penelitian ini masih diperdebatkan dan belum bisa dibuktikan kebenarannya secara penuh. Sementara derajat keasaman air bersih umumnya berada di angka 6.5-8.5.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Besi pada Air Sumur Bor

4. Terdapat Banyak Mikroorganisme

Untuk mengetahui banyak atau tidaknya mikroorganisme dalam air memang memerlukan uji sampel lebih lanjut. Namun, terkadang Anda juga dapat melihat banyak mikroorganisme pada air dengan mata telanjang.

Adanya mikroorganisme dalam air membuat pasokan oksigen pada air akan berkurang sehingga air menjadi tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

5. Air Memiliki Rasa Tertentu

Air yang memiliki rasa jelas tidak aman. Ini adalah ciri-ciri air kotor yang harus Anda hindari. Rasa air tersebut biasanya muncul sudah terkontaminasi dengan senyawa kimia atau senyawa organik sintetis dalam air.

Oleh sebab itu, biasakanlah mencari air yang tawar dan tidak memiliki rasa tertentu, apalagi jika ingin digunakan sebagai konsumsi sehari-hari.

6. Radioaktivitas pada Air Tinggi

Polutan yang berasal dari limbah industri seringkali membuat air mengandung zat radioaktif. Jika air sudah mengandung zat radioaktif, maka air tersebut bukan lagi hanya memenuhi ciri-ciri air kotor, tetapi juga memberikan dampak buruk bagi lingkungan sekitar dimana air ini mengalir. Salah satunya adalah meningkatnya potensi kanker jika terpapar zat radioaktif dalam waktu yang lama.

7. Suhu Air Mudah Berubah-ubah (tidak normal)

Anda harus tahu bahwa dalam kondisi yang normal, suhu air akan lebih rendah daripada suhu sekitarnya. Jadi sangat wajar jika air cenderung bersuhu lebih dingin dari suhu sekitar Anda. Namun jika yang terjadi justru sebaliknya dalam kondisi normal suhu air terus berubah, dapat dipastikan air tersebut sudah tercemar.

Ciri-ciri air kotor yang terakhir sekaligus jadi ciri yang paling mudah dideteksi adalah saat air tidak lagi bening tapi cenderung berwarna. Air jelas sudah kotor atau tercemar sehingga tidak mungkin lagi untuk menggunakan air tersebut.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Air Sumur Bor yang Bagus Digunakan

5 Tips Menjaga Kualitas Air di Lingkungan Rumah Anda

Sekarang mari pelajari cara-cara untuk menjaga kualitas air bersih di lingkungan rumah. Ada beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk memastikan air yang kamu gunakan aman dan berkualitas.

1. Menggunakan Sumber Air yang Bersih

Langkah pertama dalam menjaga kualitas air adalah memastikan bahwa sumber air yang kamu gunakan bersih. Pastikan bahwa sumur atau pipa air yang kamu gunakan tidak terkontaminasi oleh bahan kimia atau zat berbahaya lainnya. Jika ada keraguan mengenai kebersihan sumber air, tidak ada salahnya untuk melakukan pengujian kualitas air secara berkala.

2. Membersihkan dan Merawat Tangki Air dengan Tepat

Buat kamu yang menggunakan tangki air, pastikan lakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kebersihannya. Bersihkan tangki secara teratur dan hindari tumpahan minyak atau bahan kimia ke dalamnya. Melalui cara ini, air yang disimpan di tangki pasti akan tetap bersih dan aman untuk digunakan.

3. Menggunakan Filter Air

Menggunakan filter air adalah cara efektif untuk menjaga kualitas air di rumah. Filter air dapat menyaring partikel-partikel kecil dan zat-zat berbahaya yang mungkin terdapat dalam air. Pastikan untuk mengganti filter secara teratur sesuai dengan petunjuk produsen sehingga air yang kamu gunakan pun tetap bersih.

4. Menghindari Penggunaan Bahan Kimia Berlebihan

Penggunaan bahan kimia berlebihan dalam membersihkan rumah dapat berdampak buruk pada kualitas air. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan bahan kimia rumah tangga dan hindari pembuangan berlebihan ke dalam sistem pembuangan air.

5. Memasang Sistem Penyaringan Air

Jika airmu sering kali terkontaminasi atau berkualitas rendah, memasang sistem penyaringan air bisa jadi solusi yang baik. Sistem ini dapat membersihkan air sebelum digunakan di rumah sehingga kamu dapat yakin air yang digunakan selalu bersih.

Baca juga: 13 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Cepat

Setelah mengetahui ciri-ciri air kotor yang sudah dijelaskan di atas, maka diharapkan Anda bisa lebih berhati-hati sebelum menggunakan air dari sumber tertentu. Pastikan bahwa air yang hendak digunakan tidak memiliki salah satu bahkan lebih dari ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas tadi.

Selain itu, lengkapi juga berbagai kebutuhan material bangunan maupun perlengkapan domestik yang Anda butuhkan dengan harga distributor hanya di Klopmart. Buruan nikmati potongan harganya untuk berbagai produk pilihan Anda sekarang juga.


Parameter kualitas air bersih ini sangat penting dipantau untuk menjamin air yang dikonsumsi aman tidak hanya bagi kesehatan manusia, tapi juga bagi hewan dan tumbuhan di sekitar. Setelah Anda memastikan air yang digunakan terbukti bersih dan bisa dikonsumsi, selanjutnya Anda bisa menampung air tersebut di rumah menggunakan tangki air.

Klopmart menyediakan tangki air yang terbuat dari stainles steel dengan kombinasi kromium 18% dan nikel 8%. Kandungan anti karat pada tangki ini juga cukup tinggi, sehingga akan lebih awet dan tahan lama. 

Tangki ini dirancang dengan menampilkan gaya hidup yang eksklusif serta sebagai tempat penyimpanan air dalam skala rumah tangga yang aman, bersih, dan higienis. Harga tangki air ini cukup terjangkau, Anda bisa mengeceknya secara langsung di Klopmart. Kalau begitu, kunjungi Klopmart sekarang juga dan penuhi kebutuhan rumah tangga Anda dengan aman.

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb