Lampu & Listrik

CARA MEMBERSIHKAN SETRIKA

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Jika setrika sudah cukup lama digunakan ataupun jumlah baju yang disetrika cukup banyak setiap kalinya, ada kalanya pada bagian bawah tapak setrika akan terlihat kerak, Kerak ini akan semakin menebal pada tapak setrika, khususnya pada tapak setrika yang tidak memiliki lapisan coating anti lengket.

     

    Memangnya kenapa itu harus dibersihkan?

    Setrika yang sudah berkerak, akan sulit meluncur di atas kain pakaian Anda. Akan terasa sedikit lengket. Selain itu, panas yang dialirkan ke pakaian akan berkurang sehingga pakaian tidak kunjung licin! Kemudian Anda akan menaikkan level panasnya untuk mengkompensasi masalah ini. Otomatis beban listrik yang dikonsumsi setrika juga meningkat. Pakaian Anda pun akhirnya akan cepat rusak sebelum waktunya.

    Kerak pada tapak setrika berasal dari serat kain yang terbakar dan menempel. Kerak ini juga terbentuk dari karet sablon yang melekat pada tapak setrika yang panas.

     

    Trus gimana caranya menghindarinya?

    Salah satu cara adalah baca dulu buku petunjuk penggunaan (manual book) sebelum menggunakan setrika Anda! Setrika modern biasanya memiliki beberapa tingkat suhu oemanasan yang disesuaikan dengan jenis kain dari pakaian Anda. Taatilah petunjuk penggunaannya. Sebelum menyetrika pakaian, biasakan pisahkan pakaian Anda sesuai jenis bahan kainnya. Pakaian berbahan kain sutra dan yang berbahan halus mengkilap dipisahkan tersendiri dari pakaian berbahan kain katun. Begitu juga pakaian berbahan wool. Mulailah dari pakaian yang memerlukan level panas terendah dan diakhiri dengan pakaian berbahan katun, yang umumnya memerlukan level panas tinggi.

     

    Lalu bagaimana dengan T-shirt yang sablonnya bagus dan tebal?

    Salah satu triknya adalah menyetrika kaos bersablon dalam keadaan dibalik. ‘Dibalik’ ini bukan berarti kepala di bawah yaaaa! ‘Dibalik’ ini berarti sisi bagian dalam kaos berada di sisi sebelah luar. Sisi yang bersablon berada di dalam kaos. Nah, setrikalah dalam keadaan demikian, sehinigga sablonan tidak terkena langsung dengan tapak setrika. Gunakan juga level panas yang tidak terlalu tinggi. Jangan menggunakan level panas maksimum kecuali Anda ingin gambar sablon tersebut berpindah ke bawah tapak setrika!

     

    Berikut beberapa trik membersihkan tapak setrika Anda:

    TRIK #01 Soda Kue + Air

    • Buatlah campuran 1 sendok makan air dan 2 sendok makan soda kue. Aduk hingga rata dan terasa agak kental.
    • Oleskan merata pada bagian bawah tapak setrika. Pastikan setrika dalam kondisi dingin dan terputus hubungan listriknya! Oleskan pada bagian yang kotor. Jika tapak setrika Anda kotor sekali, oleskan dalam jumlah lebih banyak. Biarkan selama beberapa menit.
    • Bersihkan campuran soda kue tadi dari tapak setrika dengan kain bersih yang dilembabkan. Jangan gunakan kain basah! Peras kain hingga hanya terasa lembab dan tidak ada air yang menetes lagi.
    • Ambil kain atau pakaian using yang bersih. Nyalakan setrika dan gosoklah setrika di atas kain atau pakaian using tadi. Hal ini akan melepaskan sisa kotoran yang masih ada dan menempel pada tapak setrika Anda.

     

    TRIK #02 Cuka + Garam

    • Campurkan dua bagian cuka putih dan satu bagian garam dapur.
    • Panaskan di atas kompor dengan api medium hingga garam larut tetapi jangan sampai cuka mendidih. Jangan kaget, biasanya baunya agak sedikit menyengat.
    • Dinginkan sebentar hingga hangat.
    • Kenakan sarung tangan plastik/karet. Rendam kain bersih di dalam campuran tersebut. Kemudian oleskan pada bagian bawah tapak setrika. Jangan menggunakan sikat atau sabut cuci jika tapak setrika dilapisi lapisan anti lengket (lapisan Teflon). Lapisan Teflon akan baret dan terkupas nantinya.
    • Bersihkan campuran cuka + garam tadi dari tapak setrika dengan kain bersih yang dilembabkan. Jangan gunakan kain basah! Peras kain hingga hanya terasa lembab dan tidak ada air yang menetes lagi.
    • Ambil kain atau pakaian using yang bersih. Nyalakan setrika dan gosoklah setrika di atas kain atau pakaian using tadi. Hal ini akan melepaskan sisa kotoran yang masih ada dan menempel pada tapak setrika Anda.

     

    TRIK #03 Kertas Koran

    • Nyalakanlah setrika Anda. Pasang suhu pada level panas tertinggi.
    • Ambil selembar kertas Koran. Letakkan di atas meja setrika. Ratakan.
    • Gosokkan setrika panas di atas kertas Koran hingga kotoran dan kerak terlepas dari tapak setrika.
    • Jika masih ada kerak yang lengket, taburkan garam di atas kertas Koran.
    • Gosokkan setrika panas tadi di atas kertas Koran hingga tidak terasa lengket lagi.

     

    Yang jelas, untuk mencegah atau memperlambat menumpuknya kotoran pada tapak setrika, lakukan kebiasaan memilah pakaian dan melakukan penyetrikaan dari level panas rendah ke level panas tinggi. Kebiasaan itu terjadi dari satu kegiatan yang secara sadar dilakukan secara rutin berulangkali.

     (wikihow, rumahlia, craftsy)

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya