Home & Living

8 Cara Memasang Gas Elpiji yang Benar dan Aman

Media
16 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara memasang gas elpiji / lpg tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Selama Anda mengikuti prosedur dan menggunakan pengama yang telah disediakan, maka Anda dapat memasangnya dengan relatif mudah.

Namun, hal itu bukan berarti Anda bisa memasang tabung gas sembarangan. Ada kalanya Anda akan kesulitan memasang tabung gas karena satu dan lain hal. Untuk berjaga-jaga, Anda harus tahu cara memasang tabung gas yang susah dipasang, Sebab, sebagian besar kecelakaan tabung gas disebabkan karena pemasangan gas yang kurang tepat.

Tips Sebelum Memasang Tabung Gas

Apabila ingin memastikan semua proses pemasarngan gas sudah dijalankan dengan benar dan baik, Anda harus memperhatikan proses sebelum mulai memasang. 

Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus dicermati sebelum membeli tabung gas:

  • Belilah tabung gas di toko resmi
  • Cek kondisi segel plastik pada tabung gas ketika membeli
  • Pastikan rubber seal atau pelindung karet terpasang dan kondisinya baik
  • Wajib menggunakan regulator SNI
  • Mengatur posisi selang agar jauh dari api
  • Simpan tabung gas di tempat yang aman

Cara Memasang Tabung Gas dengan Aman dan Efektif

Berikut adalah tips pemasangan tabung gas dengan benar dan aman yang dapat Anda coba terapkan.

1. Tabung Gas Harus Memiliki Logo SNI

Dalam cara memasang tabung gas, tidak hanya caranya saja yang harus dilakukan dengan benar. Akan tetapi juga komponen yang digunakan pun harus baik dan memenuhi standar.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih komponen dan tabung gas lpg yang memiliki logo SNI. Anda pun bisa mendapatkan tabung gas dan komponennya dengan logo SNI di toko yang tepercaya maupun di distributor resmi agar lebih aman dan tidak kebocoran gas.

Baca juga: Kompor Induksi vs Kompor Gas: Mana yang Cocok Untuk Anda

2. Sirkulasi Udara dalam Keadaan Baik

Sirkulasi udara memang menjadi fokus utama ketika Anda ingin memasang gas lpg atau meletakkannya di dapur. Sirkulasi udara yang baik bisa menghindarkan risiko kecelakaan atau tabung meledak. Intinya, sirkulasi udara harus mengalir dan memiliki ventilasi yang cukup.

Di sini, Anda bisa membuka jendela maupun pintu selebar mungkin pada saat memasang tabung gas. Selain untuk mencegah terjadinya ledakan, dengan adanya ventilasi yang baik juga menghindarkan Anda dari gas-gas berbahaya yang dapat terhirup dalam tubuh.

3. Perhatikan Posisi Tabung Gas

Setelah memastikan sirkulasi udara dalam keadaan baik, maka Anda harus memperhatikan posisi tabung lpg yang akan dipasang. Saat memasang tabung gas, pastikan tabung gas berada posisi tegak lurus dan berada lebih rendah daripada posisi kompor.

Tujuannya adalah untuk menghindari risiko gas lpg tersambar api pada saat sedang menyala. Begitu pula dengan posisi selang dengan pipa gas yang terdapat pada bagian belakang kompor. Jangan sampai selang tersebut tergencet benda lain, tidak berkelok maupun terlilit yang dapat menghambat gas.

4. Kompor Harus Kondisi Mati

Mungkin ini terlihat sepele, namun juga cukup fatal jika tidak diperhatikan dengan baik. Oleh karena itulah, pastikan kompor dalam kondisi mati ketika Anda memasang lpg. Pada saat memasang gas lpg, Anda harus yakin bila tombol pada kompor dalam kondisi ‘off’.

Hal tersebut dilakukan guna menghindari terjadinya ledakan atau kecelakaan tabung pada saat pemasangan. Sebab tidak jarang terjadinya kecelakaan atau ledakan tabung terjadi karena lupa mematikan kompor saat memasang tabung tabung gas lpg.

Ketika gas sudah terpasang dengan benar, Anda bisa coba menghidupkan kembali kompor tersebut.

Baca juga: 5 Cara Memilih Alat Pemanas Air Agar Sesuai Kebutuhan

5. Buka Segel Plastik

Membuka segel plastik merupakan cara memasang gas lpg berikutnya. Hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan kualitas tabung gas yang baik adalah tabung gas tersebut haruslah mempunyai segel plastik. Setelah itu, Anda harus membuka segel plastik tersebut sebelum memasukkan karet seal ke dalam tabung gas.

6. Karet Seal Terpasang dengan Baik

Karet seal disebut juga dengan rubber seal dalam komponen pemasangan dan penggunaan gas lpg untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri. Rubber seal ini dipasang pada mulut tabung. Rubber seal biasanya berbentuk seperti cincin dan berwarna merah atau pink dengan ukuran yang kecil.

Bila tabung gas dalam kondisi baik, maka dilengkapi dengan rubber seal yang baik pula. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan secara teliti mengenai kondisi rubber seal tersebut. Misalnya saja mengenai kelenturan, tidak mudah sobek, dan halus. Kemudian, perhatikan pula ukurannya agar terpasang dengan sempurna pada tabung lpg.

7. Memasang Regulator Gas

Pemasangan regulator gas ini sebenarnya cukup mudah.

  1. Pertama, sambungkan ujung selang dengan pipa gas di bagian belakang kompor.
  2. Pasangkan cincin penjepit ke ujung pipa gas yang sebelumnya telah disambung dengan selang.
  3. Pastikan ujung selang tersambung pada pipa gas di belakang kompor dengan kuat.
  4. Kencangkan selang menggunakan cincin penjepit.
  5. Pasang bagian ujung selang satunya ke regulator gas.
  6. Selanjutnya pasang regulator gas di sebuah katup tabung lpg. Putarlah kenop regulator gas (kunci regulator) secara perlahan. Pada saat memutar knop tersebut, lakukanlah dengan searah jarum jam.

Hal lainnya yang harus diperhatikan saat memasang regulator adalah pastikan selangnya dalam keadaan terbuka. Dalam artian tidak tertekuk maupun tertindih benda lainnya. Dalam membeli regulator ini pastikan memiliki SNI dan dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Rumah aman saat mudik

8. Cek Kompor Gas

Langkah terakhir dalam cara memasang gas lpg dengan benar adalah dengan mengecek kompor tersebut. Dalam pengecekan ini, Anda sebaiknya pastikan jika tidak ada bunyi yang mendesis keluar. Namun, kalau Anda mendengar suara mendesis tersebut sebaiknya lepas kembali regulatornya dan ganti karetnya.

Cara Memasang Regulator Gas

Berikut adalah cara memasang regulator dengan mudah.

1. Sambungkan Ujung Selang dengan Pipa Gas

Anda hanya perlu memasukan salah satu ujung selang ke dalam pipa gas di bagian belakang motor.

2. Pasang Cincin Penjepit 

Cincin penjepit berfungsi sebagai pengaman selang yang wajib ada dan biasanya terbuat dari logam sewarna selang dan dapat dikencangkan dengan obeng.

3. Pastikan Selang Gas Dipasang dengan Benar

Pastikan ujung selang sudah tersambung dengan kuat pada pipa gas yang ada di belakang kompir lalu pastikan telah dikencangkan oleh cincin penjepit dengan kuat. 

4. Pasang Ujung Selang Lainnya ke Regulator

Berikutnya, pasang ujung selang satunya pada pipa regulator gas. Sambungan pada regulator ini juga harus kencang dengan penjepit tabung gas lpg agar aman.

5. Periksa Kembali Semuanya agar Tak Ada Kesalahan

Pada cara ini, kamu hanya perlu memeriksa ulang seluruh proses dari tahap awal. Pastikan juga sambungan selang pada regulator sudah terpasang dengan baik dan terlindungi dengan kuat oleh cincin penjepitnya. 

Cara Mengatasi Gas Bunyi 

Bila terdapat suara mendesis dari tabung gas lpg Anda, maka itu merupakan salah satu tanda dari gas yang bocor. 

1. Hindari Kontak Api dan Listrik

Hal yang pertama dapat dilakukan adalah menjauhkan segala kontak listrik di sekitar gas atau dalam ruangan dapur. Serta dilarang untuk menyalakan lampu walaupun perlu untuk diterangkan, sebab arus listrik berinteraksi dengan semburan gas akan memicu kebakaran. Kebocoran ini juga sensitif terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan api, seperti korek, percikan rokok, bara, dan lainnya. 

2. Memberi Seal Karet Tambahan

Suara mendesis dari tabung gas ini juga diakibatkan oleh karet seal yang berada pada mulut tabung kurang tebal. Anda dapat memasang kembali regulator yang sudah diganti dengan seal baru agar suara mendesis tersebut hilang. 

3. Rendam Seal Karet ke Dalam Air

Berikutnya adalah dengan meminimalisir kebocoran gas dengan merendam karet seal di dalam air. Cara ini memungkinkan bagian seal karet sudah terlalu kering serta kekurangan elastisitasnya sehingga tidak dapat mengunci rapat tabung gas. 

4. Tambahkan Lakban Elastis pada Seal Karet

Cara terakhir adalah dengan menambahkan lakban elastis pada seal karet, dengan cara melilitkan lakban sebanyak 2 atau 3 kali dan masukan karet seal berlakban ke dalam mulut tabung gas lalu memasang kembali regulator ke tabung gas dengan rapat. 

Kenapa Kompor Gas Tidak Menyala Padahal Gas Sudah Terpasang?

Hal ini biasanya terjadi karena aliran gas dari tabung menuju kompor tersumbat. Bila hal itu terjadi sebaiknya cek kembali indikator jarum di regulator. Bila jarum belum tepat cobalah untuk menepuk dan menggoyangkan tabung secara perlahan.

Itulah dia cara memasang gas lpg yang aman dan efektif yang dapat Anda coba. Untuk keamanan, pastikan Anda hanya membeli tabung gas lpg dengan logo SNI. Selain itu, pastikan juga kelengkapan alat, seperti regular gas, segel plastik, dan karet rubber.

Setidaknya cara memasang gas lpg di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu Anda akan merasa lebih aman dan nyaman saat memasak menggunakan kompor tersebut. Semoga bermanfaat!


Sumber rujukan: 

  • https://www.s-gala.com/blog-post/mengatasi-gas-bunyi
  • https://berita.99.co/cara-memasang-gas/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya