Cara memasang gas elpiji yang aman dan mudah

Gas elpiji menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia saat ini. Bagaimana tidak, tabung gas elpiji digunakan untuk memasak setiap hari baik bagi rumah tangga maupun industri kecil dan menengah. Permasalahannya adalah, meski sering digunakan masih saja ada sebagian masyarakat yang menganggap memasang gas elpiji itu susah dan berbahaya.

Padahal, pemasangannya sangat mudah dan aman jika mengikuti prosedur yang benar. Bagaimana cara memasang gas elpiji dan komponennya dengan aman dan mudah? Simak ulasannya di bawah ini.

Tabung Gas Harus Memiliki Logo SNI

Dalam cara memasang gas elpiji, tidak hanya caranya saja yang harus dilakukan dengan benar. Akan tetapi juga komponen yang digunakan pun harus baik dan memenuhi standar. Untuk itu, Anda sebaiknya pilih komponen dan gas elpiji yang memiliki logo SNI. Anda pun bisa mendapatkan gas elpiji dan komponennya dengan logo SNI di toko yang tepercaya maupun di distributor resmi agar lebih aman dan tidak kebocoran gas.

Sirkulasi Udara dalam Keadaan Baik

Sirkulasi udara memang menjadi fokus utama ketika Anda ingin memasang gas elpiji atau meletakkannya di dapur. Sirkulasi udara yang baik bisa menghindarkan risiko kecelakaan atau tabung meledak. Intinya, sirkulasi udara harus mengalir dan memiliki ventilasi yang cukup.

Di sini, Anda bisa membuka jendela maupun pintu selebar mungkin pada saat memasang tabung gas elpiji. Selain untuk mencegah terjadinya ledakan, dengan adanya ventilasi yang baik juga menghindarkan Anda dari gas-gas berbahaya yang dapat terhirup dalam tubuh.

Posisi Tabung Juga Penting Diperhatikan

Setelah memastikan sirkulasi udara dalam keadaan baik, maka Anda harus memperhatikan posisi tabung elpiji yang akan dipasang. Untuk pemasangan leher tabung elpiji yang benar adalah posisinya tegak lurus harus lebih rendah daripada posisi kompor.

Tujuannya adalah guna menghindari risiko gas elpiji tersambar api pada saat sedang menyala. Begitu pula dengan posisi selangnya. Jangan sampai selang tersebut tergencet benda lain, tidak berkelok maupun terlilit yang dapat menghambat gas.

Kompor Harus Kondisi Mati

Mungkin ini terlihat sepele, namun juga cukup fatal jika tidak diperhatikan dengan baik. Oleh karena itulah, pastikan kompor dalam kondisi mati ketika Anda memasang elpiji. Pada saat memasang gas elpiji, Anda harus yakin bila tombol pada kompor dalam kondisi ‘off’.

Hal tersebut dilakukan guna menghindari terjadinya ledakan pada saat pemasangan. Sebab tidak jarang terjadinya kecelakaan atau ledakan tabung terjadi karena lupa mematikan kompor saat memasang tabung elpiji. Ketika gas sudah terpasang dengan benar, Anda bisa coba menghidupkan kembali kompor tersebut.

Karet Seal Terpasang dengan Baik

Karet seal disebut juga dengan rubber seal dalam komponen pemasangan dan penggunaan gas elpiji untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri. Rubber seal ini dipasang pada mulut tabung. Bila tabung gas dalam kondisi baik, maka dilengkapi dengan rubber seal yang baik pula.

Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan secara teliti mengenai kondisi rubber seal tersebut. Misalnya saja mengenai kelenturan, tidak mudah sobek, dan halus. Kemudian, perhatikan pula ukurannya agar terpasang dengan sempurna pada tabung elpiji.

Pasang Regulatornya

Memasang regulator elpiji ini sebenarnya cukup mudah. Pertama, Anda harus melepas segel plastik yang ada di tabung. Lalu, pasanglah regulator tadi di sebuah katup tabung elpiji. Putarlah kenop regulator perlahan. Pada saat memutar knop tersebut, lakukanlah dengan searah jarum jam.

Hal lainnya yang harus diperhatikan saat memasang regulator adalah pastikan selangnya dalam keadaan terbuka. Dalam artian tidak tertekuk maupun tertindih benda lainnya. Dalam membeli regulator ini pastikan memiliki SNI dan dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Rumah aman saat mudik

Cek Kompor

Langkah terakhir dalam cara memasang gas elpiji dengan benar adalah dengan mengecek kompor tersebut. Dalam pengecekan ini, Anda sebaiknya pastikan jika tidak ada bunyi yang mendesis keluar. Namun, kalau Anda mendengar suara mendesis tersebut sebaiknya lepas kembali regulatornya dan ganti karetnya.

Lalu, saat mengecek kompor terkadang tidak serta merta menyala. Bila hal itu terjadi sebaiknya cek kembali indikator jarum di regulator. Bila jarum belum tepat cobalah untuk menepuk dan menggoyangkan tabung secara perlahan.

Setidaknya cara memasang gas elpiji di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu Anda akan merasa lebih aman dan nyaman saat memasak menggunakan kompor tersebut. Semoga bermanfaat!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Feb 2020

Related Article