Saniter

7 Manfaat Soda Api bagi Rumah Tangga dan Industri

Media
29 Jun 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ada banyak sekali manfaat soda api yang bisa Anda gunakan, baik untuk keperluan rumah tangga maupun keperluan industri. Bahan kimia satu ini memang sebuah bahan multifungsi, dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Soda api, atau natrium hidroksida (NaOH), ini merupakan suatu bahan kimia yang memiliki sifat basa sangat kuat. Walaupun bernama soda, tetapi soda api ini sangat berbahaya bahkan jika hanya menyentuh kulit Anda. Maka dari itu, Anda harus sangat berhati-hati ketika menggunakannya.

Untuk mempelajari manfaat soda api secara lebih mendalam, baik itu untuk keperluan rumah tangga maupun keperluan industri, Anda dapat membaca ulasan lengkapnya di bawah ini. Mari simak dengan seksama!

Manfaat Soda Api

Manfaat soda api ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang di berbagai bidang. Untuk keperluan rumah tangga, Anda pasti sudah sering mendengar bahwa soda api ini biasa digunakan untuk membersihkan saluran air yang mampet.

Di sisi lain, soda api juga banyak dipakai untuk keperluan industri, mulai dari tekstil, kaca, kertas, hingga bahan pembersih. Salah satu produk industri yang pembuatannya memerlukan soda api adalah sabun.


Sebelum menggunakan soda api, pastikan Anda telah menyiapkan alat pelindung diri yang lengkap terlebih dahulu, seperti sarung tangan, kacamata, dan masker. Soda api ini memiliki sifat yang sangat korosif dan akan berbahaya bila bersetuhan dengan kulit.

Selain untuk keperluan rumah tangga dan industri di atas, berikut ini beberapa manfaat soda api lainnya.

Baca juga: 5 Fungsi Soda Api untuk Saluran Air Tersumbat

Manfaat Soda Api Untuk Rumah Tangga

Manfaat Soda Api Untuk Rumah Tangga

Soda api bisa Anda manfaatkan untuk keperluan rumah tangga, beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Membersihkan Saluran Air

Saluran air pada rumah seringkali mengalami penyumbatan atau mampet. Hal tersebut biasanya terjadi karena ada endapan kotoran atau sampah yang menumpuk di dalam pipa saluran air tersebut. Hal ini jelas akan sangat mengganggu aktivitas rumah tangga, seperti banjir karena air tidak dapat mengalir dengan semestinya.

Untuk mengatasi penyumbatan pada saluran air, Anda dapat menggunakan soda api. Sifat dari soda api yang korosif ini dapat dengan mudah melarutkan endapan kotoran atau sampah yang ada di dalam pipa saluran air dan membuatnya kembali mengalir dengan lancar.

Cara menggunakan soda api untuk membersihkan saluran air juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan soda api dengan air dalam wadah yang tidak terpakai, lalu mengaduk larutan tersebut hingga tercampur rata. Setelah larutan tercampur rata, tuangkan larutan tersebut ke saluran tersumbat, diamkan selama saat, lalu bilas saluran air dengan air hangat.

Selain itu, Anda juga bisa langsung menaburkan soda api ke dalam saluran air yang mampet. Tunggu beberapa saat untuk soda api bekerja, setelah itu bilas saluran air tersebut dengan air hangat. Jika sumbatan masih terjadi, ulangi cara yang sama hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca juga: 3 Cara Memakai Soda Api untuk Mengatasi Saluran Air Mampet

2. Menghilangkan Karat

Selain itu membersihkan saluran air, soda api juga bisa digunakan untuk membersihkan karat yang ada pada perabot berbahan besi di rumah Anda. Untuk menghilangkan karat pada perabot berbahan besi, Anda hanya perlu mengoleskan larutan soda api ke permukaan besi yang berkarat tersebut.

Setelah dioleskan oleh larutan soda api, biasanya karat yang ada pada besi akan mengelupas dengan sendirinya. Diamkan saja selama beberapa menit. Setelah karat mengelupas, Anda dapat membilas perabot berbahan besi tersebut dengan air hangat hingga bersih.

3, Membersihkan Dinding Kamar Mandi

Manfaat soda api untuk keperluan rumah tangga lainnya adalah untuk membersihkan dinding kamar mandi. Seringkali kotoran akan mengendap pada dinding kamar mandi sehingga sangat sulit untuk dibersihkan dengan cara menggosoknya seperti biasa.

Untuk membersihkan dinding kamar mandi dengan soda api, Anda hanya perlu menaburkan soda api ke dinding kamar mandi yang kotor tersebut. Diamkan selama beberapa saat agar soda api bekerja. Setelah itu, gosok dinding kamar mandi hingga bersih dan bilas dengan air hangat.

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Keramik Dinding Kamar Mandi

Manfaat Soda Api Untuk Industri

Manfaat Soda Api Untuk Industri

Berikut ini beberapa manfaat soda api yang biasa digunakan dalam berbagai bidang industri:

1. Bidang F&B

Manfaat soda api biasa digunakan dalam beberapa aplikasi pemrosesan makanan seperti untuk mengawetkan makanan. Soda api juga biasa digunakan untuk menghilangkan kulit dari tomat, kentang, serta buah-buahan dan sayuran lainnya jika ingin dijadikan makanan kaleng serta sebagai bahan pengawet makanan yang membantu mencegah jamur dan bakteri tumbuh dalam makanan.

2. Bidang Pembersih & Disinfektan

Manfaat soda api juga biasa digunakan untuk memproduksi sabun dan berbagai detergen pembersih yang digunakan di rumah maupun pengaplikasian komersial lainnya. Sebagai contoh, produk pembersih saluran air yang mengandung soda api dapat mengubah endapan kotoran yang menyumbat pipa menjadi sabun, sehingga dapat larut dalam air.

3. Bidang Farmasi & Kedokteran

Manfaat soda api pada industri lainnya adalah untuk membantu pembuatan berbagai obat dan produk farmasi, mulai dari penghilang rasa sakit seperti aspirin, antikoagulan yang dapat membantu mencegah pembekuan darah, hingga obat penurun kolesterol.


4. Bidang Energi

Pada bidang energi, manfaat soda api digunakan dalam produksi sel bahan bakar. Sel bahan bakar bekerja seperti baterai untuk menghasilkan listrik secara bersih dan efisien untuk berbagai aplikasi, termasuk transportasi; penanganan bahan; dan aplikasi daya cadangan stasioner, portabel, dan darurat. Selain itu, resin epoksi yang digunakan dalam turbin angin juga diproduksi dengan soda api.

Jika Anda sedang mencari soda api untuk digunakan, langsung saja cek harga soda api untuk WC, keperluan rumah tangga, atau keperluan lainnya di Klopmart

Anda bisa memesan secara online dan barang akan langsung dikirim ke alamat tujuan. Semoga penjelasan mengenai manfaat soda api ini dapat membantu ya!

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya