10 Cara Membersihkan Pekarangan Rumah

Cara menjaga kebersihan pekarangan rumah adalah sebuah tantangan  yang cukup menguras pikiran dan tenaga bagi pemiliknya. Dikatakan menantang karena pemilik pekarangan rumah harus siap dengan segala kondisi dan cuaca yang akan selalu berdampak pada pekarangan rumah yang tidak tertutup.

Membiarkan pekarangan rumah sebenarnya tidak masalah bagi sebagian orang. Namun, membiarkan pekarangan rumah yang terdampak kondisi dan cuaca akan memberikan pemandangan yang tidak menyenangkan bagi si pemilik rumah. Pekarangan jadi tidak terawat dan pastinya rumah tidak terlihat sehat. 

Merawat dan menjaga kebersihan pekarangan dapat memberikan keuntungan bagi si pemilik rumah. Menjaga kebersihan pekarangan rumah dapat memaksimalkan penggunaan pekarangan rumah untuk kegiatan si pemilik rumah. Misal sebagai tempat untuk berkebun, tempat bermain anak, atau tempat bersantai keluarga dengan suasana outdoor.

Baik pekarangan rumah depan atau belakang mampu membuat Anda merasakan atmosfer rumah yang positif. Maka dari itu, pastikan untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah dengan baik dan benar yang sesuai dengan pekarangan Anda.

Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan pekarangan rumah yang sesuai? Anda berada di tempat yang tepat! Klopmart akan mengulas berbagai cara menjaga kebersihan pekarangan rumah yang bisa Anda sesuaikan dengan pekarangan di rumah. Baca artikel hingga akhir agar Anda bisa temukan jawabannya!

Baca juga: 9 Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana Kekinian

Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah 

Untuk menerapkan cara menjaga kebersihan rumah yang sesuai, pastikan untuk mengetahui setiap cara yang ada. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk pekarangan rumah yang harus Anda ketahui!

1. Rutin Menyapu Pekarangan Rumah

Rutin menyapu pekarangan rumah adalah cara paling mudah dan paling dasar yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah. Meskipun ada atau tidaknya pohon di pekarangan rumah, karena bukan hanya daun kering yang perlu di sapu. Sampah baik besar maupun kecil yang tidak sengaja dibuang secara sembarangan juga perlu untuk disapu. 

2. Menyurutkan Genangan Air

Sebagai pemilik pekarangan di rumah, Anda harus siap dengan segala macam cuaca. Salah satunya adalah musim hujan. Baik pekarangan yang tidak dilapisi ataupun dibiarkan natural dengan rerumputan, kadang masih terdapat genangan air setelah hujan berhenti. Pastikan untuk menyurutkan atau membuang air pada genangan tersebut agar pekarangan Anda terlihat bersih dan rapi.

3. Memperhatikan Kondisi Selokan dekat Pekarangan

Pada beberapa pekarangan kadang selokan tidak menjadi satu bagian. Namun, memperhatikan selokan yang berada di dekat pekarangan mampu membantu menjaga kebersihan pekarangan.

Konteksnya masih sama ketika musim hujan tiba. Apabila Anda membutuhkan untuk membuang air pada pekarangan, air akan mengarah pada selokan terdekat. Anda harus memastikan kondisi selokan dalam keadaan baik. Tidak tersumbat dengan sampah dan dapat mengalir dengan baik. 

Baca juga: 10 Model Rak Bunga dari Besi untuk Dekorasi Rumah

4. Memotong Rumput Pekarangan secara Rutin

Apabila pekarangan rumah Anda ditumbuhi oleh rumput, pastikan untuk memantau pemeliharaan rumput tersebut. Meskipun keseluruhan atau tidak, rumput yang tumbuh dan tidak dirawat akan memberikan kesan bahwa tempat tersebut tidak terawat. Pastikan untuk memotong rumput di pekarangan Anda secara rutin. Anda bisa membuat jadwal memotong rumput agar tidak terlupakan.

5. Membuang Rumput Liar dan Gulma

Memotong rumput hanya dilakukan kepada rumput yang mau Anda simpan untuk memperindah dan melengkapi pekarangan Anda. Namun, apabila ada rumput liar dan gulma pastikan Anda harus membuangnya. 

Rumput liar akan menjadi sarang bagi hewan yang mungkin tidak Anda sukai, seperti ulat, tikus, atau serangga lainnya. Sedangkan, gulma akan membuat tumbuhan di sekitarnya mati. Maka, cabutlah jika ada rumput liar atau gulma di pekarangan Anda.

6. Menghiasi Pekarangan dengan Tanaman Hias

Anda bisa menambahkan tanaman hias dengan pot yang senada untuk mempercantik pekarangan rumah. Tata serapi mungkin tanaman hias agar pekarangan rumah tidak terkesan datar dan kosong. 

7. Menyirami Tanaman dan Pekarangan secara Rutin

Setelah Anda sudah mengatur pekarangan rumah dengan rapi dan indah. Pastikan untuk merawatnya agar tetap seperti itu. Rawatlah pekarangan Anda dengan menyirami tanaman hias yang sudah Anda atur agar terlihat cantik dan sehat. Kemudian, sirami juga rumput pekarangan Anda agar tetap berwarna hijau dan tidak menjadi kering. Terutama lakukan cara ini ketika musim kemarau.

Baca juga: 7 Jenis-Jenis Irigasi yang Wajib Anda Ketahui

8. Menyediakan Tempat Sampah di Pekarangan

Keadaan pekarangan rumah yang bersih dapat memaksimalkan penggunaanya bagi si pemilik rumah. Anda bisa menjadikan pekarangan rumah sebagai tempat beraktivitas outdoor. 

Namun, Anda harus memastikan bahwa ada tempat sampah pada pekarangan rumah. Tempat sampah akan berfungsi sebagai kunci utama kebersihan pekarangan rumah Anda yang digunakan untuk beraktivitas. 

9. Memberikan Batas pada Pekarangan Rumah

Apabila pekarangan rumah Anda berapa di belakang, tidak perlu khawatir untuk memberinya batas. Berilah batas pada pekarangan rumah Anda yang berada di depan. Hal ini karena agar tidak mudah diakses oleh orang lain yang di luar lahan Anda, baik mengotori atau menginjak. 

10. Menyediakan Peralatan Berkebun untuk Pemeliharaan

Apabila menganggarkan untuk jasa perawatan pekarangan rumah dirasa terlalu berat, sebaiknya Anda menganggarkan untuk peralatannya saja. Anda harus melakukan pemeliharaan dan perawatan secara pribadi tanpa jasa orang lain. Maka dari itu pastikan Anda memiliki peralatan berkebun yang berkualitas dan baik agar memudahkan perawatan pekarangan rumah Anda.

Siapkan peralatan seperti sekop, ember, sapu, pengki, gunting rumput dan selang air untuk menjadi inventaris Anda di rumah. Pilihlah selang air yang panjangnya dapat disesuaikan dengan pekarangan rumah Anda agar menyirami pekarangan Anda di setiap sudutnya. Anda bisa memilih selang benang sebagai opsi selang panjang untuk pekarangan Anda. 

Cek berbagai macam merk dan harga selang benang di Klopmart dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Klopmart menyediakan berbagai macam peralatan berkebun agar Anda dapat melakukan semua cara menjaga kebersihan pekarangan rumah Anda!

Sumber : 

https://www.orami.co.id/magazine/cara-menjaga-kebersihan-pekarangan-rumah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Nov 2022

Related Article