Atap & Lantai

7 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Mudah dan Efektif

Media
10 Okt 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kamar mandi yang bersih dan estetik tentunya merupakan dambaan dari setiap pemilik rumah. Sayangnya, Anda mungkin pernah dihadapkan pada masalah kerak yang menempel di berbagai permukaan kamar mandi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara membersihkan kerak kamar mandi dengan mudah dan efektif. 

Kerak yang terdapat di kamar mandi Anda nyatanya tidak hanya akan mengganggu visual kamar mandi, tetapi juga bisa berdampak lebih dalam pada penggunaan kamar mandi kedepannya. Namun, jangan khawatir! meskipun terkesan sulit diatasi, membersihkan kerak kamar mandi sebenarnya bisa menjadi tugas yang mudah dan efektif jika Anda paham cara yang tepat. 

Apa Penyebab Kerak Kamar Mandi? 

Penyebab utama dari munculnya kerak di kamar mandi berhubungan erat dengan kualitas air yang digunakan. AIr yang mengandung tingkat mineral, seperti kalsium dan magnesium yang tinggi, cenderung akan meninggalkan bekas ketika mengering pada permukaan kamar mandi. Ketika tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama, bekas ini akan mengeras dan membentuk lapisan kerak yang sulit dibasmi. 

Selain air keras, jika Anda menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan kimia tertentu, ada kemungkinan akan membentuk kerak di kamar mandi Anda. Beberapa bahan kimia dalam produk pembersih dapat bereaksi dengan mineral dalam air sehingga menimbulkan endapan. Endapan ini yang kemudian akan menjadi kerak di kamar mandi Anda. 

Penyebab lainnya dari kerak kamar mandi adalah kondisi yang terlalu lembap. Ketika lingkungan kamar mandi memiliki kelembapan yang tinggi, pertumbuhan dan penumpukan kerak juga menjadi lebih cepat. Kondisi lembap menjadi tempat terbaik untuk perkembangbiakan kerak. 

Dengan pemahaman yang baik tentang penyebab kerak, Anda akan lebih mudah mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau memilih cara membersihkan kerak kamar mandi yang efektif.

Baca juga: 15 Desain Kamar Mandi Minimalis Yang Bikin Betah

7 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi

Kerak kamar mandi akibat air keras, bahan kimia dari produk pembersih, hingga kondisi kamar mandi tentunya bisa menjadi tugas yang cukup menyulitkan. Simak cara membersihkan kerak kamar mandi dengan mudah dan efektif dengan menggunakan beberapa bahan yang pastinya mudah untuk Anda temukan. 

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan kerak di kamar mandi. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan mengiris jeruk nipis menjadi beberapa bagian, lalu gosok pada kerak yang menempel secara perlahan. Setelah itu, diamkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air bersih. 

Manfaat dari penggunaan jeruk nipis adalah kandungan asam sitratnya yang mampu melarutkan kerak membandel. Aromanya yang segar juga dapat membantu memberikan efek relaksasi di kamar mandi Anda. 

Baca juga: Cara Basmi Cacing di Kamar Mandi Dengan Efektif

2. Campuran Cuka dan Pasta Gigi 

Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk membersihkan kerak kamar mandi adalah campuran cuka dan pasta gigi. Cukup campur dan aduk cuka berserta pasta gigi dalam satu wadah, kemudian oleskan pada kerak kamar mandi. 

Gosok hingga bersih dan bilaslah menggunakan air bersih. Pastikan untuk menggosok kerak menggunakan sikat atau alat lainnya yang tidak terlalu kasar sehingga nantinya tidak menimbulkan goresan pada keramik kamar mandi. 

Sama seperti jeruk nipis, cuka mengandung asam asetat yang dapat melarutkan kerak, sedangkan pasta gigi mengandung bahan abrasif yang dapat mengikis kerak sehingga kedua bahan ini sangat efektif dalam membersihkan kerak kamar mandi. 

3. Baking Soda 

Baking soda atau soda kue juga dapat digunakan untuk membersihkan kerak kamar mandi karena mengandung natrium bikarbonat yang bermanfaat sebagai pembersih serbaguna. Terlebih karena terbukti efektif dalam membasmi bakteri dengan sifat antibakteri yang terdapat didalamnya. 

Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air dan oleskan pada kerak kamar mandi. Setelah itu, gosok dengan sikat atau alat lainnya dan bilas hingga bersih.

Baca juga: Catat! 7 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin dan Menarik

4. Batu Apung

Bahan alami lainnya yang bermanfaat sebagai pembersih kerak kamar mandi adalah batu apung. Hal ini dikarenakan batu apung mengandung bahan abrasif yang dapat mengikis kerak. Anda hanya perlu membasahi batu apung dengan air dan menggosokannya pada kerak di kamar mandi. Setelah itu, cukup bilas dengan air hingga bersih. 

Sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan ketika membersihkan kerak kamar mandi menggunakan batu apung karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pastikan juga untuk menggosok secara perlahan agar tidak merusak permukaan kamar mandi. 

5. Cairan Alkohol

Cairan alkohol, seperti alkohol isopropil atau alkohol etil, dapat digunakan untuk membersihkan kerak kamar mandi. Namun, keefektifan cairan alkohol juga bergantung pada jenis kerak dan permukaan yang ingin Anda bersihkan. 

Anda dapat membasahi kain dengan cairan alkohol, kemudian gosokan kain pada kerak kamar mandi. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih hingga cairan alkohol dan kerak tidak tertinggal lagi. 

Sebaiknya diingat, sebelum menggunakan cara ini, pastikan ANda memiliki ventilasi udara yang baik karena uap alkohol dapat menjadi berbahaya jika terhirup dalam jumlah besar. 

6. Kaporit

Selain kegunaannya sebagai pemutih, kaporit juga sangat berguna untuk membersihkan kerak kamar mandi. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan kaporit dengan air dan oleskan pada kerak kamar mandi Anda. Kemudian diamkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. 

Karena sangat berbahaya, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan masker selama membersihkan kerak kamar mandi dengan kaporit. Selain itu, jangan biarkan kaporit bersentuhan dengan permukaan dalam waktu yang lama karena dapat mengering dan meninggalkan bekas baru.

Baca juga: 9 Hiasan Kamar Mandi Sederhana Agar Lebih Nyaman dan Estetik

7. Pembersih Khusus Kerak 

Jika Anda ingin yang lebih instan, saat ini sudah banyak produk yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah kerak di kamar mandi. Produk-produk ini biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang efektif dalam melarutkan dan menghilangkan kerak membandel. 

Umumnya, Anda hanya perlu menuangkan pembersih khusus kerak pada kamar mandi dan di diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, gosok dan bilas hingga bersih. Namun, pastikan Anda membaca aturan pemakaian yang tepat agar tidak menimbulkan masalah baru kedepannya. 

Jangan lupa untuk selalu memilih produk pembersih khusus kerak yang sesuai dengan jenis kerak dan keramik di kamar mandi Anda. Akan lebih baik jika Anda melakukan uji coba pada aera kecil dan tersembunyi untuk memastikan bahwa tidak ada reaksi negatif atau kerusakan. 

Dalam menjaga kamar mandi tetap bersih dan estetik, membersihkan kerak menjadi salah satu langkah penting yang perlu diperhatikan. Mulai dari jeruk nipis, cuka, hingga produk pembersih kerak bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk membersihkan kerak yang membandel di kamar mandi. Ingatlah selalu untuk menerapkan cara membersihkan kerak kamar mandi yang aman dan efektif. 

Klopmart dengan senang hati membantu Anda menjaga kamar mandi tetap bersih dan estetik dengan penawaran berbagai produk alat sanitasi terbaik. Dari keran air dan wastafel modern hingga shower berkualitas tinggi tersedia untuk mempercantik kamar mandi impian Anda. 

Kunjungi Klopmart dan temukan produk alat sanitasi berkualitas tinggi dengan penawaran terbaik!

Sumber rujukan: 

  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/cara-membersihkan-keramik-kamar-mandi/ 

  • https://www.pojoksatu.id/life-style/1081747033/12-tips-sederhana-membersihkan-kamar-mandi-bisa-pakai-bahan-dapur/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya