Tips & Trik

7 Cara Membersihkan Lantai Vinyl dengan Mudah

Media
11 Okt 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ingin tahu cara membersihkan lantai vinyl dengan benar dan efektif? Artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk Anda. Adapun caranya mulai dari gunakan keset, membersihkannya dengan menyapu, menggunakan pembersih yang tepat, pel setiap hari, pastikan lantai tidak terlalu basah, dan bilas dengan benar.

Lantai vinyl adalah jenis lantai yang terbuat dari bahan vinyl, sebuah jenis plastik yang tahan lama. Lantai vinyl sering digunakan sebagai alternatif yang lebih terjangkau dan tahan lama daripada jenis lantai lainnya seperti kayu keras, batu, atau keramik. 

Pengenalan Lantai Vinyl 

Lantai vinyl adalah salah satu jenis lantai yang terbuat dari bahan sintetis. Keuntungan menggunakan lantai vinyl adalah tahan air, mudah dibersihkan, dan tahan lama. Namun, seperti halnya dengan jenis lantai lainnya, lantai vinyl juga membutuhkan perawatan dan pembersihan secara teratur.

Ini populer dalam desain interior karena dapat meniru penampilan tekstur dan warna berbagai jenis lantai alami, sementara masih memberikan manfaat dari daya tahan dan perawatan yang lebih mudah.

Baca juga: Inilah Perbedaan Parket dan Vinyl, Mana yang Lebih Bagus?

Keuntungan Menggunakan Lantai Vinyl 

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan lantai ini.

  1. Tahan Air 

Lantai vinyl tahan terhadap air, sehingga sering digunakan di ruang-ruang dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi dan dapur. Lantai vinyl terbuat dari polivinil klorida (PVC), yang merupakan bahan plastik yang tahan air secara alami. PVC tidak menyerap air, sehingga tidak akan mengembang atau rusak ketika terkena air.

Lantai vinyl seringkali dilengkapi dengan lapisan pelindung di atasnya, seperti lapisan top coat atau lapisan pelindung tambahan. Ini membantu melindungi lantai dari cairan, noda, dan goresan.

  1. Mudah Dibersihkan 

Membersihkan lantai vinyl relatif mudah. Biasanya cukup dengan menyapu atau mengepel dengan lap lembap. Lantai vinyl memiliki permukaan yang halus dan rata, sehingga tidak memiliki banyak celah atau pori-pori yang dapat menangkap kotoran atau noda. Ini membuatnya lebih mudah untuk menghapus debu, kotoran, dan noda yang terjebak.

Sebagian besar lantai vinyl memiliki lapisan pelindung yang tahan terhadap noda dan cairan. Ini membuat noda seperti tumpahan air, minuman, atau makanan dapat dihapus dengan mudah tanpa meninggalkan bekas atau merusak permukaan.

  1. Tahan Lama 

Lantai vinyl tahan lama karena memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya kuat dan tahan terhadap kerusakan seiring waktu. Lantai vinyl seringkali dilengkapi dengan lapisan pelindung yang tahan terhadap goresan. Ini mengurangi risiko goresan yang dapat merusak permukaannya, sehingga lantai tetap tampak baru.

Lantai vinyl dibuat dengan konstruksi yang kuat, baik dalam bentuk plank (papan) maupun tile (ubin). Beberapa jenis lantai vinyl bahkan memiliki teknologi penguncian atau perekatan yang kuat antar bagian-bagiannya, sehingga tidak mudah terlepas atau rusak.

  1. Pemasangan yang Mudah 

Lantai vinyl sering tersedia dalam bentuk lembaran gulung atau ubin yang mudah dipasang, bahkan bisa menjadi proyek DIY (Do It Yourself) untuk beberapa orang. Banyak jenis lantai vinyl modern dilengkapi dengan sistem penguncian atau perekatan yang kuat. Ini memungkinkan plank atau tile untuk terpasang dengan aman satu sama lain tanpa perlu menggunakan perekat tambahan atau lem. Ini menghemat waktu dan usaha dalam pemasangan.

Beberapa jenis lantai vinyl menggunakan perekat khusus yang dirancang untuk pemasangan yang mudah. Anda hanya perlu mengoleskan perekat pada permukaan lantai atau di bagian bawah plank atau tile, dan kemudian menempelkannya pada permukaan lantai yang telah disiapkan.

Baca juga: 4 Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Kayu Parket

Persiapan Sebelum Membersihkan Lantai Vinyl 

Sebelum Anda membersihkan lantai vinyl, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memastikan proses pembersihan berjalan lancar dan efektif. Berikut beberapa langkah persiapan yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Kumpulkan Peralatan dan Bahan Pembersih 

Pastikan Anda memiliki semua peralatan dan bahan pembersih yang Anda butuhkan sebelum memulai. Ini mungkin termasuk ember, lap microfiber atau mop yang sesuai untuk lantai vinyl, pembersih lantai vinyl yang sesuai dengan jenis lantai Anda, dan peralatan pembersih khusus jika Anda memiliki noda yang sulit dihilangkan.

  1. Periksa Area yang Akan Dibersihkan 

Pastikan Anda telah memindahkan atau mengangkat barang-barang atau perabotan yang mungkin menghalangi akses ke area yang akan dibersihkan. Ini mencakup kursi, meja, karpet, dan barang-barang lainnya.

  1. Periksa Noda Khusus 

Sebelum membersihkan, periksa apakah ada noda atau noda yang memerlukan perawatan khusus. Noda seperti noda tumpahan minuman atau noda yang lengket mungkin memerlukan perawatan tambahan.

  1. Kenakan Perlengkapan Pelindung 

Saat menggunakan bahan pembersih yang kuat atau berbau tajam, seperti pembersih berbasis kimia, kenakan sarung tangan dan pastikan ruangan tetap berventilasi dengan baik untuk menghindari paparan yang berlebihan.

Cara Membersihkan Lantai Vinyl 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan lantai vinyl. 

  1. Menggunakan Keset 

Menggunakan keset adalah salah satu cara membersihkan lantai vinyl yang paling mudah dan efektif. Berikut adalah tips memilih keset yang tepat dan cara membersihkan lantai vinyl dengan keset. Menggunakan keset dapat membantu mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada lantai vinyl. Selain itu, menggunakan keset juga dapat membantu menjaga kebersihan lantai vinyl.

Pertama-tama Anda bisa gunakan sapu atau penyaring debu ringan untuk menghilangkan debu dan kotoran ringan dari permukaan lantai vinyl. Basahi keset dengan sedikit air bersih. Pastikan keset tidak terlalu basah, karena air berlebihan dapat merusak lantai vinyl. 

Gunakan keset yang sudah dibasahi untuk menyapu lantai vinyl dengan lembut. Usahakan untuk menghilangkan semua kotoran, debu, dan noda ringan dari permukaan lantai. Setelah menyapu, biarkan lantai kering secara alami atau gunakan kain lap bersih dan kering untuk mengeringkannya. Pastikan tidak ada air yang tertinggal di permukaan lantai.

  1. Bersihkan dengan Menyapu 

Selain menggunakan keset, menyapu juga dapat menjadi cara yang efektif untuk membersihkan lantai vinyl. Berikut adalah tips memilih sapu yang tepat dan cara membersihkan lantai vinyl dengan menyapu. Menyapu dapat membantu mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada lantai vinyl. Selain itu, menyapu juga dapat membantu menjaga kebersihan lantai vinyl.

Anda bisa menyapu lantai biasa dengan bulu yang lembut. Pastikan sapu tersebut bersih dari kotoran atau debu agar tidak merusak lantai vinyl. Mulailah dengan ujung ruangan dan sapulah lantai secara perlahan dan hati-hati. Ketika Anda sedang menyapu, pastikan untuk mengumpulkan debu dan kotoran yang terkumpul di ember atau wadah yang telah disiapkan. 

Jangan lupakan sela-sela dan sudut ruangan juga dibersihkan karena seringkali banyak noda dan debu yang menumpuk pada bagian sudut ruangan.

Baca juga: 8 Trik Renovasi Rumah Kampung dengan Biaya Murah

  1. Bersihkan Sisa Hairspray dengan Sampo 

Jika terdapat sisa hairspray pada lantai vinyl, sampo dapat menjadi solusi yang efektif untuk membersihkannya. Berikut adalah tips memilih sampo yang tepat dan cara membersihkan lantai vinyl dengan sampo. Sampo mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengangkat sisa hairspray pada lantai vinyl.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan sisa hairspray pada lantai vinyl adalah campurkan beberapa tetes sampo yang lembut dengan air hangat dalam ember. Celupkan kain lembut atau spons ke dalam solusi sampo yang telah Anda buat. 

Gunakan kain lembut atau spons yang sudah dibasahi dengan solusi sampo untuk mengelap area lantai yang terkena sisa hairspray. Gosok perlahan-lahan dan hindari memberikan tekanan berlebihan yang dapat merusak lantai vinyl.

  1. Gunakan Pembersih yang Tepat 

Selain sampo, pembersih lantai vinyl juga dapat menjadi solusi yang efektif untuk membersihkan lantai vinyl. Berikut adalah tips memilih pembersih yang tepat dan cara membersihkan lantai vinyl dengan pembersih. 

Pastikan pembersih yang Anda gunakan tidak mengandung bahan kimia keras seperti amonia, asam, pemutih, atau produk pembersih ber abrasif. Bahan-bahan ini dapat merusak dan menghilangkan lapisan pelindung lantai vinyl.

  1. Pel Setiap Hari 

Melakukan pel setiap hari dapat membantu menjaga kebersihan lantai vinyl. Berikut adalah tips memilih pel yang tepat dan cara melakukan pel setiap hari pada lantai vinyl. Mengepel lantai vinyl setiap hari mungkin tidak diperlukan dan bisa menjadi tugas yang berlebihan.

Tergantung pada seberapa sering lantai tersebut digunakan dan seberapa cepat kotorannya menumpuk. Mengepel setiap hari bisa menjadi overkill dan mungkin tidak efisien, terutama jika lantai tidak terlalu sering digunakan.

  1. Pastikan Lantai Tidak Terlalu Basah 

Setelah membersihkan lantai vinyl, pastikan lantai tidak terlalu basah. Berikut adalah tips untuk menghindari lantai terlalu basah dan cara membersihkan lantai vinyl tanpa membuatnya terlalu basah. Setelah membersihkan lantai dengan cairan pembersih, gunakan kain lap atau handuk kering untuk mengeringkannya. Pastikan untuk mengeringkan semua sisa cairan pembersih yang mungkin tertinggal di permukaan lantai.

Jika ada tumpahan cairan seperti air atau minuman, segera bersihkan dan keringkan dengan kain lap agar tidak merembes ke dalam lantai. Pastikan lantai vinyl Anda dalam kondisi baik dan tidak memiliki kerusakan atau celah yang dapat membuat air merembes ke bawahnya.

  1. Bilas dengan Benar 

Setelah membersihkan lantai vinyl, pastikan lantai dibersihkan secara menyeluruh dengan cara membilasnya dengan benar. Berikut adalah tips untuk membilas lantai vinyl dengan benar dan cara membilas lantai vinyl dengan benar. Membilas lantai vinyl dengan benar dapat membantu menghilangkan sisa pembersih dan kotoran yang masih menempel pada lantai vinyl.

Pastikan lantai vinyl dibersihkan secara menyeluruh dengan menggunakan air hangat agar lebih efisien dan membuat lantai vinyl lebih bersih. Pada saat setelah membilas pun pastikan lantai benar-benar kering agar terhindar dari bahaya seperti terjatuh karena terpeleset. 

Dengan beberapa cara membersihkan lantai vinyl di atas, Anda bisa dengan mudah membersihkan lantai vinyl di rumah. Caranya pun tidak sulit dan tidak memerlukan banyak waktu sehingga Anda dapat dengan mudah melakukannya. 

Jika rumah dan bangunan Anda menggunakan lantai vinyl, tidak perlu khawatir dan bingung, Klopmart menawarkan cat pelindung lantai kayu yang dapat membantu Anda melindungi kualitas serta umur dari lantai kayu yang ada di rumah atau bangunan Anda. 

Klopmart sendiri pun menawarkan harga yang murah untuk tiap cat kayu yang ada dengan berbagai macam merek, untuk kualitas sudah jelas bagus dan tidak perlu dipertanyakan lagi. Jadi, sekarang waktunya Anda menentukan pilihan terbaik untuk keperluan bahan bagi rumah Anda di Klopmart, kunjungi laman resminya sekarang juga! 

Sumber rujukan: 

  • https://balianflooring.id/perawatan-lantai-vinyl/

  • https://www.cekpremi.com/blog/cara-membersihkan-lantai-vinyl/

  • https://berita.99.co/cara-membersihkan-lantai-kayu-vinyl/

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya