Lampu & Listrik

Apa Itu Freon beserta Pebedaannya dengan Refrigerant

Media
02 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Freon adalah salah satu produk dari Chemours. Chemours sendiri adalah perusahaan spin-off dari perusahaan kimia DuPont untuk memproduksi Teflon, Titanium dioxide, Viton, Opteon, dan Freon.

Sebenarnya ini salah kaprah, karena kata ‘freon’ kita gunakan untuk menyebut semua refrigeran yang digunakan di dalam mesin AC. Sama seperti kita menyebut ‘aqua’ sebagai eponym dari semua air minum dalam kemasan, apapun merknya. Kita juga menyebut ‘ayam goreng kentucky’ untuk semua jenis ayam goreng tepung yang crispy.
 

Perbedaan freon dan refrigeran

Jika Freon merupakan salah satu produk dari Chemours, maka Refrigeran adalah cairan yang digunakan dalam proses pertukaran panas di dalam cara kerja AC yang menyebabkan AC dapat mendinginkan suatu ruangan. Proses ini merupakan siklus tertutup. Refrigeran tidak terbuang melainkan diubahkan dari fasa cair ke gas dan kembali lagi menjadi cair. Demikian seterusnya. Pada proses perubahan fasa ini terjadi penyerapan dan pelepasan panas sesuai prinsip termodinamika.


Sekitar 1990-an, kita mendapat berita bahwa refrigeran yang digunakan secara luas dalam AC ternyata merusak lapisan ozon. Lapisan ozon adalah lapisan atmosfir bumi yang menyaring sinar Ultra Violet dari matahari. Jika lapisan ini menipis, maka bumi akan terpapar sinar matahari yang mematikan ini. Refrigeran CFC (chlorofluorocarbon) mulai dilarang untuk digunakan.

R22 adalah refrigeran yang umum digunakan dalam mesin pendingin seperti AC dan kulkas. Refrigeran HCFC (hydrochlorofluorocarbon) ini menggantikan refrigeran CFC. Tetapi refrigerant ini masih berbahaya bagi lingkungan karena mengandung klorin. Pada 2015, pemerintah Indonesia melakukan HPMP (HCFC Phase-out Management Plan). Refrigeran R22 dilarang untuk digunakan dalam industri dan melarang impor produk yang menggunakan R22. Saat ini pihak dealer dan toko masih menjual produk mereka hingga stok habis serta melayani purna-jual hingga 2030. Direncanakan pada tahun itu Indonesia sudah bebas R22. Dengan kata lain, jenis ac yang tidak ramah lingkungan adalah ac yang mengandung R22.

Baca juga: Begini Cara Benar Pasang AC di Rumah
 

Jenis freon AC

Saat ini ada beberapa jenis refrigeran yang digunakan selain R22 (yang sedang dihapuskan secara bertahap), yaitu refrigeran R410A dan R32.

Mari kita bandingkan ketiga refrigeran ini: R22, R410A dan R32.

Refrigerant

ODP

GWP

Cooling Index

Flammability

R22

0.05

1810

100

Tidak

R410A

0

2090

92

Tidak

R32

0

675

160

Rendah

 

ODP                       : Ozone Depletion Potential – Angka tingkat potensi perusakan ozon.

GWP                     : Global Warming Potential – Angka tingkat potensi pemanasan global.

Cooling Index    : Angka tingkat pendinginan.

Flammability      : Tingkat kemudahan bahan untuk terbakar.

Dari tabel di atas kita lihat bahwa refrigeran R32 memiliki angka ODP 0, GWP 675, Cooling Index 160 dan tingkat flammability rendah, yang artinya:

  • R32 cukup ramah lingkungan dibandingkan kedua refrigerant lainnya, R22 dan R410A.
  • R32 memiliki index pendinginan yang cukup tinggi.
  • R32 lebih mudah terbakar, tetapi menurut para ahli, masih di dalam batas toleransi aman untuk digunakan.

Berarti jelas bahwa refrigeran R32 adalah yang cukup aman untuk digunakan dalam AC kita.
 

Baca juga: Cara Memilih AC

Apabila Anda mencari peralatan listrik untuk rumah Anda, belanja di Klopmart adalah pilihan yang tepat. Di sini, tersedia beragam pilihan peralatan listrik berkualitas tinggi untuk rumah Anda.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya