Lampu & Listrik

7 Cara Pasang AC yang Benar di Rumah

Media
01 Agu 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

AC sebagai benda elektronik memiliki fungsi penting dalam sebuah rumah, yakni untuk melancarkan sirkulasi udara. Memasang AC pun kini semakin mudah dengan adanya jasa teknisi. Akan tetapi, terkadang tidak semua daerah terdapat jasa teknisi AC yang mumpuni. Mau tidak mau Anda perlu memasangnya sendiri. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Berikut cara pasang AC yang baik dan benar untuk rumah Anda.

Bagaimana Cara Memasang AC yang Benar?

Berikut ini cara pemasangan AC yang dapat Anda ikuti di rumah:

1. Siapkan Alat yang Diperlukan

Siapkan Alat yang Diperlukan

Sebagai langkah awalnya, Anda harus mempersiapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan.

Apa Saja yang Diperlukan untuk Pemasangan AC?

Beberapa alat dan bahan tersebut di antaranya ialah:

  • Duct tape atau isolasi,
  • Tangga lipat,
  • Bracket, dan
  • Dinabol yang digunakan untuk memasang bracket.
  • Tangga

Alat lainnya untuk melebarkan panjang pipa AC atau flaring yaitu:

  • Pipa AC dan Pemotongnya
  • Kabel untuk menyambungkan arus listrik
  • Waterpass untuk mengukur
  • Peralatan lain yang tak kalah pentingnya adalah kunci pas, kunci inggris, obeng, mata bor listrik, dan
  • Palu untuk melubangi dinding.

Baca juga: Mengenal Macam-macam Obeng dan Fungsinya

2. Pilih Tempat Indoor Terbaik

Pilih tempat untuk pemasangan ac split

Untuk pemasangan AC indoor sebaiknya Anda perlu menentukannya agar dapat memasangnya dengan baik dan menghasilkan daya optimal.

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah sebaiknya jangan menghadap ke arah luar ruangan alias pasanglah unit indoor AC membelakangi pintu. Hal ini dilakukan agar udara sejuk yang dihasilkan oleh AC tidak cepat keluar, apalagi saat pintu terbuka.

Sedangkan untuk sisi-sisinya, sisakan ruang setidaknya hingga 15 cm. Dinding pun juga harus kuat dan tingginya paling tidak sekitar 2.13 meter dan janganlah terlalu dekat dengan sumber listrik, terutama yang bertegangan tinggi. 

3. Pasang Bracket-nya

Pasang Bracket-nya

Cara pasang AC selanjutnya adalah memasang bracket. Untuk itu, bukalah bracket secara hati-hati dari kardusnya. Caranya dengan menelungkupkan kardus tersebut agar lebih mudah.

Lalu, pasanglah bracket tersebut pada lokasi tempat yang sudah dipilih. Pastikan bracket ini tidak miring ketika dipasang agar tidak mengganggu kinerja AC nantinya. Untuk membantu proses pemasangannya Anda bisa menggunakan waterpass.

Baca juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja AC?

4. Lubangi Dinding untuk Jalur Pipa

Cara pasang AC dengan melubangi dinding

Kini, bracket Anda sudah terpasang, maka setelah itu buatlah lubang pada tembok. Khususnya lubang untuk sisi bracket untuk menyambungkan pipa AC indoor dan outdoor.

Di sini, Anda perlu menggunakan palu dan tatah serta melakukannya secara perlahan agar dinding atau tembok tidak jebol. Periksa kembali agar lubang tersebut pas untuk kabel dan pipa AC untuk pembuangan air.

5. Sambungkan Kabel

Cara pasang AC dengan menyambungkan kabel

Tahapan berikutnya dalam cara memasang AC adalah memasang kabel yang fungsinya mengalirkan arus listrik AC untuk indoor maupun outdoor. Untuk pemasangan kabel AC ini, bukalah bagian samping AC dengan obeng dan temukan panel sambungan kabel.

Pastikan kabel negatif dan positif agar tidak tertukar. Sebab, bila kabel ini tertukar, maka dapat menyebabkan korsleting listrik dan berbahaya jika terjadi tegangan tinggi.

Baca juga: Merk Kabel Listrik Terbaik yang Sesuai dengan Standar SNI

6. Pasang Unit AC Indoor dan Outdoor

Memasang unit AC Split

Setelah semua pemasangan kabel siap dan sudah dilakukan, maka pasanglah instalasi AC indoor dan outdoor. Pertama, Anda perlu memasang AC indoor-nya dahulu pada bracket yang disiapkan. Pastikan instalasi pipa tersebut terpasang dengan baik pada lubang dinding.

Anda bisa menggunakan duct tape agar memudahkan Anda memasukkan ke dalam lubang dinding. Setelah pipa masuk, barulah pasang AC indoor. Lalu, untuk pemasangan AC unit outdoor, ada baiknya Anda tidak meletakkannya terlalu jauh dari AC indoor.

Untuk AC outdoor sendiri adalah bagian dari AC split yang berada di sisi luar ruangan. Komponen di dalam AC tersebut ada kompresor, fan, kondensor, serta komponen kelistrikan laiinya. Fungsi AC outdor yaitu untuk menukar dan membuang energi panas atau kalor. Oleh karena itu, saat Anda berada di dekat AC outdoor maka Anda akan merasakan hembusan udara yang terasa panas.

7. Lakukan Percobaan

Cara pasang AC dengan melakukan percobaan

Cara memasang AC terakhir yang bisa Anda lakukan setelah semua bagian terpasang dengan baik adalah melakukan uji coba. Misalnya saja dengan mencoba kabel power atau dayanya.

Cara memasang AC yang benar ini adalah menempel pada sisi AC. Setelah kabel power ini terpasang, hubungkan pada stop kontak dan hidupkan AC, apakah menyala dengan benar atau masih belum. Jika belum, Anda perlu melakukan pengecekan sekali lagi pada bagian-bagian yang terpasang.

Kesimpulan

Dengan berbagai cara-cara di atas, itulah tahapan yang harus Anda lakukan dalam pemasangan AC, dengan demikian Anda sudah bisa memasangkan pendingin ruangan dengan sendiri. Bagaimana, cukup mudah bukan cara pasang AC di rumah sendiri tanpa bantuan teknisi?

Dapatkan juga informasi harga kabel listrik 1 roll dari Klopmart yang bisa berguna untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Sumber artikel:

  • https://www.dinginaja.com/2021/02/cara-pasang-ac-split-langkah-pemasangan.html
  • https://akhdanazizan.com/cara-pasang-ac-sendiri/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya