Tips & Trik

Cara Membersihkan AC Rumah Dengan Mudah

Media
09 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

AC merupakan salah satu perangkat yang sering luput dari kegiatan pembersihan. Padahal, AC yang sudah kotor akan tidak bekerja dengan maksimal dan malah bisa menurunkan kualitas udara di rumah ketimbang membuatnya sejuk. Untuk terhindar dari hal tersebut, Anda harus tahu cara membersihkan AC sendiri di rumah.

Anda mungkin berpikir untuk memanggil professional untuk membersihkan AC. Hal itu memang bisa menjadi pilihan, tapi ada baiknya Anda mencobanya sendiri agar Anda bisa setiap saat membersihkan AC ketika diperlukan.

Cara membersihkan AC sendiri juga tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda memang harus ekstra hati-hati, tetapi Anda tidak harus mahir untuk dapat membersihkan AC sendiri di rumah. Sebagai panduan, berikut adalah cara membersihkan AC serta peralatan yang dibutuhkan.

Langkah Membersihkan AC Sendiri di Rumah

Cara membersihkan AC terbagi menjadi dua langkah; membersihkan unit indoor dan outdoor. Unit indoor merujuk pada bagian AC yang berada di dalam rumah, sementara unit outdoor merujuk pada bagian AC yang berada di luar rumah.

Pembersihan unit indoor terdiri dari membersihkan filter ac, casing, dan juga bilah-bilah evaporator dari debu atau kotoran. Sementara itu, pembersihan unit outdoor terdiri dari membersihkan debu pada area kondensantor.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara membersihkan AC yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

1. Membersihkan Unit Indoor

Alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Bulu ayam atau kemoceng
  2. Kuas kecil yang kering
  3. Sikat gigi yang tidak dipakai (jika diperlukan)
  4. Lap dengan bahan lembut sebanyak 2 lembar
  5. Air yang dicampur sedikit sabun cair untuk cuci piring
  6. Buku petunjuk atau manual book AC
  7. Cairan pembersih AC indoor
  8. Kain pel
  9. Lembaran plastic, ember sebagai penadah tetesan air kotor

1. Bersihkan Permukaan Casing AC

Pastikan AC sudah tidak terhubung ke sumber listrik. Anda bisa memastikannya dengan melepaskan kabel AC dari stop kontak. Bersihkan sarang laba-laba dan debu pada pemukaan casing dengan menggunakan kemoceng.

Pastikan sebelumnya, kemoceng dalam kondisi kering dan tidak lembab agar debu tidak menjadi basah dan membuat noda pada casing. Bersihkan dengan lap dengan sedikit air. Keringkan dengan lap kering. Pada beberapa merk AC, tutup filter AC dapat dilepas dari casing atau penutup AC. Lepaskan dan cucilah dengan air sabun tadi. Bersihkan lubang-lubang saluran udara pada tutup filter tersebut dengan sikat gigi.

2. Bersihkan Filter AC

Filter AC sebaiknya dibersihkan sebulan sekali untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan demi kesehatan kita sendiri. Ikuti petunjuk dari manual book mengenai cara melepaskan filter AC ini. Setelah dilepaskan, bersihkan gumpalan-gumpalan debu dengan kuas kering. Kemudian cuci dengan air sabun tadi. Bilas dengan air hingga bersih. Keringkan filter AC dengan lap kering dan kemudian diangin-anginkan di udara terbuka. Setelah kering sempurna, barulah dipasang kembali ke unit AC.

Baca Juga: Begini Cara Pasang AC Yang Benar di Rumah

3. Bersihkan Bilah-Bilah Evaporator

Pastikan melapisi lantai di bawah AC dengan plastik dan ember. Kemudian bersihkan evaporator dengan menggunakan cairan pembersih AC yang banyak dijual di pasaran. Cairan pembersih ini biasannya disemprotkan ke bilah-bilah AC.

Lakukan langkah ini secara perlahan-lahan agar tidak merusak komponen elektronik di bagian dalam AC. Tutup bagian dengan komponen elektronik dengan plastik untuk menghindari terkena air atau cairan pembersih. Air kotor akan menetes ke bawah dan ditampung oleh ember tadi. Setelah selesai, bersihkan lantai di bawah AC dengan kain pel.

2. Membersihkan Unit Outdoor

Alat-alat yang dibutuhkan:

  1.  Selang air
  2.  Kompresor air (jika ada)
  3.  Lap kering
  4.  Kain pel

Semprotkan air dengan selang untuk membersihkan kipas dan bilah-bilah kondensator. Jika memiliki kompresor air, tekanan air akan lebih mampu meresap ke area-area yang sulit dijangkau. Tidak perlu kuatir untuk menyemprotnya, karena unit outdoor sudah didesain sedemikian rupa sehingga air tidak dapat masuk ke bagian komponen elektroniknya. Setelah selesai, keringkan bagian luarnya dengan lap kering. Setelah selesai, bersihkan area lantai di bawah unit outdoor dengan kain pel.

Baca Juga: TIPS PENGGUNAAN AC: HEMAT LISTRIK & BIAYA

Tidak terlalu sulit, bukan?

Itulah dia cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan di rumah. Membersihkan AC dapat membantu AC kembali bekerja maksimal. Lakukan pembersihan AC rumah setiap bulan dan jangan lupa minta bantuan teknisi professional untuk memeriksa kondisi AC setiap tahun. Dengan melakukan hal ini, kita dapat menghemat biaya perbaikan dan perawatan AC.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja AC?

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya