6 Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri

Agar bisa beraktivitas dengan lancar di dalam kamar, kuncinya adalah menciptakan suasana kamar senyaman mungkin. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri. Ya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membeli wallpaper dinding. Banyak alternatif tidak kalah menarik untuk menghias dinding kama secara cantik. Ini dia beberapa bahan yang diperlukan!

Rekomendasi Ide Hiasan Kamar Yang Dapat Kamu Coba

1. Tempelkan Selotip Aneka Motif dan Warna

Apakah Anda mengoleksi selotip warna-warni di rumah? Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri, lho. Akan lebih oke lagi jika selotip-selotip ini juga memiliki motif yang beragam.

Caranya super mudah, Anda hanya perlu menggunting selotip-selotip tersebut dalam ukuran kecil. Lalu, tempelkan potongan isolasi dalam posisi vertikal, kemudian tempatkan secara acak pada dinding. Cara ini sangat simpel, tapi sangat ampuh dalam mempercantik kamar Anda.

2. Memanfaatkan Koran yang Sudah Tidak Terpakai

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang berlangganan koran setiap pagi? Setelah membacanya, biasanya Anda akan menyimpan koran tersebut di suatu tempat hingga menumpuk begitu saja. Daripada tidak terpakai lagi, manfaatkan barang bekas yang tidak terpakai. Anda bisa memanfaatkannya dengan cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri. Ambil setumpuk koran secukupnya, lalu tempelkan pada dinding kamar Anda.

Untuk menciptakan suasana yang diinginkan, Anda bisa bebas menempelkan koran dalam tatanan seperti apa. Namun, jika ingin terlihat rapi, tempelkan lembaran koran secara berdempetan dan simetris. Di atasnya, Anda bisa menempelkan hiasa lain seperti jam dinding atau pigura foto untuk membuat dinding jadi terlihat lebih menonjol.

3. Membuat Hiasan Dinding Kamar dengan VCD Bekas

Di era serba digital seperti sekarang, kepingan VCD sudah sulit ditemukan dan dipakai. Namun, kalau kamu dulu sempat mengoleksi VCD, jangan buru-buru membuangnya. Manfaatkan saja sebagai cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri. Tempelkan kepingan CD tersebut pada dinding kamar Anda, dengan sisi yang mengkilap menghadap luar. Jadi, kamar Anda pun akan terlihat lebih bling-bling dengan hiasan tempelan keping-keping VCD bekas.

Baca juga: 7 Desain Wallpaper Dinding Kamar yang Paling Banyak Diminati

4. Penuhi Dinding Kamar Dengan Aneka Foto

Kalau masih bingung memikirkan cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri, Anda bisa menggunakan foto, kok. Pilih saja foto-foto terbaik yang ingin Anda pasang, bisa foto selfie, foto bersama teman, atau foto saat liburan keluarga.

Ada sejumlah cara yang bisa Anda terapkan untuk menghias dinding kamar dengan foto. Salah satunya adalah memasukkan foto-foto pada pigura berbingkai warna sama, lalu memasangnya dalam pola simetris tertentu pada dinding kamar Anda.

Sebagai cara lain, Anda juga bisa langsung menempelkan foto pada dinding tanpa menggunakan pigura. Namun, agar terlihat lebih menarik, tempelkan foto tersebut dalam pola tertentu, misalnya berbentuk hati. Dijamin kamar Anda akan terlihat lebih menarik dan aesthetic.

5. Hiasan Polkadot dari Kertas Manila Warna-Warni

Saat masih sekolah dulu, Anda mungkin pernah diminta untuk membuat prakarya menggunakan kertas kado atau manila. Nah, cara ini juga bisa Anda terapkan untuk membuat hiasan dinding kamar sendiri. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kertas manila dalam aneka warna dan motif.

Potong kertas-kertas manila tersebut dalam bentuk lingkaran berukuran sama. Lalu, tempelkan potongan-potongan ini pada dinding Anda dengan susunan acak atau sebaliknya, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat hiasan kertas origami dari kertas manila tersebut. Kamar Anda pun akan memberikan kesan tampak colorful!

6. Hiasan dan Wadah dari Stik Es krim

Menghias kamar tidak perlu mahal-mahal. Anda dapat menggunakan stik es krim sebagai hiasan dinding kamar dan juga wadah yang menarik. Wadah dari es krim ini dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan di berbagai ruangan, mulai dari dapur hingga kamar tidur.

Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Anak Minimalis

Untuk membuatnya, buatlah wadah berbentuk segi empat atau segi lima. Gunakan cat jika Anda ingin merubah warna dari stik es krim tersebut. Tempel pita atau dekorasi lainnya, seperti hiasan kupu-kupu, untuk membuat wadah dari stik es krim tersebut lebih menarik.

Itulah dia beberapa cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri yang dapat Anda coba. Hiasan dinding kamar mungkin terdengar sepele. Tetapi, dengan hiasan dinding kamar yang tepat, Anda dapat membuat suasana kamar atau sebuah ruangan menjadi lebih baik. Apalagi, dengan membuat hiasan dinding kamar sendiri, Anda dapat melakukan proses daur ulang yang tentunya dapat membantu menjaga alam.

Kegiatan membuat hiasan dinding kamar ini juga dapat Anda jadikan kegiatan bersama anak Anda. Aktivitas ini dapat Anda jadikan kegiatan yang dapat mengasah kreativitas anak Anda.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
16 Des 2019

Related Article