Atap & Lantai

Wajib Tahu Inilah 12 Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar

Media
12 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Agar bisa beraktivitas dengan lancar di dalam kamar, kuncinya adalah menciptakan suasana kamar senyaman mungkin. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri. Ya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membeli wallpaper dinding. Banyak alternatif tidak kalah menarik untuk menghias dinding kama secara cantik.

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dan Rekomendasi Idenya

Ini dia beberapa ide hiasan dinding kamar buatan dan beberapa bahan yang diperlukan untuk membuatnya!

1. Tempelkan Selotip Aneka Motif dan Warna


Sumber: Rimma.co

Apakah Anda mengoleksi selotip warna-warni di rumah? Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri, lho. Akan lebih oke lagi jika selotip-selotip ini juga memiliki motif yang beragam.

Caranya super mudah karena alat dan bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana.

Anda hanya perlu menggunting selotip-selotip tersebut dalam ukuran kecil. Lalu, tempelkan potongan isolasi dalam posisi vertikal, kemudian tempatkan secara acak pada dinding. Cara ini sangat simpel, tapi sangat ampuh dalam mempercantik kamar Anda.

2. Memanfaatkan Koran yang Sudah Tidak Terpakai

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang berlangganan koran setiap pagi? Setelah membacanya, biasanya Anda akan menyimpan koran tersebut di suatu tempat hingga menumpuk begitu saja.

Daripada tidak terpakai lagi, Anda bisa memanfaatkan barang bekas seperti koran dengan cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri. Ambil setumpuk koran secukupnya, lalu tempelkan pada dinding kamar Anda.

Baca juga: Arti Reduce Reuse Recycle dalam Pengelolaan Sampah

Untuk menciptakan suasana yang diinginkan, Anda bisa bebas menempelkan koran dalam tatanan seperti apa. Namun, jika ingin terlihat rapi, tempelkan lembaran koran secara berdempetan dan simetris. Di atasnya, Anda bisa menempelkan hiasan lain seperti jam dinding atau pigura foto untuk membuat dinding jadi terlihat lebih menonjol.

3. Membuat Hiasan Dinding Kamar dengan VCD Bekas

Di era serba digital seperti sekarang, kepingan VCD sudah sulit ditemukan dan dipakai. Namun, kalau kamu dulu sempat mengoleksi VCD, jangan buru-buru membuangnya. Manfaatkan saja sebagai cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri.

Tempelkan kepingan CD tersebut pada dinding kamar Anda, dengan sisi yang mengkilap menghadap luar. Jadi, kamar Anda pun akan terlihat lebih bling-bling dengan hiasan tempelan keping-keping VCD bekas.

Baca juga: 7 Desain Wallpaper Dinding Kamar yang Paling Banyak Diminati

4. Penuhi Dinding Kamar Dengan Aneka Foto

Kalau masih bingung memikirkan cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri, Anda bisa menggunakan foto, kok. Pilih saja foto-foto terbaik yang ingin Anda pasang, bisa foto selfie, foto bersama teman, atau foto saat liburan keluarga.

Ada sejumlah cara yang bisa Anda terapkan untuk menghias dinding kamar dengan foto. Salah satunya adalah memasukkan foto-foto pada pigura berbingkai warna sama, lalu memasangnya dalam pola simetris tertentu pada dinding kamar Anda.

Sebagai cara lain, Anda juga bisa langsung menempelkan foto pada dinding tanpa menggunakan pigura. Namun, agar terlihat lebih menarik, tempelkan foto tersebut dalam pola tertentu, misalnya berbentuk hati. Dijamin kamar Anda akan terlihat lebih menarik dan aesthetic.

5. Hiasan Polkadot dari Kertas Manila Warna-Warni


foto: istock

Saat masih sekolah dulu, Anda mungkin pernah diminta untuk membuat prakarya menggunakan kertas kado atau manila. Nah, cara ini juga bisa Anda terapkan untuk membuat hiasan dinding kamar sendiri. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kertas manila dalam aneka warna dan motif.

Potong kertas-kertas manila tersebut dalam bentuk lingkaran berukuran sama. Lalu, tempelkan potongan-potongan ini dengan lem pada dinding, dan pastikan lemnya sudah melekat. Berikutnya Anda menyusun acak atau sebaliknya potongan-potongan dari kertas manila tersebut. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat hiasan kertas origami dari kertas manila tersebut. Kamar Anda pun akan memberikan kesan tampak colorful!

6. Hiasan dan Wadah dari Stik Es krim

Menghias kamar tidak perlu mahal-mahal. Anda dapat menggunakan stik es krim sebagai hiasan dinding kamar dan juga wadah yang menarik.

Wadah dari es krim ini dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan di berbagai ruangan, mulai dari dapur hingga kamar tidur.

7. Hiasan Dinding dengan Makrame

Makrame adalah tren hiasan dinding yang populer untuk kamar tidur. Anda dapat membeli atau membuatnya sendiri dengan menggunakan benang katun, gunting, meteran, dan batang kayu. Anda dapat mencari panduan pembuatan di YouTube atau belajar dari ahli makrame.

Setelah selesai, pasang hiasan dinding makrame di sudut yang tepat, seperti di belakang headboard atau dekat jendela. Warna alami seperti cokelat cocok untuk kamar tidur minimalis.

8. Membuat Gambar dengan Cat Kaleng

Menggambar juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk dekorasi kamar. Buatlah sketsa sesuai dengan keinginanmu dan beri warna menggunakan cat kaleng dalam warna yang kamu inginkan.

9. Membuat Meshboard

Kerajinan Tangan Menghias Dinding dari Kain Bekas

Foto: x.com

Meshboard adalah papan berbentuk jaring kawat yang biasanya dipasang di dinding sebagai tempat untuk menampilkan berbagai macam kertas, sticky note, gantungan kunci, dan lainnya.

Meshboard juga dapat dijadikan sebagai hiasan kamar dengan mengombinasikannya dengan gantungan berwarna-warni. Agar terlihat lebih menarik, tambahkan bingkai pada meshboard tersebut.

10. Tanaman Hias Menggunakan Wadah Bekas

Tanaman hias dalam kamar memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah menyediakan udara segar saat Anda berada di dalamnya. Anda dapat meletakkan tanaman hias dalam wadah yang kreatif, seperti menggunakan bekas lampu atau botol minuman sebagai pot.

11. Menghias dengan Tanaman Kering

Untuk Anda yang menikmati merawat tanaman di kebun, Anda dapat menggunakan tanaman tersebut sebagai hiasan dinding di kamar Anda. Anda dapat membuat hiasan dinding sendiri dengan tanaman kering secara sederhana. Caranya dengan mengikat tanaman kering pada sebatang kayu dan menggantungkannya di dinding.

Bahan yang dibutuhkan adalah batang kayu, tali, dan selotip.

Pertama, satukan rangkaian bunga kering dengan warna yang serupa. Berikutnya, ikat tangkai bunga pada seutas tali dan hubungkan dengan batang kayu. Buat barisan seperti tirai dengan jarak yang sesuai antara tanaman. Berikutnya, gantung tirai bunga kering di sudut dinding kamar sesuai keinginan Anda. 

12. Menghias Dinding dari Kain Bekas


Foto: Archify Indonesia

Anda dapat memanfaatkan kain dari pakaian bekas sebagai bahan hiasan. Anda juga bisa menggunakan selendang atau jenis kain lain yang tidak terpakai.

Alih-alih dibuang, Dengan cara menggunting dan merapikan tepi kain, berikutnya menggantungkannya dengan paku di dinding atau menggunakan gantungan yang ada. Perpaduan warna-warna yang beragam dari kain akan memberikan kesan ceria pada kamar Anda.

Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Anak Minimalis

Untuk membuatnya, buatlah wadah berbentuk segi empat atau segi lima. Gunakan cat jika Anda ingin mengubah warna dari stik es krim tersebut. Tempel pita atau dekorasi lainnya, seperti hiasan kupu-kupu, untuk membuat wadah dari stik es krim tersebut lebih menarik.

Itulah dia beberapa cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri yang dapat Anda coba. Hiasan dinding kamar mungkin terdengar sepele. Tetapi, dengan hiasan dinding kamar yang tepat, Anda dapat membuat suasana kamar atau sebuah ruangan menjadi lebih baik. Apalagi, dengan membuat hiasan dinding kamar sendiri, Anda dapat melakukan proses daur ulang yang tentunya dapat membantu menjaga alam.

Kegiatan membuat hiasan dinding kamar ini juga dapat Anda jadikan kegiatan bersama anak Anda. Aktivitas ini dapat Anda jadikan kegiatan yang dapat mengasah kreativitas anak Anda. Apabila Anda membutuhkan berbagai peralatan dan kebutuhan untuk membuat hiasan dinding kamar seperti lem fox dan gunting, hubungi Klopmart sekarang juga. Klopmart menyediakan berbagai kebutuhan bahan material yang lengkap dan terjangkau. Percayakan Klopmart sebagai penyedia bahan bangunan dan perlengkapan terbaik dengan kualitas harga yang sesuai!

Sumber artikel: 

  • https://www.archify.com/id/archifynow/6-cara-mudah-membuat-hiasan-dinding-kamar-tidur

  • https://www.hipwee.com/tips/12-kreasi-hiasan-dinding-yang-akan-membuatmu-betah-berdiam-di-kamar-kost-seharian/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya