5 Cara Membuat Ukuran Talang Cor Beton yang Presisi

Ukuran talang cor yang tepat akan bisa mengalirkan air lebih baik sehingga jika terjadi kondisi di mana hujan sangat lebat, maka air yang jumlahnya banyak pada atap rumah akan bisa disalurkan dengan lancar. Hal ini akan bisa meminimalisir genangan serta tingkat kebocoran pada rumah. Membuatnya lebih awet dan minim perawatan yang berat. Jika rumah sudah bocor maka biaya yang dikeluarkan tidak akan sedikit untuk bisa menjamin jika hal tersebut tidak akan terjadi lagi. 


Berikut ini ada beberapa tips yang akan membantu Anda membuat talang air yang sempurna dan bisa mengalirkan air hujan dengan lancar. Perhatikan berbagai macam informasi yang ada di bawah ini ya.

Cara Membuat Ukuran Talang Cor Beton

Talang air yang dibuat menggunakan cor beton memiliki banyak manfaat yang membuatnya lebih unggul daripada talang yang terbuat dari material lainnya. Kekokohan, kekuatan, dan daya tahan adalah kualitas unggul dari talang cor ini. Hal ini bisa memberikan Anda kenyamanan tanpa harus khawatir adanya kerusakan berkala. Selain itu juga bisa menjadi bentuk penghematan budget karena akan bertahan dalam waktu yang lama dengan biaya perawatan tidak terlalu mahal.

Baca Juga: 4 Jenis Talang Air

1. Menentukan Ukuran Talang

Sebenarnya untuk hal ini Anda akan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga budget Anda. Hal lain yang harus diperhitungkan adalah seberapa besar curah hujan di daerah Anda. Umumnya talang air beton mempunyai ukuran lebar sebesar 30 cm. Lebar tersebut diukur dari dinding talang. Sedangkan ketebalan yang sering digunakan adalah 8 cm. Seperti yang sudah disebutkan, bila curah hujan di tempat Anda sangat tinggi, mungkin lebarnya bisa ditingkatkan.

2. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Ketika ingin membuat talang air dari beton, maka beberapa peralatan dan juga bahan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut ini:

  • Cetok
  • Kawat Cor
  • Papan
  • Semen
  • Pasir
  • Air

3. Rencanakan Proses Pengerjaan

Perencanaan yang baik akan bisa membuat pekerjaan ini menjadi lebih lancar. Dalam rencana ini, semuanya harus diawali dari menentukan lokasinya. Biasanya talang cor beton dibuat di samping kanan dan kiri bangunan atau rumah. Di samping itu Anda juga bisa membuat talang di antara kap. Akan lebih baik jika membuat sebagian lebar talang menapak di atas pasangan batu bata atau dinding bangunan sebagai penyangga, hal ini akan membuat talang air yang Anda buat menjadi lebih kuat.

4. Gunakan Besi yang Kokoh

Sangat dianjurkan menggunakan besi berdiameter 12 mm untuk bentangan. Sedangkan untuk sekatan, Anda bisa menggunakan besi yang berbentuk U seperti besi begel. Minimal memiliki ukuran 10 mm dengan jarang renggang sekitar 10 cm.

5. Pengecoran, Pengeringan, dan Pengacian

Gunakan perbandingan 1 : 3 : 3 untuk membuat adukan cor. Lakukan pengecoran pada rangka. Setelah itu diamkan seharian penuh sampai kering. Cek kebocoran dengan menuangkan air diatasnya, periksa apakah ada tempat yang bocor. Kemudian lakukan pengacian agar permukaan bisa halus sehingga air hujan yang turun bisa mengalir dengan lebih baik.

Baca Juga: Berapaah Takaran Cor Beton Manual yang Akan Anda Gunakan


Itulah berbagai tips yang bisa Anda ikuti ketika ingin membuat talang cor beton untuk rumah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat,  Anda bisa cek harga semen MU hanya di Klopmart. Temukan semen yang tepat dan gunakan cara membuat ukuran talang cor di atas untuk rumah Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya